Protokol Kesehatan Covid-19 Bisa Cegah Kerugian Negara Rp 500 T

Protokol Kesehatan Covid-19 Bisa Cegah Kerugian Negara Rp 500 T

Kamis, 26 November 2020 | 21:27 WIB
Oleh : Dina Manafe / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Pengeluaran negara untuk membiayai penanganan Covid-19 sangat besar. Pengeluaran ini bisa dihemat apabila masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan, disertai peningkatan cakupan 3T, yaitu pemeriksaan (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment). Bahkan diperkirakan kerugian negara sebesar Rp 500 triliun bisa dihemat.

Hal ini disampaikan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Prof Hasbullah Thabrany pada dialog “Memaksimalkan Pengelolaan Kesehatan Lewat Vaksinasi” yang diselenggarakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kamis (26/11/2020).

Hasbullah mengatakan, perlindungan terhadap kesehatan masyarakat kini menjadi prioritas pemerintah. Ini dilakukan melalui 3T dan terus menerus edukasi 3M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak aman, dan selalu mencuci tangan pakai sabun. Ini penting untuk menekan penularan Covid-19. Pemerintah juga menanggung biaya perawatan rumah sakit bagi pasien Covid-19.

Hasil survei menunjukkan rata-rata biaya perawatan pasien Covid-19 Rp 184 juta per orang. Selain biaya yang besar masyarakat yang terdampak Covid-19 tidak bisa bekerja secara produktif sehingga menurunkan pendapatan mereka. Belum lagi kerugian apabila ada warga negara yang meninggal di usia produktif, beban biaya keluarga yang ditinggalkan pasien.

“Apabila kita bisa disipilin menjalankan protokol kesehatan 3M, dan pemerintah aktif menjalankan 3T, maka dapat menghemat sampai Rp 500 triliun, dan menggunakannya untuk membangun ekonomi Indonesia,” kata Hasbullah.

Hasbullah mencontohkan, jika pasien Covid-19 dirawat selama 45 hari dan ditanggung secara mandiri maka bisa mencapai ratusan juta rupiah. Tetapi saat ini, semua biaya perawatan Covid-19 ditanggung oleh negara melalui Kementerian Kesehatan. Ia memperkirakan bila pasien dirawat di ruang ICU lebih dari 30 hari maka biayanya bisa mencapai Rp 15 juta per hari, dan jika ditotalkan jadi ratusan juta.

Tapi, menurut Hasbullah, walaupun ditanggung pemerintah bukan berarti masyarakat sudah merasa nyaman dan tidak peduli menjalankan protokol Kesehatan. “Ingat pada saat dirawat kita menjadi tidak produktif, itu sudah kehilangan banyak pendapatan per harinya. Belum lagi setiap hari pasien merasa khawatir dengan kondisi kesehatannya, ini yang tidak bisa dihitung oleh uang,” kata Hasbullah.

Cara terbaik agar masyarakat dan negara tidak merugi lebih besar lagi, menurut Hasbullah, adalah dengan mencegah jangan sampai terkena Covid-19. Oleh karena itu masyarakat harus disiplin menjalani protokol kesehatan 3M. Upaya pencegahan ini akan diperkuat dengan vaksin Covid-19 yang tengah dipersiapkan pemerintah. Misalnya nanti harga vaksinnya ditentukan Rp200.000, investasi ini lebih aman daripada terinfeksi dan memerlukan pengobatan. Menurutnya, vaksin terbukti mampu memberikan ketenangan. Contohnya penyakit TBC, karena hampir semua orang sudah divaksinasi BCG sekarang sekatang bisa tenang. Dari perspektif agama, menurut Hasbullah, mencegah penularan sama derajatnya dengan melakukan ibadah.

Penyintas Covid-19, Icha Atmadi ST, mengungkapkan infeksi Covid-19 tidak main-main. Untuk gejala paling ringan pun bisa terasa sakit baik bagi fisik maupun mental. Apalagi bagi mereka yang mengalami gejala berat, yang memerlukan alat bantu pernafasan. Semua pasien Covid-19 baik yang gejalanya ringan, sedang, maupun berat, mengalami titik terendah sehingga membuat penderita lebih introspeksi. Oleh karena itu harus didasari bahwa mencegah penularan Covid-19 sangat besar manfaatnya bagi diri sendiri dan orang lain. Manfaatnya memang tidak kelihatan saat seseorang belum mengalaminya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jerinx Divonis Satu Tahun Dua Bulan, JPU dan Penasihat Hukum Ajukan Banding

Baik jaksa maupun penasehat hukum sama-sama mengajukan banding terhadap vonis satu tahun dua bulan yang dijatuhkan kepada Jerinx.

NASIONAL | 26 November 2020

Libur Akhir Tahun, Pemkot Bandung Bentuk Tim untuk Atasi Penyebaran Covid-19.

Tugas tim itu memastikan. tak ada kerumunan serta penerapan prokotol kesehatan di berbagai tempat seperti pusat perbelanjaan sampai hotel.

NASIONAL | 26 November 2020

Bupati Situbondo Meninggal karena Covid-19, Khofifah Sampaikan Dukacita

Almarhum menghembuskan nafas terakhir di RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo.

NASIONAL | 26 November 2020

Komjen Listyo Sigit Raih Top 10 Most Outstanding People

Komjen Listyo Sigit dinilai berhasil membenahi institusi Bareskrim secara profesional.

NASIONAL | 26 November 2020

LAN Kembali Raih Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020

Village Preneurship bawa LAN kembali raih penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020

NASIONAL | 26 November 2020

Turunan UU Ciptaker Diharapkan Beri Kemudahan Izin RS Swasta

ARSSI berharap dengan adanya aturan turunan dari UU Cipta Kerja (Ciptaker) bisa memberikan kemudahan dalam hal perizinan operasional RS.

NASIONAL | 26 November 2020

Pengunggah Foto Megawati Gendong Jokowi Ditangkap di Deli Serdang

Welly ditangkap di rumahnya di Kecamatan Galang, Deli Serdang. Dia diduga melakukan ujaran kebencian melalui foto yang diposting-nya di media sosial (medsos).

NASIONAL | 26 November 2020

Calon Kapolri, PSI: Kemampuan dan Integritas Lebih Penting

Setiap orang berhak menduduki jabatan Kapolri sepanjang memenuhi syarat yang ditentukan UU.

NASIONAL | 26 November 2020

Prasetijo Perintahkan Anak Buah Napoleon Buat Surat Atas Nama Istri Djoko Tjandra

Prasetijo Utomo terungkap memerintahkan Junjungan Fortes untuk membuatkan surat atas nama istri Djoko Tjandra Anna Boentaran.

NASIONAL | 26 November 2020

3 Anggota TNI Terluka dalam Baku Tembak dengan OPM di Ndugama

Baku tembak antara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat OPM dengan TNI terjadi dari pukul 13.00 WIT hingga pukul 16.00 WIT di Kindibam.

NASIONAL | 26 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS