Pemkab Taput Diminta Kaji Ulang Transformasi Kampus IAKN Jadi Untara
Logo BeritaSatu

Pemkab Taput Diminta Kaji Ulang Transformasi Kampus IAKN Jadi Untara

Jumat, 27 November 2020 | 10:35 WIB
Oleh : Arnold H Sianturi / JEM

Medan, Beritasatu.com - Rencana Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Pemkab Taput) untuk mentransformasi Intitut Agama Kristen Negeri Tarutung (IAKN Tarutung) menjadi Universitas Negeri Tapanuli Raya (Untara), perlu untuk dikaji ulang. Meski tujuannya positif, namun rencana transformasi tersebut dikhawatirkan menghilangkan semangat IL Nommensen dalam melahirkan penginjil di Indonesia, khususnya mewakili Tano (Tanah) Batak.

Bachtiar Sitanggang yang mewakili masyarakat dari Tano Batak menyarankan, Pemkab Taput sebaiknya membangun gedung Untara tanpa harus menghilangkan IAKN yang sudah banyak melahirkan penginjil penerus dari IL Nommensen. Pembangunan gedung baru ini akan menyingkirkan tudingan dari masyarakat Toba, bahwa Pemkab Taput tidak mampu mendirikan universitas negeri bila menggunakan keberadaan IAKN.

"Mendirikan universitas negeri di Tapanuli adalah suatu cita-cita luhur dan mulia. Ini memang sudah seharusnya mengingat perkembangan zaman dan pertambahan penduduk. Tapanuli mungkin satu bekas Karesidenan yang belum memiliki perguruan tinggi negeri kecuali IAKN Tarutung. Namun jika IAKN Tarutung ditransformasi menjadi Universitas Negeri Tapanuli Raya (Untara) ini mungkin sebuah kekeliruan," ujar Bachtiar melalui siaran persnya, Jumat (27/11/2020).

Bachtiar yang berprofesi sebagai advokad dan merupakan mantan wartawan senior sebuah koran terkemuka di Jakarta ini, menyebutkan banyak hal yang menjadi pertanyaan ketika Pemkab Taput berencana mentransformasi IAKN menjadi Untara. Pasalnya, rencana pemerintah itu belum tentu didukung penuh oleh masyarakat di Tano Batak. Apalagi, IAKN akan dirubah dari fungsi dasarnya, menyebarkan injil menjadi universitas untuk umum.

"Kalau benar mampu dengan dukungan Ketua MPR RI dan Ketua DPD RI, mengapa tidak langsung meminta dukungan mendirikan Universitas Negeri? Tegakah kita menurunkan salib-salib yang ada di ruangan-ruangan IAKN dan tempat-tempat lain di mana ada lambang keselamatan dunia? Saya berpikir, pantas orang-orang tua kita menasehatkan 'jolo nidilat bibir asa nidok hata'. Artinya, perlu menggunakan hati nurani (roha parbagasan), agar tidak keblinger (keliru-asbun)," ungkapnya.

Menurut Bachtiar, dengan meniadakan IAKN Tarutung, sama saja dengan menghambat Injil Matius dan Injil Markus yang dikemukakan di atas. Bisa saja atau mungkin ada pendapat lain yang lebih logis sesuai dengan iman para pemikir transformasi IAKN menjadi Untara.

Seperti diketahui, Bupati Taput Nikson Nababan sebelumnya meminta dukungan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, Ketua MPR, Ketua DPD untuk mendukung Untara di Taput. Nikson juga mengklaim sudah mengantongi banyak dukungan dari berbagai pihak atas rencananya tersebut.

Rencana besar tersebut tinggal mengaktualisasi melalui sebuah dokumen, bagaimana dokumen itu tertata dengan rapi didalamnya sudah dimuat keinginan masyarakat, kajian dan analisa serta dukungan-dukungan dari berbagai elemen, ormas, tokoh agama, tokoh adat dan organisasi kemahasiswaan, termasuk Presiden Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Kemdagri: Pilkada Momentum Mobilisasi Agen Perlawanan Covid-19

Kemdagri menjelaskan Pilkada 2020 bisa menjadi momentum untuk memobilisasi seluruh pihak agar menjadi agen pencegahan penyebaran Covid-19.

NASIONAL | 27 November 2020

Kiara: Edhy Prabowo Abaikan Peringatan Ombudsman

Ombudsman pernah mengingatkan adanya potensi kecurangan dalam kebijakan pemberian izin ekspor benih lobster dan juga bertentangan dengan UUD 1945.

NASIONAL | 27 November 2020

Relawan N4J Gencarkan Sosialisasi Pilkada untuk Menangkan Bobby-Aulia di Medan

Relawan menyosialisasikan masyarakat agar menggunakan hak suaranya dengan terlebih dulu mengecek formulir C6 di setiap kantor kelurahan

NASIONAL | 27 November 2020

Mendes PDTT Jelaskan Perbedaan BUMDes dan BUMDes Bersama

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyatakan setiap desa hanya boleh memiliki satu BUMDes. Sementara itu, BUMDes Bersama adalah kerja sama antar desa.

NASIONAL | 27 November 2020

UBL Raih Penghargaan dari Asosiasi Big Data dan AI

Universitas Budi Luhur mendapatkan penghargaan ini, karena kontribusinya dalam pemanfaatan ICT dan pengelolaan big data pada perguruan tinggi.

NASIONAL | 27 November 2020

Tank, Meriam, dan Apache TNI Pukul Mundur "Musuh"

Prajurit TNI AD terus melakukan penekanan. Sejurus kemudian, dua heli Apache muncul dari sisi selatan dan melepaskan dua tembakan AGM-114 Hellfire ke arah musuh

NASIONAL | 27 November 2020

KPK Duga Ada Penyuap Lain ke Edhy Prabowo Terkait Izin Ekspor Benur

KPK menduga di rekening PT ACK telah terkumpul setoran dari sejumlah perusahaan ekspor benur sebesar Rp 9,8 miliar.

NASIONAL | 27 November 2020

BNPT Kukuhkan Gugus Tugas Pemuka Agama untuk Cegah Radikalisme

Pengukuhan gugus tugas pemuka agama tersebut sebenarnya formalitas saja.

NASIONAL | 27 November 2020

DPRD dan Pemkab Klungkung Sepakati APBD 2021

Semua fraksi menyetujui Ranperda APBD 2021 tersebut menjadi Perda, dengan beberapa catatan.

NASIONAL | 26 November 2020

Kasus Edhy Prabowo, KPK Mulai Geledah Sejumlah Lokasi Besok

Deputi Penindakan KPK, Karyoto tak menyebut secara spesifik lokasi-lokasi yang bakal digeledah jajarannya.

NASIONAL | 26 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS