Tahun Depan, Belum Semua Sekolah di Jateng Bisa Tatap Muka
Logo BeritaSatu

Tahun Depan, Belum Semua Sekolah di Jateng Bisa Tatap Muka

Selasa, 1 Desember 2020 | 11:58 WIB
Oleh : Stefy Thenu / JEM

Semarang, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek persiapan standard operating procedure (SOP) protokol kesehatan di SMK Negeri Jawa Tengah Semarang, Selasa (1/12/2020). Pengecekan, dalam rangka persiapan pembelajaran tatap muka pada Januari 2021 mendatang.

Didampingi sejumlah guru sekolah asrama tersebut, Ganjar berkeliling dan menyapa para siswa yang pagi itu sedang bersih-bersih lingkungan sekolah.

“Hari, kamu dari mana?” tanya Ganjar menyapa seorang siswa yang menjawab berasal dari Grobogan.

Kepada Hari, Ganjar bertanya tentang bagaimana dirinya menjaga protokol kesehatan selama berada di asrama. “Selalu menjaga jarak, cuci tangan dan memakai masker pak. Kalau di asrama tidak boleh berkerumun, dan kita hahya boleh berkumpul satu komunitas contohnya seperti satu kamar," ujar Hari.

Ganjar juga bertanya, bagaimana caranya menjaga diri dari paparan virus corona di dalam kamarnya. Pertanyaan tersebut pun dijawab dengan baik oleh Hari.

“Siap kami menyediakan hand sanitizer pak, jadi setelah barang-barang dipegang kami bersihkan dengan itu,” ujarnya.

Ganjar juga menyapa siswa lainnya. Kepada para siswa, Ganjar selalu berpesan untuk tetap berolahraga, namun dengan memperhatikan jarak yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Ganjar juga mengecek ke salah satu ruang praktek SMK N Jateng. Di sana, Ganjar mendengarkan laporan bahwa sekolah menyiapkan setiap mesin digunakan sesuai absen para siswa. Sehingga lebih mudah pengawasannya.

“Lha tapi setelah dipakai, dibersihkan tidak? Harus dibersihkan lho, minimal setelah dipakai praktek, ada jeda 10-15 menit untuk pembersihan. Jadi mesin-mesin yang sudah disentuh itu di-lap. Kalau perlu setelah dibersihkan itu pintu dikasih pita-pita jadi tanda kalau sudah disterilkan,” kata Ganjar pada guru.

Seusai melakukan pengecekan, Ganjar kemudian memberikan sejumlah evaluasi pada pengelola SMK N Jateng. Ganjar mengatakan, pihaknya mendapat gambaran terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada Januari 2021 mendatang.

“Kita evaluasi untuk persiapan, nanti di bulan Januari kita bisa mengerti kalau tadi kita lihat secara SOP sudah bagus, fasilitas sudah bagus, nah sekarang kita harus mendisiplinkan,” tegasnya.

Menurut Ganjar dari ujicoba SMA maupun SMK yang sudah dilakukan, pihaknya telah mengevaluasi beberapa hal. Ganjar menegaskan, jika pada Januari mendatang, pembelajaran tatap muka tidak bisa dilakukan secara serentak.

“Sehingga nanti di bulan Januari saya punya gambaran, rasa-rasanya belum semua akan bisa makregudug (tiba-tiba, red) masuk bareng itu saya rasa-rasa belum bisa. Tetap harus selektif. Ini bagian dari cara kita untuk berhati-hati,” tandasnya.

Sebanyak 5 sekolah asrama di Jawa Tengah saat ini masih melakukan uji coba pembelajaran tatap muka. Antara lain, SMK N Jateng Semarang, Pati dan Purbalingga, kemudian SMK Pradita Dirgantara Boyolali dan SMK Taruna Nusantara.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

BNPT: Jaringan Teroris MIT Sisa 10

Saat saksi diperlihatkan foto DPO teroris MIT, mereka menyakini bahwa identitas 3 orang OTK tersebut adalah kelompok Ali Ahmad alias Ali Kalora.

NASIONAL | 1 Desember 2020

Pemeran Film "Naga Bonar" Ajak Pelaku Seni Budaya Menangkan Bobby Nasution

Kondisi Medan sekarang ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk melihat ke depan, terutama kehidupan seni di Kota Medan.

NASIONAL | 1 Desember 2020

KPK Dalami Keterkaitan PT Perishable Logistic Indonesia di Kasus Suap Edhy Prabowo

KPK memastikan bakal memeriksa para saksi yang diduga mengetahui hubungan PT ACK dan PT PLI.

NASIONAL | 1 Desember 2020

Semeru Luncurkan Awan Panas, Ratusan Warga Dievakuasi

Sampai saat ini, kata Satria, BPBD masih meengevakuasi warga dengan membagikan masker ke warga, mendirikan tenda pengungsian dan membuat dapur umum.

NASIONAL | 1 Desember 2020

42 Rumah Tertimbun Longsor, Pemkab Simalungun Anggarkan Rp 400 Juta untuk Perbaikan

Proses perbaikan itu diharapkan selesai dikerjakan dalam kurun waktu selama 15 hari pengerjaan.

NASIONAL | 1 Desember 2020

Wagub Banten: Kepatuhan pada Protokol Kesehatan Kunci Keberhasilan Pilkada 2020

Pemerintah Provinsi Banten selalu berkoordinasi dengan TNI dan Polri dalam pengamanan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Banten.

NASIONAL | 1 Desember 2020

Golkar Pastikan Kemenangan di Pilkada Kota Binjai

Dalam konsolidasi sekaligus pemantapan terhadap calon wali kota yang diusung, Golkar memastikan akan jadi pemenang dalam setiap kontestasi politik.

NASIONAL | 1 Desember 2020

Deddy Mizwar: Medan Membutuhkan Pemimpin Muda yang Energik

"Ini nasehat dari orang tua ya Nak Bobby," kata Deddy Mizwar.

NASIONAL | 1 Desember 2020

KPK-Kejagung Awasi Langkah Gubernur NTB Selesaikan Aset Pemprov di Gili Trawangan

KPK dan Kejaksaan Agung mempelajari surat kuasa khusus (SKK) yang diberikan Gubernur NTB Zulkieflimansyah kepada Kejaksaan Tinggi NTB.

NASIONAL | 1 Desember 2020

Kepala BNPT Nilai Deradikalisasi di Pesantren Sebagai Program Bagus

Salah satu pondok pesantren yang menjadi mitra deradikalisasi BNPT adalah Pondok Pesantren Al-Hidayah di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

NASIONAL | 1 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS