Pemerintah Pusat Bantu Peremajaan 95.000 Hektare Kebun Karet di Jambi
Logo BeritaSatu

Pemerintah Pusat Bantu Peremajaan 95.000 Hektare Kebun Karet di Jambi

Minggu, 6 Desember 2020 | 12:04 WIB
Oleh : Radesman Saragih / JEM

Jambi, Beritasatu.com - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian siap membantu peremajaan (replanting) perkebunan karet di Provinsi Jambi. Peremajaan karet di Jambi dinilai sangat penting karena luas perkebunan karet tua di daerah itu saat ini mencapai sekitar 95.000 hektare (ha) atau 14,19 % dari total 669.521 ha perkebunan karet di daerah tersebut. Kemudian sekitar 665.303 ha atau 99,37 % perkebunan karet di daerah itu merupakan perkebunan karet rakyat.

“Kami menunggu rencana peremajaan karet di Jambi supaya bisa kami alokasikan anggaran bantuan tahun depan. Anggaran peremajaan karet sekitar Rp 50 juta/ha. Peremajaan karet yang akan dilakukan perusahaan karet juga akan dibantu. Selain itu kami juga akan memfasilitasi kerja sama perusahaan karet dan petani karet di Jambi mengenai pemasaran hasil perkebunan karet,” kata Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo seusai meninjau pabrik karet (crumb rubber), PT Djambi di Kota Jambi, Provinsi Jambi, Sabtu (5/12/2020).

Menurut Syahrul Yasin Limpo, dirinya mendapat tugas darti Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersiapkan permodalan yang lebih khusus untuk peningkatan produksi dan kualitas karet. Peningkatan produksi dan kualitas karet tersebut mendesak dilakukan karena produksi dan kualitas karet Indonesia masih kalah dibanding produksi dan kualitas karet Thailand dan Vietnam.

“Indonesia harus mampu mempertahanan peringkat tiga besar dalam produksi dan kualitas karet di Asia Tenggara. Kalau bisa, Indonesia harus mampu mengungguli produksi dan kualitas karet Thailand dan Vietnam. Untuk itu keberadaan perusahaan karet di Indonesia yang masih mampu bertahan hingga saat akan mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat," katanya.

Syahrul Yasin Limpo mengatakan, perusahaan karet PT Djambi Waras Jambi termasuk salah satu perusahaan karet di Indonesia yang mampu bertahan di tengah kesulitan ekonomi dunia dan nasional akibat pendemi Covid-19. Karena itu perusahaan karet diJambi yang sudah berdiri sejak 1970 tersebut mendapat perhatian khusus pemerintah pusat.

“Perusahaan ini kini mampu melakukan kegiatan industri crumb rubber processor (pengolahan karet) dengan kapasitas produksi sebesar 61.000 ton per tahun . Hasil produksi olahan karet perusahaan karet ini diekspor ke beberapa negara di Eropa dan Asia. Jadi perusahaan karet di Jambi ini patut mendapat dukungan pmerintah agar tetap bisa berproduksi dan menampung hasil karet rakyat,”katanya.

Dikatakan, peremajaan karet di Jambi mendesak dilakukan agar petani dapat memasok kebutuhan bahan baku karet kepada perusahaan pengolahan karet. Kebuin karet yang sudah berusia 20 – 30 tahun di Jambi harus segera diremajakan demi kelangsungan hidup petani karet dan perusahaan.

“Peremajaan karet di Jambi sangat dibutuhkan. Saya sudah bertemu ketemu dengan para petani karet di Jambi. Mereka banyak mengeluhkan kesulitan pelakukan peremajaan karet tua. Petani tidak memiliki modal melakukan peremajaan karet. Kemudian bila melakukan peremajaan karet, petani karet akan kehilangan penghasilan karena mereka tidakmemilikiusaha tanilainnya,”katanya.

Sementara itu Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Restuardy Daud pada kesempatan tersebut mengatakan, peremajaan kebun karet rakyat di Jambi dilakukan secara bertahap setiap tahun. Peremajaan karet di Jambi tahun ini ditargetkan sekitar 950 ha.

“Peremajaan karet di Jambi dibantu pemerintah pusat melalui anggaran pendapatan dan belanja nasional (APBN). Kami berharap, bantuan pemerintah pusat untuk peremajaan karet di Jambi terus ditingkatkan. Selain itu jajaran Dinas Perkebunan Provinsi Jambi juga diminta segera menyusun rencana peremajaan karet Jambi tahun depan,”katanya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pascabanjir di Mebidang, 7.343 Orang Masih Mengungsi

Pembersihan permukiman warga yang terendam lumpur pascabencana banjir bandang di Desa Tanjung Selamat, Kecamatan Tuntungan, masih terus dilakukan petugas.

NASIONAL | 6 Desember 2020

Kompak Ingin Jadikan Medan Kota Religi, Ijeck Kawal Bobby di Debat Pilkada Putaran Terakhir

“Perdanya telah terbit 6 tahun yang lalu. Tapi sampai saat ini perwalnya yang menjadi petunjuk teknis pelaksanaannya belum ada,” kata Bobby.

NASIONAL | 6 Desember 2020

Waspadai Klaster Baru Covid-19 di Tengah Penanganan Bencana

"Virus corona ini tidak mengenal tempat dan toleransi dalam menjangkiti masyarakat," ujar Edy Rahmayadi

NASIONAL | 6 Desember 2020

Jadi Tersangka Suap Bansos, Mensos Juliari Abaikan Ultimatum KPK

Firli berharap kasus yang menjerat Juliari sebagai peringatan terakhir agar tidak ada lagi pihak yang melakukan korupsi dengan memanfaatkan pandemi Covid-19.

NASIONAL | 6 Desember 2020

Jerat 2 Menteri dalam 10 Hari, KPK Tidak Pandang Bulu

KPK berkomitmen menjalankan amanah dengan memberantas korupsi tanpa pandang bulu.

NASIONAL | 6 Desember 2020

Dua Menteri Ditangkap KPK, Pakar: Shock Therapy Pejabat Negara

Revisi UU KPK bukan berarti membuat KPK tidak bisa melakukan penindakan.

NASIONAL | 6 Desember 2020

Sungaipenuh Dominasi Pelanggaran Prorokol Kesehatan Selama Kampanye Pilkada

Tidak ada pelanggaran protokol kesehatan tersebut yang diproses secara hukum maupun denda materi.

NASIONAL | 6 Desember 2020

Selama Sepekan Terjadi 38 Kali Gempa di Sumut dan Aceh

Kekuatan gempa bervariasi dengan magnitudo terendah 2.0 dan terbesar magnitudo 4.9.

NASIONAL | 6 Desember 2020

Mensos Tersangka Suap, LPSK Minta Saksi Tidak Perlu Takut

Menurut Hasto, anggaran yang digelontorkan pemerintah pada program bansos corona cukup besar dan melibatkan banyak pihak sehingga rawan korupsi.

NASIONAL | 6 Desember 2020

Pengamat: 2 Menteri Ditahan KPK, Presiden Harus Evaluasi Kabinet

Penjelasan terbuka Presiden terhadap kabinet sangat diperlukan agar tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah tetap terjaga.

NASIONAL | 6 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS