Jokowi Tinjau Lokasi Pembibitan Tanaman untuk Atasi Bencana Ekologis
Logo BeritaSatu

Jokowi Tinjau Lokasi Pembibitan Tanaman untuk Atasi Bencana Ekologis

Jumat, 27 November 2020 | 11:19 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian Rumpin di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/11/2020).

"Hari ini saya sedang di Kabupaten Bogor, tepatnya di Rumpin. Ini adalah sebuah lokasi pembibitan yang ingin kita persiapkan. Kita harapkan nanti tahun depan, 2021, sudah selesai dan sudah berproduksi. Dari sini akan bisa diproduksi kurang lebih 16 juta bibit," kata Jokowi seusai peninjauan.

Menurut Jokowi, bibit-bibit yang diproduksi tersebut akan didistribusikan ke lokasi atau wilayah yang sering mengalami bencana banjir dan tanah longsor.

Selain fungsi ekologi, Jokowi berharap pusat perbenihan tersebut juga akan menanam tanaman-tanaman yang memiliki fungsi ekonomi.

"Tadi saya berpesan untuk pembibitan di Rumpin, Bogor, ini agar ditanam tanaman-tanaman yang punya fungsi ekologi maupun fungsi ekonomi. Karena ke depan kita ingin mengembangkan green economy," ujar Jokowi.

Pusat perbenihan tersebut nantinya akan berdiri di atas lahan seluas 159,58 hektare yang terdiri atas zona perbenihan, zona kelola masyarakat, zona diklat, dan zona koridor pengembangan usaha.

Pembangunan di areal tersebut akan menjadi permulaan dan percontohan bagi pengembangan serupa yang akan dilakukan di sejumlah lokasi lain seperti Danau Toba (Sumatera Utara), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), dan Likupang (Sulawesi Utara). Hal itu belum termasuk pembangunan lokasi pembibitan yang diperuntukkan bagi perbaikan hutan mangrove.

"Kita sudah merencanakan akan kita kerjakan kurang lebih 630.000 hektare mangrove sehingga itu juga butuh lokasi pembibitan yang juga akan kita siapkan," tutur Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara turut melakukan peninjauan laboratorium kultur jaringan yang ada di lokasi tersebut serta meninjau kebun pangkas, shading house, dan propagation house.

Tidak jauh dari Pusat Sumber Benih dan Persemaian Rumpin, Presiden kemudian meninjau lokasi rencana pembangunan Pusat Perbenihan dan Riset Hutan Tropika Internasional.

Hadir mendampingi Presiden dalam acara peninjauan tersebut ialah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan Hudoyo.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pertanian Sayur Organik Selamatkan Petani Bengkulu dari Dampak Pandemi Covid-19

Lahan seluas 5.000 meter persegi ini mereka tanam dengan tiga jenis sayuran, yakni bayam, kangkung, dan sawi.

NASIONAL | 27 November 2020

Pemkab Taput Diminta Kaji Ulang Transformasi Kampus IAKN Jadi Untara

Pemkab Taput sebaiknya membangun gedung Untara tanpa harus menghilangkan IAKN yang sudah banyak melahirkan penginjil penerus dari IL Nommensen.

NASIONAL | 27 November 2020

Kemdagri: Pilkada Momentum Mobilisasi Agen Perlawanan Covid-19

Kemdagri menjelaskan Pilkada 2020 bisa menjadi momentum untuk memobilisasi seluruh pihak agar menjadi agen pencegahan penyebaran Covid-19.

NASIONAL | 27 November 2020

Kiara: Edhy Prabowo Abaikan Peringatan Ombudsman

Ombudsman pernah mengingatkan adanya potensi kecurangan dalam kebijakan pemberian izin ekspor benih lobster dan juga bertentangan dengan UUD 1945.

NASIONAL | 27 November 2020

Relawan N4J Gencarkan Sosialisasi Pilkada untuk Menangkan Bobby-Aulia di Medan

Relawan menyosialisasikan masyarakat agar menggunakan hak suaranya dengan terlebih dulu mengecek formulir C6 di setiap kantor kelurahan

NASIONAL | 27 November 2020

Mendes PDTT Jelaskan Perbedaan BUMDes dan BUMDes Bersama

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyatakan setiap desa hanya boleh memiliki satu BUMDes. Sementara itu, BUMDes Bersama adalah kerja sama antar desa.

NASIONAL | 27 November 2020

UBL Raih Penghargaan dari Asosiasi Big Data dan AI

Universitas Budi Luhur mendapatkan penghargaan ini, karena kontribusinya dalam pemanfaatan ICT dan pengelolaan big data pada perguruan tinggi.

NASIONAL | 27 November 2020

Tank, Meriam, dan Apache TNI Pukul Mundur "Musuh"

Prajurit TNI AD terus melakukan penekanan. Sejurus kemudian, dua heli Apache muncul dari sisi selatan dan melepaskan dua tembakan AGM-114 Hellfire ke arah musuh

NASIONAL | 27 November 2020

KPK Duga Ada Penyuap Lain ke Edhy Prabowo Terkait Izin Ekspor Benur

KPK menduga di rekening PT ACK telah terkumpul setoran dari sejumlah perusahaan ekspor benur sebesar Rp 9,8 miliar.

NASIONAL | 27 November 2020

BNPT Kukuhkan Gugus Tugas Pemuka Agama untuk Cegah Radikalisme

Pengukuhan gugus tugas pemuka agama tersebut sebenarnya formalitas saja.

NASIONAL | 27 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS