Bamsoet Ajak IMI Jadi Duta Empat Pilar MPR
Logo BeritaSatu

Bamsoet Ajak IMI Jadi Duta Empat Pilar MPR

Sabtu, 28 November 2020 | 15:00 WIB
Oleh : Carlos Path / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo menilai Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai satu-satunya organisasi yang secara eksplisit merujuk Empat Pilar MPR dalam AD/ART. Hal ini disebut menunjukkan komitmen IMI terhadap nilai-nilai kebangsaan yang mengedepankan prinsip gotong royong dan menjunjung tinggi jiwa dan semangat nasionalisme.

"Karena rasa cintanya terhadap Indonesia itulah, IMI menyusun buku dan video Panduan Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok yang bisa menjadi rujukan bagi para pengendara sepeda motor. Mengingat membangun budaya tertib dan patuh terhadap peraturan di jalan raya sebagai kunci keselamatan berlalu lintas, bukanlah perkara mudah. Namun dengan dukungan seluruh stakeholders dan semangat brotherhood dalam setiap diri anggota komunitas otomotif, saya yakin hal tersebut bukan hal yang mustahil untuk kita wujudkan bersama," ujar Bamsoet, sapaannya, dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR Bersama IMI, di kompleks Parlemen, Jakarta, Sabtu (28/11/20).

Turut hadir antara lain Ketua Umum IMI 2016-2020 Sadikin Aksa, mantan Wakapolri Komjen (Purn) Nanan Soekarna, Kepala Pusat Pendidikan Lalu Lintas Polri Kombes Pol Djoni Hendra, serta ratusan anggota komunitas otomotif.

Calon Ketua Umum IMI 2020-2024 ini memaparkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah sepeda motor di Tanah Air hingga penghujung 2018 lalu mencapai 137,7 juta unit. Sementara menurut catatan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada 2019 ada 6,05 juta unit sepeda motor terjual ke konsumen. Secara keseluruhan, per 2019 jumlah sepeda motor di Indonesia yang beredar mencapai sekitar 143,75 juta unit.

"Konsekuensi logisnya, mayoritas pengguna jalan raya akan dikuasai pengendara sepeda motor. Sepeda motor menjadi mayoritas pengguna jalan raya dengan volume sekitar 87,3 persen. Sedangkan 12,7 persen sisanya adalah pengguna mobil pribadi, mobil penumpang, dan mobil angkutan barang," ujar Bamsoet.

Ketua DPR ke-20 ini menegaskan, kondisi tersebut perlu menjadi perhatian serius, karena rata-rata pertumbuhan jalan di Indonesia setiap tahunnya hanya sebesar 1,45%. Ketimpangan laju pertumbuhan jalan yang tidak berbanding lurus dengan laju pertumbuhan kendaraan bermotor harus disikapi oleh setiap pengguna jalan dengan lebih bijaksana.

"Perlu dipertegas komitmen dan kesadaran bahwa jalan raya adalah fasilitas umum milik bersama. Sehingga bisa membangun suasana nyaman dan aman, dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan lalu lintas. Menurut data Korlantas Polri, selama pelaksanaan operasi patuh 2020, periode 23 Juli hingga 5 Agustus, telah terjadi pelanggaran lalu lintas sebanyak lebih dari 548.000 kasus, dan kecelakaan lalu lintas sebanyak 2.388 kejadian," tutur Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menjelaskan, meskipun angka ini turun dari periode 2019, tetapi terjadi peningkatan pada aspek fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas, terutama para pengendara motor. Lebih memprihatinkan, sebagian besar korban adalah kelompok usia produktif umur 15-35 tahun.

"Masih tingginya angka kecelakaan pengendara motor tidak hanya disebabkan oleh semakin meningkatnya jumlah pengguna motor di jalan raya, tetapi juga pada sikap berkendara yang tidak mengutamakan aspek keselamatan. Tidak hanya oleh pengendara motor individu, tetapi juga pengendara motor berkelompok yang melakukan touring bersama," jelas Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Motor Besar Indonesia (MBI) ini menerangkan, banyaknya klub dan komunitas otomotif di satu sisi menggembirakan. Karena banyak aktivitas mereka yang dibarengi berbagai kegiatan positif, seperti aksi solidaritas sosial kemanusiaan. Kehadiran mereka juga turut menggerakkan sektor perekonomian, khususnya pariwisata, melalui kunjungan ke berbagai destinasi wisata yang selanjutnya dipromosikan melalui berbagai media sosial.

"Namun di sisi lain, masih banyak komunitas otomotif yang belum memahami tata cara berkendara berkelompok yang baik dan benar, sehingga memunculkan kritik dari masyarakat pengguna jalan lainnya. Karena itu, hadirnya buku dan video Panduan Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok yang dibuat IMI, perlu disebarluaskan kepada ratusan juta pengendara motor di seluruh Indonesia," ucap Bamsoet.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Geledah Kantor KKP, KPK Sita Mata Uang Asing

KPK belum dapat membeberkan secara rinci nominal uang yang disita dari kantor KKP lantaran masih dalam proses perhitungan

NASIONAL | 28 November 2020

KPK Tetapkan Wali Kota Cimahi Tersangka Suap Izin Proyek RS Kasih Bunda

Tak hanya Ajay, dalam kasus ini, KPK juga menetapkan Komisaris RS Kasih Bunda, Hutama Yonathan sebagai tersangka.

NASIONAL | 28 November 2020

Polda Banten Sosialisasikan 15 Aturan Baru di TPS Saat Pilkada Serentak

Kepolisian Daerah (Polda) Banten menyosialisasikan 15 aturan baru yang harus diketahui pemilih saat datang ke tempat pemungutan suara (TPS) saat Pilkada.

NASIONAL | 28 November 2020

Pembantaian Keluarga di Poso, Ali Kalora Cs Diburu Polisi-TNI

Saat saksi diperlihatkan foto DPO teroris MIT, mereka meyakini bahwa identitas tiga orang OTK tersebut adalah kelompok Ali Ahmad alias Ali Kalora.

NASIONAL | 28 November 2020

Ketua Komisi III Kutuk Teror Pembunuhan Keluarga di Sulteng

Herman berharap aparat kepolisian tidak memperlakukan kasus ini sebagai kriminalitas biasa karena diduga ada motif terorisme.

NASIONAL | 28 November 2020

Bawaslu Cium Aroma Politik Uang di Pilkada Malang

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Malang, Jawa Timur, mencium aroma politik uang yang dilakukan masing-masing calon bupati dan wakil bupati Malang

NASIONAL | 28 November 2020

Jokowi Tetapkan 9 Desember Sebagai Hari Libur Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan hari pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 pada Rabu (9/12/2020) sebagai hari libur nasional.

NASIONAL | 28 November 2020

Viral Video “Hancurkan Risma”, Tagar #BelaBuRisma Trending di Medsos

Video viralnyanyian “Hancurkan Risma Sekarang Juga” yang dinyanyikan sejumlah orang mendapat respons dari netizen alias warganet.

NASIONAL | 28 November 2020

FKUB Sulteng Mengutuk Keras Pelaku Pembantaian Satu Keluarga di Sigi

Kejadian tersebut bukan merupakan anjuran dan ajaran dari agama mana pun.

NASIONAL | 28 November 2020

Centennial Ideas: Menguatkan Mental Generasi Z di Tengah Pandemi

Generasi Z atau Centennials, hanya terpaut 1 persen dari generasi pendahulunya, yakni generasi milenial.

NASIONAL | 28 November 2020


TAG POPULER

# Penganiayaan Perawat


# Reshuffle Kabinet


# Vaksinasi Covid-19


# Larangan Mudik


# Vaksin Nusantara



TERKINI

Istri Ridwan Kamil Positif Covid-19

NASIONAL | 13 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS