Pasangan Eri Cahyadi-Armudji Berpeluang Besar Memenangi Pilkada Surabaya
Logo BeritaSatu

Pasangan Eri Cahyadi-Armudji Berpeluang Besar Memenangi Pilkada Surabaya

Selasa, 1 Desember 2020 | 14:51 WIB
Oleh : Teguh L Rahmadi / JEM

Surabaya, Beritasatu.com - Jika tidak ada tsunami politik dan kejadian luar biasa lainnya, pasangan Eri Cahyadi dan Armudji diprediksi akan memenangkan Pilkada Kota Surabaya pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Hal ini terlihat dari hasil survei Cyrus Network yang dilangsungkan pada tanggal 23-27 November 2020 lalu. Pasangan Eri Cahyadi dan Armudji masih perkasa dengan elektabilitas 55,3 persen, unggul 21,5 persen dari pasangan Machfud Arifin dan Mujiaman yang memiliki elektabilitas 33,8 persen.

Sementara jumlah pemilih mengambang masih berkisar di angka 10,9 persen.

Dalam keterangan tertulis Chief of Consultant Cyrus Network, Hafizul Mizan, Selasa (1/12/2020), menyebutkan, dengan waktu tersisa yang kurang dari dua minggu dari survei selesai dilaksanakan, diprediksi akan sangat sulit bagi pasangan Machfud Arifin dan Mujiaman untuk mengejar ketertinggalan.

Pasangan nomor urut 1 tersebut terlihat dominan hampir di semua segmen demografis. Mulai dari gender, usia, agama, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, sampai ke Daerah Pemilihan DPRD.

Paslon Machfud-Mujiaman hanya unggul dalam segmen pemilih bersuku Madura. Sebanyak 50 persen pemilih Madura lebih memilih paslon nomor urut 2 tersebut dibandingkan dengan paslon 1 yang hanya didukung 37 persen populasi pemilih Madura.

Dapil 3 diprediksi akan menjadi tempat perebutan yang sengit, karena pasangan Eri Cahyadi-Armudji hanya unggul tipis di wilayah tersebut (44,6 persen versus 40 persen).

Kendati demikian, dalam survei dengan metodologi multistage random sampling yang melibatkan 400 orang responden ini juga terlihat bahwa popularitas (keterkenalan) kedua pasangan calon masih jauh dari angka ideal (lebih dari 90 persen).

Popularitas pasangan calon (paslon) Eri Cahyadi dan Armudji hanya di angka 68,5 persen atau baru sekitar 7 dari 10 orang pemilih yang mengenal Paslon Nomor Urut 1 tersebut.

Sedangkan popularitas Machfud Arifin-Mujiaman berada di angka 57,5 persen, artinya baru sekitar 6 dari 10 orang yang mengenal paslon nomor urut 2 ini.

Kurangnya popularitas ini masih harus menjadi pekerjaan rumah bagi masing-masing paslon. Mengingat hampir 91,3 persen warga sudah mengetahui bahwa Pilkada akan dilaksanakan pada 9 Desember nanti, dan 94,3 persen di antaranya mengaku akan ikut berpartisipasi meskipun dilangsungkan di tengah Pandemi.

Survei tatap muka dengan margin of error (MoE) =/- 5 persen ini juga membaca alasan pemilih memilih pasangan calon. Kedua calon dipilih karena sama-sama diharapkan akan membawa perubahan (21,5 persen), namun Eri Cahyadi-Armudji lebih unggul karena dianggap lebih berpengalaman.

Sebanyak 9 persen pemilih memilih paslon nomor urut 1 tersebut dengan alasan berpengalaman dalam pemerintahan, sementara hanya 2,7 persen pemilih yang menganggap pasangan Machfud-Mujiaman sebagai sosok berpengalaman.

Faktor partai pengusung tampak juga berperan penting. Sekitar 7 persen dari pemlih Eri Cahyadi-Armudji mengaku memilih Eri karena berasal dari partai politik sama dengan yang mereka dukung.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Upaya Erick Gandeng Ulama NU Ramaikan Kegiatan di Masjid BUMN Dapat Dukungan

Menteri BUMN mengajak Pengurus Besar Nahdlatul Ulama untuk mengisi kegiatan dan ceramah di berbagai masjid yang terdapat di seluruh perkantoran BUMN.

NASIONAL | 1 Desember 2020

Kasus Korupsi IPDN, KPK Periksa Pejabat Waskita Karya

KPK juga mendalami peran pihak lain yang terlibat dalam kasus korupsi pembangunan IPDN, termasuk peran korporasi PT Adhi Karya dan PT Waskita Karya.

NASIONAL | 1 Desember 2020

Masyarakat Diajak Ubah Perilaku Buang Sampah

Banyak masyarakat yang tidak menganggap kebiasaan kecil seperti membuang puntung sembarangan itu berdampak pada lingkungan.

NASIONAL | 1 Desember 2020

Kasus Edhy Prabowo, KPK Sita Dokumen Ekspor Benur

Dokumen ekspor benur disita KPK dari kantor PT ACK di Jakarta Barat.

NASIONAL | 1 Desember 2020

Grab Luncurkan Program Kapabilitas Penyandang Disabilitas

Program ini juga sejalan dengan tema Hari Disabilitas Internasional.

NASIONAL | 1 Desember 2020

Pandemi Momentum Bangkitkan Solidaritas dan Kerukunan Antarumat

Pandemi Covid-19 membangkitkan rasa solidaritas, gotong royong, rasa kemanusiaan, persaudaraan, serta jiwa filantropi masyarakat Indonesia.

NASIONAL | 1 Desember 2020

Letusan Awan Panas Semeru Meluncur hingga 3.000 Meter

BPBD Kabupaten Lumajang melaporkan terjadi guguran awan panas letusan Gunung Semeru berjarak luncur hingga 3.000 meter.

NASIONAL | 1 Desember 2020

Buru Gerombolan MIT, Pasukan Khusus TNI Tiba di Palu

Pasukan khusus TNI tiba di Palu, Selasa (1/12/2020) sekitar pukul 07.15 WITA.

NASIONAL | 1 Desember 2020

Dukungan Keluarga Kunci Utama Kembangkan Kemampuan Penyandang Disabilitas

Dukungan penuh keluarga terhadap penyandang disabilitas sangat penting untuk mengembangkan kemampuan mereka.

NASIONAL | 1 Desember 2020

Lembata Darurat Bencana, Ribuan Warga dari 28 Desa Sudah Diungsikan

Yentje mengatakan, penanganan para pengungsi juga menerapkan protokol kesehatan sesuai yang sudah ditetapkan.

NASIONAL | 1 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS