Sahroni Tanya Keberadaan Rizieq Syihab
Logo BeritaSatu

Sahroni Tanya Keberadaan Rizieq Syihab

Kamis, 10 Desember 2020 | 21:33 WIB
Oleh : Tim Beritasatu.com / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi III DPR menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan para keluarga korban pengawal Muhammad Rizieq Syihab yang tewas dalam kejadian penembakan di jalan Tol Cikampek. RDPU berlangsung di ruang rapat Komisi III, gedung DPR, Jakarta, Kamis (10/12/2020).

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni melontarkan dua pertanyaan. Pertama, terkait informasi yang menyebut ada empat orang pengikut Rizieq melarikan diri. Kedua, menyangkut keberadaan Rizieq.

“Yang pertama untuk para keluarga korban saya turut berduka cita yang dalam. Bapak/Ibu perlu bersedih benar, bilamana ini terjadi dengan keluarga saya juga demikian, tetapi karena ini adalah negara hukum maka kita ikuti proses hukum yang dilakukan oleh kepolisian,” ujar Sahroni.

Sahroni pun menyebut, “Bapak/Ibu keluarga korban yang saya dengar ada 10 orang pendamping Muhammad Rizieq Syihab. Katanya yang empat orang kabur mengamankan Muhammad Rizieq Syihab. Mungkin apakah Bapak/Ibu kenal? Pernah enggak komunikasi dengan keluarga? Mungkin ini bisa dijawab oleh keluarga atau lawyer. Kemudian pertanyaan saya selanjutnya, ke mana Muhammad Rizieq Syihab berada?” kata Sahroni.

Pertanyaan itu lantas dijawab Wakil Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) sekaligus kuasa hukum FPI Aziz Yanuar. Aziz menyebut hanya ada enam orang yang menjadi korban terkait insiden itu. Namun, dia tidak menjawab pertanyaan terkait keberadaan Rizieq.

“Menurut saya, menurut info, hanya enam orang yang syahid, dan memang enam orang dalam satu mobil. Kalau dalam informasi dalam satu mobil ada 10 orang, tidak benar, itu saja,” katanya.

Pada kesempatan itu, Sahroni turut menyoroti penggunaan kata “pembantaian” yang digunakan keluarga korban. Dia meminta kata tersebut dikoreksi. “Saya ingin mengkoreksi terkait bahasa 'pembantaian' yang tadi keluarga korban sampaikan, karena sampai hari ini, sampai detik ini, polisi belum menyampaikan secara lugas tentang kejadian di jalan tol,” tegasnya.

Dia menambahkan Komisi III akan terus berupaya menyampaikan aspirasi dari keluarga korban untuk mencari keadilan. “Kita enggak mau negara ini porak-poranda, pecah belah atas informasi yang belum tepat untuk disampaikan. Minimal kita dalam konteks Komisi III akan menerima keluhan Bapak/Ibu untuk mencari keadilan,” ucapnya.

Sementara itu, kakak dari almarhum Muhammad Reza, Septi menyatakan pihaknya memang ingin menuntut keadilan. “Saya minta seadil-adilnya, nyawa dibayar nyawa. Adik saya enggak pernah membawa senjata, adik saya keamanan di rumah sebagai hansip, tidak pernah bawa pentungan apa lagi senjata,” katanya.

Merespons itu, Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa menegaskan Indonesia merupakan negara hukum, tidak bisa asal main “nyawa dibayar nyawa”. “Kalau darah bayar darah bukan negara hukum namanya, itu perang ya, itu di luar kemampuan Komisi III,” ujar Desmond.

Sementara itu, korban bernama Qadhavi disebut sempat memeluk ibunya sebelum berangkat mengawal Rizieq. Hal itu disampaikan saudaranya, Anandra. “Adik saya itu salaman dengan ibu, dipeluk, dia minta izin, 'mah doain dede ya'. Biasanya dia tak mau dipeluk, mungkin karena gede merasa malu,” kata Anandra.

Menurutnya, Qadhavi hendak ke Megamendung. Dikatakan, pihak keluarga sempat video call dengan Qadhavi. Saat itu yang bersangkutan disebut masih sehat dan tersenyum. Kemudian pada Senin (7/12/2020), perwakilan FPI datang menanyakan keberadaan Qadhavi.

Pada kesempatan itu, keluarga Andi Oktiawan menjelaskan bahwa pihaknya tak yakin saudaranya membawa senjata saat mengawal Rizieq. “Soal mereka laskar khusus, saya tak tahu. Mungkin 'khusus' maksudnya dini khusus ditugaskan oleh Imam (Rizieq). Soal pistol, kayaknya semua sudah tahu harganya berapa. Mereka ini sukarela. Beli baju saja pakai mencicil. Bagaimana mereka bisa beli senjata?” ujar perwakilan keluarga.



Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Almisbat: Hukum Harus Ditegakkan bagi Rizieq Syihab

Almisbat menyerukan sekaligus mendukung upaya Polri untuk dapat lebih bersikap tegas terhadap Rizieq Syihab.

NASIONAL | 10 Desember 2020

Upaya Seameo Centre Wujudkan Semangat Merdeka Belajar

Seameo Centre Indonesia membeberkan berbagai upaya untuk mewujudkan Merdeka Belajar.

NASIONAL | 10 Desember 2020

Ditetapkan Sebagai Tersangka, Ini Respons Rizieq Syihab

Terkait dengan rencana penjemputan paksa, kuasa hukum minta pihak kepolisian untuk mengedepankan hak-hak humanis Rizieq Syihab.

NASIONAL | 10 Desember 2020

Membangkitkan Kembali Agribisnis Nanas Tangkit Muarojambi di Tengah Pandemi

“Untuk saat ini, di masa pandemi, pemilik UMKM dodol nanas meningkatkan memasarkan produk mereka secara online (digital),” katanya.

NASIONAL | 10 Desember 2020

Gunung Merapi Alami 24 Kali Gempa Guguran

Gunung Merapi mengalami 24 kali gempa guguran selama periode pengamatan pada Rabu (9/12) mulai pukul 00.00-24.00 WIB.

NASIONAL | 10 Desember 2020

Penggunaan Sirekap pada Pilkada Serentak di Banten Berjalan Lancar

Penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) pada Pilkada serentak 2020 wajib dilakukan oleh KPU sebagai penyelenggara pemilu.

NASIONAL | 10 Desember 2020

IFaS-Fest 2020, Ajang Kreatif Adaptasi Kebiasaan Baru

Ajang kompetisi tahunan kali ketiga ini bertujuan mengembangkan inovasi dalam meningkatkan kualitas layanan publik

NASIONAL | 10 Desember 2020

Indeks HAM 2020 Menurun

Indeks Hak Asasi Manusia (HAM) Indonesia pada tahun 2020 mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2019.

NASIONAL | 10 Desember 2020

Penembakan Pengawal Rizieq, Bareskrim Periksa Saksi dan Ahli

Dit Tipidum Bareskrim telah memeriksa sejumlah saksi dan ahli dalam penembakan 6 pengawal Rizieq Syihab yang mati tertembak di rest area KM 57 tol Japek.

NASIONAL | 10 Desember 2020

Kemsos Klaim 97% Bantuan Sosial Tunai Telah Disalurkan Lewat Pos Indonesia

Kemsos optimistis penyaluran BST tahap 9 akan mencapai angka sempurna, 100%.

NASIONAL | 10 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS