Jelang 1 Desember, Polres Jayapura Ancam Bubarkan Aksi Ganggu Kamtibmas
Logo BeritaSatu

Jelang 1 Desember, Polres Jayapura Ancam Bubarkan Aksi Ganggu Kamtibmas

Senin, 30 November 2020 | 18:33 WIB
Oleh : Robert Isidorus / CAH

Jayapura, Beritasatu.com - Mengantisipasi kegiatan yang dinilai dapat mengganggu situasi kamtibmas jelang 1 Desember, pihak Kepolisian Polresta Jayapura Kota meningkatkan intensitas patrol di wilayah hukumnya. Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas menegaskan akan membubarkan setiap aksi-aksi spontan yang meresahkan masyarakat dan menganggu kamtibmas maupun bersifat menganggu keutuhan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kalau ada aksi tidak ada pemberitahuan ataupun izin keramaian dari pihak kepolisian yang sifatnya menganggu ketertiban umum dan cenderung berpotensi melakukan pelanggaran pidana pastinya kita bubarkan. Bila perlu kita tangkap apabila telah terjadi peristiwa tindak pidana di situ,” kata Kapolresta usai memimpin apel kesiap-siagaan TNI-Polri, ASN dan Mitra dalam rangkan antisipasi agenda kalender Kamtibmas bulan Desember, Senin (30/11/2020) pagi.

Terkait dengan pengamanan 1 Desember, kata Kapolresta pihaknya melibatkan 2/3 dari personel Polresta atau sekitar 450 personel termasuk dengan jajaran Polsek. Serta bantuan personil dari Dalmas Polda Papua, Brimob, dan Kodim.

“Jadi sebanyak 700 personel yang kami libatkan untuk mengamankan 1 Desember di wilayah hukum Polresta Jayapura Kota,” kata Gustav.

Ia mengaku, semua wilayah di Kota Jayapura menjadi antisipasi Polresta Jayapura Kota hingga perbatasan negara, serta melakukan patroli baik skala kecil hingga skala besar. Serta melakukan sweeping dan razia selektif yang akan dilakukan hingga pasca 1 Desember nanti.

“Empat daerah yang menjadi atensi kami terkait Kalender Kamtibmas, yakni Daerah Heram, Abepura, Jayapura Utara dan Muara Tami termasuk daerah perbatasan,” ucapnya.

Lanjut Kapolresta, selama kegiatan masyarakat tidak ada pemberitahuan maupun ijin keramaian dari pihak Kepolisian sebagaimana peraturan pemerintah kemudian juga peraturan Kapolri soal ijin keramaian serta protokol kesehatan.

“Apabila itu dilaksanakan akan dilkukan tindakan peringatan untuk membubarkan diri apalagi ada unsur melanggar protokol kesehatan di situasi pandemic covid-19,” kata Gustav.

Terkait 1 Desember nanti, Kapolresta mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap melaksanakan kegiatan rutinnya sepeti hari-hari biasa tanpa termakan isu provokatif

Bukan Momok

Sementara itu Wali kota Jayapura Benhur Tomi Mano, menegaskan bahwa tanggal 1 Desember bukan merupakan momok bagi warga di Port Numbay. Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat agar beraktivitas seperti biasanya. Sebagaima diketahui tanggal dikenal sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Wali kota menegaskan Kota Jayapura yang telah dicanangkan menjadi bagian integral dari NKRI jangan lagi ada yang menganggu.Wali kota yang akrab di sapa BTM ini juga menegaskan, siapapun yang akan menganggu keutuhan NKRI di wilayah kota Jayapura akan berhadapan dengan aparat penegak hukum. “Marilah kita menjaga kedaiaman di tanah Papua,” ajak BTM.

Apalagi, kata BTM, setiap hari di bulan Desember merupakan sukacita natal bagui umat nasarani di kota Jayapura dan Papua umumnya. “Saya berikan apresiasi kepada Kapolresta Jayapura Kota dan Dandim 1701 Jayapura yang hari ini mengantisipasi hari 1 Desember,” ujarnya.

“Yang pasti, kami terus akan mendorong dan membantu Kapolresta dan Dandim untuk pelaksanaa kesiap siagaan dalam mengawal kota Jayapura,” kata BTM.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Rapid Test Pengawas TPS di Pandeglang, 11 Reaktif

Kesebelas orang yang hasilnya reaktif tersebut tersebar di delapan kecamatan.

NASIONAL | 30 November 2020

Kapolda Jabar Sebut Tindakan RS Ummi Pidana Murni

Selain itu, ia juga meragukan pernyataan Wali Kota Bogor Bima Arya yang bakal mencabut laporan kasus RS Ummi tersebut.

NASIONAL | 30 November 2020

Kerusakan Hutan, Pemicu Banjir dan Longsor di Jambi

Rusaknya hutan di daerah tangkapan air di kawasan hulu Sungai Batanghari membuat banjir cepat terjadi setiap musim hujan.

NASIONAL | 30 November 2020

Tolak Rapid Test, 9 Petugas KPPS di Kota Jambi Mundur

KPPS yang mengundurkan diri karena menolak rapid test di kota itu berasal dari Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi.

NASIONAL | 30 November 2020

Pemeriksaan Sampel Menurun, Edy Rahmayadi Minta 3T Diperluas

Sumut yang memiliki 21 laboratorium, bisa memeriksa 2.800 sampel.

NASIONAL | 30 November 2020

Jokowi: Tidak Ada Tempat di Tanah Air bagi Terorisme

Presiden Jokowi memerintahkan Kapolri dan Panglima TNI untuk segera mengusut tuntas para pelaku pembantaian satu keluarga di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

NASIONAL | 30 November 2020

Penambahan Kasus Baru Positif Covid-19 di Banten Cenderung Meningkat

Dalam sepekan terakhir, jumlah penambahan kasus positif Covid-19 di Banten mencapai 1.230 kasus.

NASIONAL | 30 November 2020

Polri: Upik Lawanga Sang Penerus Doktor Azhari

Taufiq Bulaga alias Upik Lawanga merupakan aset berharga JI karena memiliki keahlian untuk membuat bom berdaya ledak tinggi.

NASIONAL | 30 November 2020

APSI: Galon Sekali Pakai Tidak Timbulkan Tumpukan Sampah Plastik

Ditegaskan APSI, galon plastik sekali pakai tergolong dalam jenis plastik PET (Polyethylene Terephthalate) dengan kode plastik daur ulang Nomor 1.

NASIONAL | 30 November 2020

Mahfud Lakukan Langkah Ini Sikai Teroris di Sigi

Pemerintah telah bertemu dengan keluarga korban dan melakukan langkah-langkah untuk pemulihan atau trauma healing.

NASIONAL | 30 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS