Sempat Buron, Stafsus Edhy Prabowo Serahkan Diri ke KPK
Logo BeritaSatu

Sempat Buron, Stafsus Edhy Prabowo Serahkan Diri ke KPK

Kamis, 26 November 2020 | 16:28 WIB
Oleh : Fana Suparman / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Andreau Pribadi Misata, staf khusus (stafsus) Edhy Prabowo selaku Menteri Kelautan dan Perikanan serta seorang swasta bernama Amiril Mukminin menyerahkan diri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (26/11/2020).

Keduanya merupakan tersangka kasus dugaan suap terkait perizinan tambak, usaha, dan atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020 atau izin ekspor benur yang tidak turut terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Rabu (25/11/2020) dini hari.

"Siang ini sekira pukul 12.00 kedua tersangka APM (Andreau Pribadi Misata) selaku staf khusus Menteri Kelautan dan Perikanan yang juga bertindak selaku Ketua Pelaksana Tim Uji Tuntas (Due Diligence) Perizinan Usaha Perikanan Budidaya Lobster pada Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan AM (Amiril Mukminin) secara kooperatif telah menyerahkan diri dan menghadap penyidik KPK," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri, Kamis (26/11/2020).

Ali mengatakan saat ini kedua tersangka sedang menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik.

"Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi menerima suap terkait perizinan tambak, usaha dan atau pegelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020," kata Ali.

Setelah pemeriksaan, penyidik bakal menahan keduanya menyusul lima tersangka lainnya, termasuk Edhy Prabowo yang telah ditahan pada Kamis (26/11/2020) dini hari. Namun, belum diketahui secara pasti lokasi penahanan Andreau dan Amiril.

"Setelah menjalani pemeriksaan, penyidik akan melakukan upaya paksa penahanan terhadap kedua tersangka menyusul lima orang tersangka lainnya pascapenangkapan pada Rabu dini hari kemarin," katanya.

Diketahui, KPK menetapkan tujuh orang sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait perizinan tambak, usaha, dan atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020 atau izin ekspor benur. Mereka adalah Edhy Prabowo selaku Menteri Kelautan dan Perikanan, dua staf khusus Edhy Prabowo bernama Syafri dan Andreu Pribadi Misanta; Pengurus PT Aero Citra Kargo bernama Siswadi; staf istri Menteri KKP bernama Ainul Faqih; dan seorang swasta Amiril Mukminin.

Keenam orang itu disangkakan sebagai penerima suap. Sementara untuk pihak sebagai pemberi suap, KPK menetapkan Suharjito yang merupakan Direktur PT DPP sebagai tersangka.

Ketujuh orang itu ditetapkan KPK sebagai tersangka melalui gelar perkara usai memeriksa 17 orang yang ditangkap dalam OTT di sejumlah lokasi pada Rabu (25/11/2020) dini hari, termasuk Edhy Prabowo dan istrinya Iis Rosita Dewi. Namun, dalam OTT tersebut, Andreau Pribadi Misata dan Amiril Mukminin tidak sempat dibekuk KPK.

Usai penetapan tersangka dan penahanan Edhy Prabowo Cs, KPK mengultimatum Andreau dan Amiril Mukminin untuk menyerahkan diri.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Diseret dalam Kasus Djoko Tjandra, Kabareskrim: Seperti Ada Pesanan

Listyo Sigit Prabowo membantah tudingan Napoelon Bonaparte yang menyeret namanya dalam sidang perkara dugaan suap pengurusan penghapusan nama Djoko Tjandra.

NASIONAL | 26 November 2020

Elektabilitas Unggul di Survei, Eri Cahyadi Janji Jadi Pemimpin yang Bahagiakan Warga Surabaya

Eri Cahyadi bersyukur atas sejumlah hasil survei yang mengunggulkan elektabilitas dirinya jelang pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020.

NASIONAL | 26 November 2020

LPSK Siap Lindungi Saksi Kasus Korupsi Benih Lobster

LPSK telah berkoordinasi dengan KPK untuk kepentingan perlindungan saksi-saksi pada kasus dugaan korupsi di lingkungan KKP.

NASIONAL | 26 November 2020

Dinkes Sumut Pastikan Kesiapan Vaksinasi Covid-19

Tenaga kesehatan di Sumut sudah mendapatkan berbagai pelatihan tentang tata cara penyuntikan vaksin Covid-19.

NASIONAL | 26 November 2020

Kempupera Alokasikan Rp 126 Miliar Perbaiki 7.077 Rumah di Sumut

Kempupera melalui SNVT Penyediaan Perumahan Sumatra Utara terus berupaya melaksanakan program padat karya perumahan swadaya atau disebut juga Bedah Rumah.

NASIONAL | 26 November 2020

Ditjen Hubdat Terus Berupaya Tingkatkan Transportasi Jalan Berkeselamatan

Ditjen Hubdat Kemhub berupaya meningkatkan transportasi jalan yang berkeselamatan melalui peningkatan kualitas PPNS bidang LLAJ.

NASIONAL | 26 November 2020

Menpora Minta Lintasan Atletik NTB Direnovasi Agar Lahirkan Penerus Zohri

Menpora Zainudin Amali meminta agar lintasan atletik di Nusa Tenggara Barat (NTB) direnovasi untuk menghasilkan penerus pelari Lalu Muhammad Zohri.

NASIONAL | 26 November 2020

Belum Ada Petugas KPPS di Sumut Terkonfirmasi Covid-19

Herdensi menegaskan, KPU Sumut tetap melakukan pengawasan secara ketat terhadap petugas KPPS.

NASIONAL | 26 November 2020

Kejaksaan Sita Aset Mantan Kadis Kelautan dan Perikanan di Sulbar

Penyitaan dilakukan berkaitan dengan dugaan tindak pidana korupsi atas penyalahgunaan sewa ekskavator di DLH Pasangkayu pada 2017-2018.

NASIONAL | 26 November 2020

Pesta Pernikahan Langgar Protokol Kesehatan di Bengkulu Bakal Dibubarkan

"Sikap tegas ini kita lakukan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona di Bengkulu," kata Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno.

NASIONAL | 26 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS