BCA Memberikan Pelatihan Gratis untuk 10.000 Guru di Indonesia Timur
Logo BeritaSatu

BCA Memberikan Pelatihan Gratis untuk 10.000 Guru di Indonesia Timur

Jumat, 27 November 2020 | 21:24 WIB
Oleh : Indah Handayani / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Memperingati Hari Guru Nasional, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui Bakti BCA berencana memberikan pelatihan virtual bagi 10.000 guru di wilayah Indonesia Timur. Pelatihan virtual yang dimulai pada 3Desember 2020 terdiri dari rangkaian kegiatan inspiratif bagi tenaga pendidik tingkat SD, SMP, dan SMA di wilayah Indonesia Timur.

Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati mengatakan tema yang diangkat dalam pelatihan untuk guru ini adalah “Majulah Tenaga Pendidik Indonesia Timur”. Targetnya adalah menyasar 500 sekolah dari kawasan Indonesia Timur.

Dalam pelatihan para guru mendapatkan materi dari Edukator dan Fisikawan Prof Yohanes Surya, dengan tema paparan transformasi pendidikan Indonesia Timur, dan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Bahasa Unika Atmajaya Dr Luciana yang memaparkan tentang menciptakan pembelajaran adaptif dan berdampak.

"Kami melihat kualitas guru di Indonesia Timur jauh tertinggal dengan daerah lainnya. Padahal guru adalah ujung tombak untuk menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni ke depannya. Untuk itu BCA mencoba membantu membenahi kualitas guru dahulu,” kata Inge dalam jumpa pers daring, di Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Selain webinar, lanjut Inge, Bakti BCA juga mengadakan lomba menulis dengan tema “Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi”. Kemudian, pada puncak apresiasi Hari Guru Nasional akan dilaksanakan webinar dengan tajuk “Guru Inspiratif, Wujudkan Merdeka Belajar” pada Februari 2021.

"Tidak hanya para siswa, para guru pun harus beradaptasi dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ). Belajar mengajar yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka, harus berubah menjadi menatap layar komputer atau telepon seluler. Tantangan para guru sekarang adalah menumbuhkan semangat siswa belajar jarak jauh,” ungkap Inge.

Ditambahkan Edukator dan Fisikawan Prof Yohanes Surya, guru-guru di Indonesia Timur sangat membutuhkan perhatian berbagai pihak. Berdasarkan pengalamannya, banyak potensi yang bisa digali dari para pelajar di wilayah tersebut apabila diasah dan diarahkan dengan baik. Terutama mengenai pelajaran matematika yang selama ini menjadi kelemahan para pelajar Indonesia Timur.

"Apabila diajarkan dengan cara menyenangkan dan baik, para pelajar ini juga memiliki potensi luar biasa. Untuk itulah sangat penting dalam memberikan pengembangn bagi para tenaga pendidik di wilayah Indonesia Timur," kata Prof Yohanes.



Sumber: Investor Daily


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

KPK Akan Ungkap Tersangka Korupsi Proyek Gereja Kingmi di Mimika

KPK memastikan akan mengungkap pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Gereja Kingmi di Mile 32, Mimika, Papua.

NASIONAL | 27 November 2020

KPK Eksekusi Aspri Imam Nahrawi ke Lapas Sukamiskin

KPK mengeksekusi Miftahul Ulum, mantan asisten pribadi (aspri) Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ke Lapas Sukamiskin.

NASIONAL | 27 November 2020

Pasal yang Digunakan Polisi Cukup Menjerat Pelaku Pelanggaran Kerumunan

Pasal-pasal yang digunakan oleh Polda Metro Jaya maupun Polda Jabar dinilai cukup untuk menjerat pelaku pelanggaran.

NASIONAL | 27 November 2020

Konstruksi Tol Akses Patimban Ditargetkan Mulai 2021

Jalan akses sepanjang 37 km ini akan menghubungkan antara Pelabuhan Patimban dengan Jalan Tol Cipali.

NASIONAL | 27 November 2020

Kasus Jiwasraya, Kejagung Periksa Ketua KSO Duta Regency

Saksi yang diperiksa atau diminta keterangannya hari ini yaitu Tan Kian selaku ketua KSO Duta Regency Karunia Metropolitan Kuningan Properti.

NASIONAL | 27 November 2020

OTT Wali Kota Cimahi, KPK Amankan 10 Orang dan Sita Dokumen RS

Dalam OTT ini, tim Satgas KPK menyita uang tunai sekitar Rp 425 juta yang diduga barang bukti suap.

NASIONAL | 27 November 2020

Kejagung Periksa Tiga Saksi Kasus Dugaan Korupsi KONI Pusat

Kejaksaan Agung kembali memeriksa tiga orang saksi terkait dengan penanganan perkara dugaan Tipikor bantuan dana pemerintah kepada KONI Pusat.

NASIONAL | 27 November 2020

Staf Khusus Wapres Sukriansyah Latief Bicara Percepatan Proyek Bendungan di Jatim

Bendungan punya peran penting mendukung ketahanan pangan dan ketahanan air.

NASIONAL | 27 November 2020

4 Pegawai Terpapar Covid-19, Pelayanan Kantor Imigrasi Palu Dihentikan

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu terpaksa menutup sementara pelayanan keimigrasian menyusul adanya empat pegawai terkonfirmasi positif terpapar Covid-19.

NASIONAL | 27 November 2020

Digelandang ke Gedung KPK, Wali Kota Cimahi Jalani Pemeriksaan Intensif

Setibanya di Gedung KPK sekitar pukul 15.00 WIB, Ajay dan para pihak yang diamankan langsung menjalani pemeriksaan intensif oleh tim penyidik.

NASIONAL | 27 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS