Bertemu Wakil Ketua KPK, Bamsoet Sampaikan Ini
Logo BeritaSatu

Bertemu Wakil Ketua KPK, Bamsoet Sampaikan Ini

Senin, 30 November 2020 | 16:55 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk turut terlibat dalam membenahi berbelitnya perizinan, investasi, dan monopoli kuota impor tertentu yang menghambat dunia usaha.

Menurut Bamsoet, sapaan akrabnya, peran KPK ini diperlukan agar pengusaha tidak perlu lagi menyuap pejabat untuk memangkas perizinan usaha, investasi, maupun dalam memperoleh kuota impor tertentu.

Menurutnya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mencatat setidaknya ada 8.848 regulasi pemerintah pusat, 14.815 peraturan menteri, dan 15.966 peraturan daerah.

"Menjadikan Indonesia sebagai negara yang hiper regulasi (terlalu banyak peraturan). Selain menyebabkan potensi terjadinya korupsi, juga menyebabkan iklim investasi di Indonesia kurang kondusif," kata Bamsoet usai menerima Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Jakarta, Senin (30/11/20).

Dia menjelaskan, KPK mengidentifikasi setidaknya ada tujuh jenis tindak pidana korupsi. Yakni kerugian keuangan negara, suap menyuap, penggelapan dalam jabatan, pemerasan, perbuatan curang, konflik kepentingan dalam pengadaan, dan gratifikasi. Berdasarkan data tangkapan KPK selama 2014-2018, pelaku korupsi dari sektor swasta menempati peringkat kedua, dengan jumlah tangkapan mencapai 238 orang.

"Peringkat pertama ditempati anggota DPR dan DPRD sebanyak 247 tangkapan. Sebanyak 64 persen jenis perkara tindak pidana korupsi adalah penyuapan, yakni sebanyak 564 perkara. Data ini sekaligus menunjukan betapa masih berbelitnya perizinan dunia usaha. Meskipun di berbagai daerah sudah menerapkan sistem pelayanan terpadu satu pintu, bukan berarti lantas membuat perizinan usaha menjadi lebih cepat," pungkas Bamsoet.

Bamsoet yang juga Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia ini menekankan, pada dasarnya setiap pengusaha tidak ingin terlibat dalam korupsi. Setiap pengusaha memiliki iktikad baik dalam menjalankan usahanya untuk membuka lapangan pekerjaan, yang pada akhirnya mensejahterakan masyarakat.

"Karenanya, tak mungkin pengusaha mau secara sadar melakukan tindakan melanggar hukum seperti menyuap pejabat ataupun tindakan korupsi lainnya yang berujung pada penjara. Jika dicermati lebih dalam, sebagian besar kasus korupsi yang menimpa dunia usaha disebabkan karena berbelitnya perizinan," ujar Bamsoet.

Di Pertemuan itu, Pahala Nainggolan meminta masukan untuk meminimalisir potensi terjadinya korupsi di dunia usaha. Kunjungan tersebut juga dalam rangka persiapan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia yang akan diperingati pada 9 Desember 2020.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

49 Keluarga Masih Mengungsi, Gerombolan MIT Lari ke Hutan

49 kepala keluarga Dusun 5 Lewonu Desa Lemba Tongoa, Palolo, Kabupaten Sigi, Sulteng, masih mengungsi pasca pembantaian 4 orang yang dilakukan gerombolan MIT.

NASIONAL | 30 November 2020

Sebelum Skandal Djoko Tjandra, Pinangki Pernah Kena Sanksi Turun Pangkat

Pinangki Sirna Malasari, ternyata pernah dijatuhi sanksi disiplin berupa penurunan pangkat satu tingkat pada 2012 atau jauh sebelum skandal Djoko Tjandra.

NASIONAL | 30 November 2020

Menko Polhukam: Pemerintah Kecam Pembunuhan di Sigi

Menurut Mahfud, pemerintah sudah melakukan langkah-langkah untuk pemulihan atau trauma healing.

NASIONAL | 30 November 2020

Rantai Dingin Vaksin Covid-19, Indonesia Sudah Siap

Vaksin merupakan produk biologis yang sangat rentan terhadap perubahan suhu, sehingga perlu disimpan pada suhu 2-8 derajat celcius.

NASIONAL | 30 November 2020

Eks Bupati Bogor Rachmat Yasin Bakal Kembali Duduk di Kursi Terdakwa

Tim penyidik KPK telah merampungkan berkas penyidikan kasus dugaan pemotongan uang dan gratifikasi yang menjerat Rachmat Yasin sebagai tersangka.

NASIONAL | 30 November 2020

Bupati dan Wali Kota di Sulsel Diminta Segera Atur Jalur Vaksin Covid-19

Seluruh Bupati dan Wali Kota di Sulawesi Selatan (Sulses) diminta segera mengatur lebih dini jalur distribusi vaksin Covid-19 sebelum disalurkan nantinya.

NASIONAL | 30 November 2020

Pulihkan Keamanan, Lembatongoa Dijaga Brimob

Aparat keamanan berupaya menormalisasi keadaan di Dusun 5 Lewonu Desa Lembatongoa, Palolo, Kabupaten Sigi, Sulteng, pasca pembunuhan empat orang.

NASIONAL | 30 November 2020

TNI Kirim Tambahan Pasukan Khusus Kejar Terduga Teroris di Sigi

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengemukakan TNI akan menindak tegas para pelaku pembunuhan terhadap 4 orang di Dusun 5 Tokelemo, Sigi.

NASIONAL | 30 November 2020

Berikan Efek Jera, Pakar Dukung Upaya Jaksa Agung Miskinkan Koruptor

Upaya Jaksa Agung ST Burhanuddin memiskinkan para koruptor agar menimbulkan efek jera bagi para pelakunya mendapat dukungan dari pakar TPPU Yenti Garnasih.

NASIONAL | 30 November 2020

Literasi Digital Jawab Tantangan Tranformasi Dunia Pendidikan

Gerakan #BagiBagiIlmu bertujuan mendukung masyarakat dan tenaga pengajar untuk menerapkan transformasi digital di tengah masa pandemi Covid-19.

NASIONAL | 30 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS