Terminal Multipurpose Poin Penting bagi Labuan Bajo

Terminal Multipurpose Poin Penting bagi Labuan Bajo

Selasa, 1 Desember 2020 | 00:14 WIB
Oleh : Bernadus Wijayaka / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, Terminal Multipurpose akan menjadi salah satu poin penting dalam mendukung Labuan Bajo sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super-prioritas (DPSP).

Labuan bajo masuk DPSP bersama dengan Mandalika, Danau Toba, Likupang, dan Borobudur. Pengembangan Kawasan Labuan Bajo juga dipersiapkan sebagai tuan rumah G20 dan ASEAN Summit.

“Penggunaan integrated e-gate system di Terminal Multipurposes Labuan Bajo akan membantu meminimalisasi uang tunai dengan menggunakan cash and transaction management. Dengan begitu diharapkan tidak ada pungli dan memperbaiki SLA pelayanan di ekosistem Terminal Multipurpose Labuan Bajo,” kata Kartika pada acara penandatanganan memorandum of collaboration (MoC) tentang Kerja Sama Penyediaan Layanan Jasa Perbankan dan Pengembangan Terminal Multipurpose Labuan Bajo antara PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) bersama Bank BNI, Bank BRI dan Bank Mandiri di Jakarta, Senin (30/11/2020).

“MOC ini juga menunjukkan prioritas yang dibuat oleh Kementerian BUMN, yaitu technology leadership diimplementasikan,” pungkas Kartika.

Direktur Utama PT Pelindo III U Saefudin Noer mengatakan, sebagai BUMN, Pelindo III turut mendukung strategi pemulihan ekonomi nasional pasca-pandemi Covid-19 yang dicanangkan pemerintah, melalui pengembangan di lokasi strategis pariwisata di areal operasi Pelindo III. Salah satunya, yaitu Labuhan Bajo, yang ditetapkan pemerintah sebagai DPSP.

“Pembangunan Terminal Labuhan Bajo diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo pada Januari 2020. Pembangunan fisik terminal multipurpose sendiri dimulai sejak awal Agustus 2020 setelah kunjungan dan rapat kerja bersama tim Kemko Maritim dan Investasi dan dukungan Gubernur NTT,” kata Saefudin Noer.

Dikatakan, Terminal Multipurpose Labuan Bajo memiliki konsep desain infrastruktur yang bernafaskan kearifan lokal untuk mengenalkan budaya masyarakat setempat dan didukung oleh kehadiran teknologi informasi.

Saefudin Noer menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Perhubungan yang telah memberi kepercayaan kepada Pelindo III untuk membangun Terninal Labuan Bajo.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Sunarso mengatakan, kolaborasi dengan Bank Himbara dalam hal integrated e-gate system, agar semua transaksi dapat dilakukan secara cash less yang akan mengefisiensikan, lebih cepat, dan lebih transparan.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

BPK dan Lemhannas Teken MoU untuk Koordinasi Kelembagaan

BPK dan Lemhannas telah menandatangani MoU ntuk membangun kerja sama dan koordinasi dalam rangka mendukung tugas dan fungsi kelembagaan.

NASIONAL | 30 November 2020

Batasi Pengambilan Lobster di Laut demi Menjaga Alam

Demi menjaga alam, pengambilan benih lobster harus dibatasi.

NASIONAL | 30 November 2020

Bantuan Subsidi Kuota Internet hanya Tercapai 62 Persen

Subsidi kuota internet untuk tenaga pendidik dan siswa hanya tercapai 62 persen dari target.

NASIONAL | 30 November 2020

Kemdikbud Akui Subsidi Kuota Kemungkinan Tidak Mencapai Target

Kemdikbud mengakui bahwa bantuan kuota internet untuk tenaga pendidik dan murid selama pandemi Covid-19 kemungkinan tidak sasaran.

NASIONAL | 30 November 2020

P2G: Target Bantuan Kuota Internet Tahap Terakhir Meleset

Bantuan kuota internet gratis dari Kemdikbud untuk tahap terakhir tidak semuanya sampai ke tangan guru dan siswa.

NASIONAL | 30 November 2020

Harapan Masyarakat Marsram kepada Imani

Sejumlah elemen masyarakat yang berada di Kampung Marsram, Distrik Supiori Timur, Kabupaten Supiori, Papua berhasrat memenangkan pasangan Imani.

NASIONAL | 30 November 2020

Aktor Deddy Mizwar ke Medan Khusus untuk Menangkan Bobby Nasution

Deddy Mizwar, turun ke Medan khusus untuk memenangkan pasangan nomor urut 2, Bobby Nasution-Aulia Rachman dalam Pilwalkot Medan.

NASIONAL | 30 November 2020

Ekspor Bibit Lobster Jangan Hanya untuk Tingkatkan Perekonomian Nelayan

Mengijinkan ekspor bibit lobster dalam pendekatan ekologi politik jangan hanya dilihat sebagai langkah pemerintah untuk meningkatkan perekonomian nelayan.

NASIONAL | 30 November 2020

Yan Imbab: Supiori Butuh Pemimpin Siap Kerja

Yan Imbab menyatakan Kabupaten Supiori membutuhkan pemimpin yang sudah siap memimpin, dan langsung bekerja ketika dilantik bukan pemimpin yang baru belajar.

NASIONAL | 30 November 2020

Basis Data Covid-19 Perlu Disempurnakan

Kualitas data yang valid akan menentukan pola penanganan dan evaluasi pengendalian Covid-19 di Indonesia dengan tepat.

NASIONAL | 30 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS