Bio Farma Siapkan Infrastruktur Digital untuk Penyediaan dan Layanan Vaksin Covid-19
Logo BeritaSatu

Bio Farma Siapkan Infrastruktur Digital untuk Penyediaan dan Layanan Vaksin Covid-19

Rabu, 2 Desember 2020 | 16:53 WIB
Oleh : Adi Marsiela / LES

Bandung, Beritasatu.com - Induk Holding BUMN Farmasi Bio Farma mempersiapkan infrastruktur digital untuk penyediaan dan layanan vaksin Covid-19. Infrastruktur itu untuk mendukung program vaksinasi dari pemerintah serta kebutuhan vaksinasi mandiri sembari menanti terbitnya Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Direktur Digital Health Care Bio Fama, Soleh Udin Al Ayubi memaparkan, ada empat tahapan pembangunan infrastruktur digital yang dipersiapkan. Mulai dari pemasangan teknologi track and trace berupa 2D barcode pada kemasan vaksin Covid-19, distribusi, fasilitas pre-order untuk dapat layanan vaksin, hingga pelaporan vaksinasi.

Pemasangan barcode guna pelacakan produk vaksin itu juga dipasang hingga truk pengantar. Ayubi menjelaskan, pemasangan barcode itu untuk mencegah pemalsuan produk. “Saat scanning (pemindaian) akan terlihat detail tanggal kedaluwarsa, nomor batch dan nomor seriap produk tersebut,” kata Ayubi dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (2/12/2020).

Bio Farma menggandeng badan usaha milik negara (BUMN) lain, PT Telkom guna mengintegrasikan data dari berbagai kementerian dan lembaga seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Pelaksana Jaminan Sosial, hingga TNI dan Kepolisian RI. Seluruh data itu bakal jadi pegangan untuk perencanaan distribusi, layanan, validitas penerima vaksinasi, hingga sistem pengawasannya.

Sistem itu juga terintegrasi dengan anggota holding BUMN Farmasi lainnya, seperti Kimia Farma Trade and Distribution, Kimia Farma Klinik, yang merupakan anak perusahaan dari PT Kimia Farma, Tbk dan Indofarma Global Medika (IGM) anak perusahaan PT Indofarma, Tbk. Termasuk penyedia pelayanan vaksinasi seperti imunicare milik Bio Farma, rumah sakit, klinik, dan unit pelayanan kesehatan lainnya.

Digitalisasi ini juga mencakup proses distribusi karena vaksin harus tetap dijaga suhunya antara 2-8 derajat celcius dari tempat produksi hingga tempat layanan vaksinasi. Ayubi menerangkan, sistem rantai dingin harus bisa diterapkan guna memastikan kualitas vaksin.

“Dengan solusi digital, kita bisa mengetahui secara real time posisi saat pengantaran sistem lewat global positioning system (GPS) dan freeze tag untuk pemantauan suhu selama perjalanan dari Bio Farma ke klinik yang terhubung ke command center di Bio Farma secara real time,” tutur Ayubi.

Dari sisi konsumen, Ayubi menerangkan, layanan digital ini memungkinkan mereka melakukan pre-order untuk dapat layanan vaksinasi mandiri. Pre-order ini juga untuk menghindari penimbunan vaksin agar diketahui jumlah permintaan yang sebenarnya untuk vaksin Covid-19 dari suatu wilayah.

“Dengan demikian potensi untuk pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menimbun, dapat dihindari”, tutup Ayubi.

Tahap terakhir dalam solusi digital yang ditawarkan oleh Bio Farma adalah pelaporan yang mungkin bisa terintegrasi dengan sistem yang lain. Misalkan seseorang sudah divaksin Covid-19, maka dia akan mendapatkan suatu pelaporan atau sertifikat digital, yang mungkin bisa digunakan pada saat dia berpergian dengan menggunakan kereta atau pesawat.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Cegah Kerumunan, KPU Bengkulu Atur Jam Kedatangan Pemilih di TPS

Dengan adanya pengaturan jam atau waktu kedatangan pemilih ke TPS maka tidak terjadi penumpukan atau kerumunan orang saat pencoblosan pada 9 Desember nanti.

NASIONAL | 2 Desember 2020

Akselerasi Inovasi Daerah, Pemkab Takalar Kerja Sama dengan NCI dan LIPI

Bupati memiliki harapan besar bahwa Kabupaten Takalar akan menjadi kawasan industri pertanian, perikanan, peternakan, dan manufaktur yang unggul.

NASIONAL | 2 Desember 2020

Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Bawang Daun Kediri

Para petani bawang sayur di Desa Siman, Kabupaten Kediri bertahan di tengah pandemi Covid-19 dengan komoditas unggulan bawang sayur atau bawang daun.

NASIONAL | 2 Desember 2020

Perkuat IMC, ITP Takalar Gandeng Nano Center Indonesia

Untuk tahun pertama, kerja sama riset ini akan difokuskan pada penelitian bidang sains untuk pengolahan komoditas unggulan Kabupaten Takalar.

NASIONAL | 2 Desember 2020

Curah Hujan Tinggi, Lima Desa di Asahan Terendam Banjir

Banjir terjadi akibat tingginya curah hujan yang mengakibatkan Sungai Sikau meluap.

NASIONAL | 2 Desember 2020

Rizieq Syihab Akui Tengah Menjalani Isolasi Mandiri

Dalam kesempatan itu, Rizieq sendiri tidak menegaskan apakah sampai dengan saat ini negatif atau positif Covid-19.

NASIONAL | 2 Desember 2020

Untuk Perawatan Kecantikan, Pinangki Habiskan Rp 111 Juta dalam 3 Bulan

Besarnya biaya perawatan Pinangni diungkapkan dokter kecantikan dan kesehatan keluarga Pinangki, Olivia Santoso yang dihadirkan sebagai saksi.

NASIONAL | 2 Desember 2020

Mayoritas Publik Ingin Irianto-Irwan Kembali Pimpin Kaltara

Dengan sisa waktu 7 hari menjelang hari pemilihan, dinamika dukungan masih mungkin terjadi. Ada empat faktor yang bisa mengubah dukungan.

NASIONAL | 2 Desember 2020

16 Provinsi Miliki Angka Kesembuhan Covid-19 di Atas 80%

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19), Wiku Adisasmito, mengatakan ada 16 provinsi yang memiliki angka kesembuhan Covid-19 di atas 80%

NASIONAL | 2 Desember 2020

DPR Apresiasi Bantuan untuk Warga Terdampak Erupsi Gunung Merapi

Bantuan logistik untuk Pemprov DIY berupa makanan anak sebanyak 600 paket, kasur sebanyak 500 lembar, dan matras sebanyak 1.000 lembar.

NASIONAL | 2 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS