BPK dan Lemhannas Teken MoU untuk Koordinasi Kelembagaan

BPK dan Lemhannas Teken MoU untuk Koordinasi Kelembagaan

Senin, 30 November 2020 | 23:59 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bersama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) telah menandatangani nota kesepahaman atau MoU untuk membangun kerja sama dan koordinasi dalam rangka mendukung tugas dan fungsi kelembagaan.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ketua BPK Agung Firman Sampurna dan Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo di Auditorium BPK, Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Is

Ketua BPK Agung Firman Sampurna saat memberikan sambutan.

Agung menuturkan, kerja sama yang dilakukan merupakan upaya meningkatkan peran dan manfaat BPK bagi pemangku kepentingan didukung dengan penguatan kapasitas organisasi.

Hal ini sejalan dengan upaya menjalankan visi BPK dalam Rencana Strategis (Renstra) BPK Tahun 2020-2024, yakni menjadi lembaga pemeriksa terpercaya yang berperan aktif dalam mewujudkan tata kelola keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat untuk mencapai tujuan negara.

"Sesuai dengan semangat perwujudan tata kelola keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat, maka diperlukan sinergi dan koordinasi untuk memperluas dan meningkatkan kapasitas organisasi, antara lain dengan kerja sama antara BPK dengan Lemhannas," kata Agung.

Adapun ruang lingkup dalam MoU ini meliputi pertukaran data atau informasi, kajian dan penelitian, pendidikan dan pelatihan, serta kegiatan lain sesuai dengan kebutuhan.

MoU ini juga merupakan pembaruan dari nota kesepahaman sebelumnya antara BPK dan Lemhannas. Yakni Nota Kesepahaman Nomor 23/KB/X-XIII.2/12/2010 dan Nomor PKS/55/XII/2010 tentang Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi Untuk Akses Data pada Lemhannas dalam Rangka Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Agus menjelaskan, kerja sama ini memiliki arti penting bagi peningkatan kapasitas dan kapabilitas kedua institusi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diemban masing-masing.

Menurutnya, kerja sama ini harus diimplementasikan melalui program-program yang dapat mendukung pengembangan kapasitas kelembagaan bersama.

"Saya yakin dengan komitmen dan kapasitas yang dimiliki oleh kedua instansi ini, kerja sama akan memberikan manfaat dan kontribusi besar bagi penguatan dan peningkatan kualitas dalam berbagai bidang bagi kedua belah pihak," ungkap Agus.

Sementara itu, penandatanganan MoU disaksikan oleh Anggota I BPK Hendra Susanto dan Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsekal Madya TNI Wieko Syofyan.

Is

Kiri ke kanan: Anggota I BPK, Ketua BPK, Gubernur Lemhannas, Wakil Gubernur Lemhannas.

Turut hadir secara virtual Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono, Anggota II BPK Pius Lustrilanang, Anggota III BPK Achsanul Qosasi, serta Anggota V BPK Bahrullah Akbar.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Batasi Pengambilan Lobster di Laut demi Menjaga Alam

Demi menjaga alam, pengambilan benih lobster harus dibatasi.

NASIONAL | 30 November 2020

Bantuan Subsidi Kuota Internet hanya Tercapai 62 Persen

Subsidi kuota internet untuk tenaga pendidik dan siswa hanya tercapai 62 persen dari target.

NASIONAL | 30 November 2020

Kemdikbud Akui Subsidi Kuota Kemungkinan Tidak Mencapai Target

Kemdikbud mengakui bahwa bantuan kuota internet untuk tenaga pendidik dan murid selama pandemi Covid-19 kemungkinan tidak sasaran.

NASIONAL | 30 November 2020

P2G: Target Bantuan Kuota Internet Tahap Terakhir Meleset

Bantuan kuota internet gratis dari Kemdikbud untuk tahap terakhir tidak semuanya sampai ke tangan guru dan siswa.

NASIONAL | 30 November 2020

Harapan Masyarakat Marsram kepada Imani

Sejumlah elemen masyarakat yang berada di Kampung Marsram, Distrik Supiori Timur, Kabupaten Supiori, Papua berhasrat memenangkan pasangan Imani.

NASIONAL | 30 November 2020

Aktor Deddy Mizwar ke Medan Khusus untuk Menangkan Bobby Nasution

Deddy Mizwar, turun ke Medan khusus untuk memenangkan pasangan nomor urut 2, Bobby Nasution-Aulia Rachman dalam Pilwalkot Medan.

NASIONAL | 30 November 2020

Ekspor Bibit Lobster Jangan Hanya untuk Tingkatkan Perekonomian Nelayan

Mengijinkan ekspor bibit lobster dalam pendekatan ekologi politik jangan hanya dilihat sebagai langkah pemerintah untuk meningkatkan perekonomian nelayan.

NASIONAL | 30 November 2020

Yan Imbab: Supiori Butuh Pemimpin Siap Kerja

Yan Imbab menyatakan Kabupaten Supiori membutuhkan pemimpin yang sudah siap memimpin, dan langsung bekerja ketika dilantik bukan pemimpin yang baru belajar.

NASIONAL | 30 November 2020

Basis Data Covid-19 Perlu Disempurnakan

Kualitas data yang valid akan menentukan pola penanganan dan evaluasi pengendalian Covid-19 di Indonesia dengan tepat.

NASIONAL | 30 November 2020

Jaga Pasokan di Alam, Batasi Pengambilan Lobster di Laut

Pengambilan lobster di laut harus dibatasi karena akan mengancam pasokannya di alam.

NASIONAL | 30 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS