Perpustakaan Digital Dorong Keterbukaan Akses Informasi
Logo BeritaSatu

Perpustakaan Digital Dorong Keterbukaan Akses Informasi

Senin, 30 November 2020 | 18:47 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi Covid-19 berdampak pada pembatasan seluruh aktivitas, tak terkecuali layanan perpustakaan yang dituntut untuk melakukan transformasi dalam bentuk layanan digital.

Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Ofy Sofiana mengatakan, perpustakaan sebagai penyedia informasi, harus tetap eksis dalam melayani kebutuhan masyarakat di masa pandemi.

“Selama pandemi, peningkatan layanan secara daring melonjak signifikan, seperti layanan digital di Perpusnas melalui layanan iPusnas, IOS, e-Resources dan Khastara yang mencatat kenaikan lebih dari 300 persen,” tutur Ofy Sofiana, dalam webinar Perpustakaan Digital:Penjelajahan Pengetahuan dan Transformasi, Senin (30/11/2020).

Saat ini, kata Ofy, kondisi pandemi memaksa perpustakaan untuk mencari cara bagaimana informasi yang dibutuhkan masyarakat dapat mudah tersampaikan. Perpustakaan digital hadir menjawab permasalahan tersebut. "Masyarakat tetap dapat menjelajah pengetahuan dengan tidak terbatas ruang dan waktu. Melalui penyediaan konten digital secara gratis, diharapkan tidak ada lagi halangan dalam mengakses sumber informasi secara terbuka atau open access," tegasnya.

Akses terbuka atau open access, kata Ofy, menjadi salah satu slogan yang diusung oleh Perpusnas terhadap beberapa koleksi yang dimilikinya, melalui iPusnas dan e-Reseources, di mana pemustaka hanya perlu mendaftar secara gratis. "Demikian pula dengan Khastara dan Indonesia OneSearch, pemustaka cukup mengakses melalui laman yang bisa bebas diakses," kata Ofy.

Berdasarkan survei Microsoft Academic Search pada tahun 2017, Indonesia memiliki ketersediaan layanan akses jurnal tertinggi di dunia khususnya untuk jurnal terbuka atau open access journal. Untuk itu, Perpusnas sebagai lembaga pembina semua jenis perpustakaan di Indonesia mengajak untuk mengoptimalkan sarana penyediaan akses koleksi digital gratis atau open access.

"Kami berharap seluruh perpustakaan di Indonesia bergabung dan berkontribusi dalam berbagai pakai informasi dan koleksi yang dimiliki di portal Indonesia OneSearch sebagai pintu akses terbuka," tandasnya.

Guru Besar Ilmu Perpustakaan FIB Universitas Indonesia, Sulistyo Basuki menyampaikan, sejak eksis sekitar tahun 1990-an, berbagai pihak dengan latar belakang berbeda sudah terlibat dalam pembentukan perpustakaan digital, sehingga terbentuk dua titik pandang tentang perpustakaan digital.

Pertama, menganggap perpustakaan digital sebagai koleksi terkelola dari informasi digital dengan jasanya, terakses melalui jaringan. Kedua, melihat perpustakaan digital sebagai halnya pandangan pertama, namun ditambah dengan organisasi yang menyediakan sumber daya untuk dipilih, strukturnya sesuai dengan pandangan pendukung perpustakaan digital serta menawarkan akses intelektual koleksi karya digital untuk digunakan oleh komunitas yang telah ditetapkan.

"Perpustakaan digital muncul dalam berbagai bentuk dan wujud, digunakan oleh berbagai jenis pemakai serta berbagai keperluan dan dalam berbagai konteks, media dan konten. Perpustakaan digital benar-benar bersifat interdisipliner serta mengalami transformasi dalam berbagai bidang,” terangnya.

Sementara itu, Ismail Fahmi sebagai inisiator Indonesia OneSearch menyampaikan, ilmu pengetahuan merupakan fakta yang didapat dari proses pembelajaran dan pengalaman manusia, setelah dikodifikasi kemudian disimpan dalam galeri, perpustakaan, arsip dan museum sebagai obyek. "Obyek yang sudah didigitalkan ini kemudian disimpan dan diolah dalam repositori (perpustakaan) digital,” katanya.

Ismail menjelaskan, perkembangan teknologi memungkinkan eksplorasi ilmu pengetahuan tersimpan dalam perpustakaan digital. "Indonesia OneSearch telah bereksperimen dengan aplikasi IOS Explorer dan IOS Explorer dan IOS CiteMiner untuk ilmu pengetahuan dalam repositori yang dikumpulkan dari mitra,” jelasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jelang 1 Desember, Polres Jayapura Ancam Bubarkan Aksi Ganggu Kamtibmas

Sekitar 450 personel termasuk dengan jajaran Polsek akan dikerahkan untuk menjaga kamtibmas pada 1 Desember.

NASIONAL | 30 November 2020

Rapid Test Pengawas TPS di Pandeglang, 11 Reaktif

Kesebelas orang yang hasilnya reaktif tersebut tersebar di delapan kecamatan.

NASIONAL | 30 November 2020

Kapolda Jabar Sebut Tindakan RS Ummi Pidana Murni

Selain itu, ia juga meragukan pernyataan Wali Kota Bogor Bima Arya yang bakal mencabut laporan kasus RS Ummi tersebut.

NASIONAL | 30 November 2020

Kerusakan Hutan, Pemicu Banjir dan Longsor di Jambi

Rusaknya hutan di daerah tangkapan air di kawasan hulu Sungai Batanghari membuat banjir cepat terjadi setiap musim hujan.

NASIONAL | 30 November 2020

Tolak Rapid Test, 9 Petugas KPPS di Kota Jambi Mundur

KPPS yang mengundurkan diri karena menolak rapid test di kota itu berasal dari Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi.

NASIONAL | 30 November 2020

Pemeriksaan Sampel Menurun, Edy Rahmayadi Minta 3T Diperluas

Sumut yang memiliki 21 laboratorium, bisa memeriksa 2.800 sampel.

NASIONAL | 30 November 2020

Jokowi: Tidak Ada Tempat di Tanah Air bagi Terorisme

Presiden Jokowi memerintahkan Kapolri dan Panglima TNI untuk segera mengusut tuntas para pelaku pembantaian satu keluarga di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

NASIONAL | 30 November 2020

Penambahan Kasus Baru Positif Covid-19 di Banten Cenderung Meningkat

Dalam sepekan terakhir, jumlah penambahan kasus positif Covid-19 di Banten mencapai 1.230 kasus.

NASIONAL | 30 November 2020

Polri: Upik Lawanga Sang Penerus Doktor Azhari

Taufiq Bulaga alias Upik Lawanga merupakan aset berharga JI karena memiliki keahlian untuk membuat bom berdaya ledak tinggi.

NASIONAL | 30 November 2020

APSI: Galon Sekali Pakai Tidak Timbulkan Tumpukan Sampah Plastik

Ditegaskan APSI, galon plastik sekali pakai tergolong dalam jenis plastik PET (Polyethylene Terephthalate) dengan kode plastik daur ulang Nomor 1.

NASIONAL | 30 November 2020


TAG POPULER

# Penganiayaan Perawat


# Reshuffle Kabinet


# Vaksinasi Covid-19


# Larangan Mudik


# Vaksin Nusantara



TERKINI

Anies Sampaikan 2 Usulan Penting ke PBB Terkait Pencegahan Dampak Perubahan Iklim

MEGAPOLITAN | 16 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS