Logo BeritaSatu

Kebutuhan Pustakawan Tidak Sebanding dengan Jumlah Lulusan

Kamis, 10 Desember 2020 | 21:36 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) berkomitmen menjalin kolaborasi dan sinergisitas dengan penyelenggara pendidikan formal untuk menciptakan pustakawan yang berkualitas. Pustakawan berkualitas dibutuhkan agar dapat memberikan layanan dan pengelolaan perpustakaan yang prima bagi pemustaka.

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando mengatakan, kebutuhan pustakawan di Indonesia tidak sebanding dengan jumlah lulusan dari jurusan ilmu perpustakaan perguruan tinggi. Saat ini di Indonesia, perguruan tinggi yang memiliki program studi (Prodi) Ilmu Perpustakaan dan Informasi untuk jenjang Diploma (D3) sebanyak 13 perguruan tinggi dan jenjang sarjana (S1) hanya 33 perguruan tinggi.

"Ini yang menjadi tantangan, kalau kita ingin menciptakan pustakawan profesional dalam jumlah yang memadai. Kalau kita lihat data, masih terbatas jumlah tenaga fungsional pustakawan di Indonesia,” kata Syarif Bando dalam webinar Sinergisitas Pendidikan Formal dan Non-Formal dalam Mewujudkan Pustakawan Berkualitas, Kamis (10/12/2020).

Menurut Syarif Bando, sinergisitas sangat dibutuhkan untuk pengembangan kompetensi pustakawan. Hal itu, lanjutnya, sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan yang menyatakan, pendidikan untuk pembinaan dan pengembangan dilaksanakan melalui pendidikan formal dan non-formal.

"Inilah pentingnya melakukan sinergitas untuk merancang pendidikan dan pelatihan untuk menjemput era digital teknologi saat ini. Tidak mungkin kami bisa merumuskan tanpa partisipasi dari perguruan tinggi untuk merancang silabus, karena kita juga perlu melakukan diklat untuk mempersiapkan pustakawan menghadapi perubahan di mana akan banyak pekerjaan-pekerjaan yang hilang,” tegasnya.

Syarif Bando menambahkan, dalam mendukung sinergisitas dengan perguruan tinggi, Perpusnas siap memfasilitasi para akademisi dan praktisi di perguruan tinggi untuk membagikan ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat. "Adapun fasilitasi yang diberikan melalui layanan seminar berbasis daring yang bisa menampung hingga 1.000 peserta," tandasnya.

Dosen Ilmu Perpustakaan Universitas Padjadjaran (Unpad), Agus Rusmana mengungkapkan, seorang pustakawan dalam menjalankan tugasnya, harus menerapkan antara teori yang diterima di kampus dengan praktik di lapangan.

"Teori sangat mendukung dari kebaruan yang ada dan dapat menjadi solusi dari masalah yang berkembang. Dengan penerapan teori dan praktik ketika bertugas, pekerjaan yang dilakukan oleh pustakawan dapat lebih dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Dosen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Indonesia (UI), Luki Wijayanti menjelaskan, setiap program studi Ilmu Perpustakaan di perguruan tinggi memiliki keunikan tersendiri. "Karenanya, sinergisitas harus dilaksanakan berdasarkan keunikan tersebut agar bisa dikembangkan menjadi potensi yang membuatnya semakin kuat,” jelasnya.

Luki menambahkan, apa yang menjadi keunggulannya sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, menyusun kurikulum secara bersama sekaligus mekanisme pemetaan pada mata kuliah, harus dibuat kajian kebutuhannya.

"Kemudian, bagaimana penyelenggaraan program pelatihannya yang mungkin tidak masuk dalam kurikulum dan berkolaborasi dalam penyelenggaraan diklat,” tambahnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Pilih Pj Gubernur Pengganti Anies dalam Waktu Singkat

Presiden Jokowi memutuskan Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies dalam kurun waktu tiga hari saja.

NEWS | 7 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Soroti Penggunaan Gas Air Mata

Presiden Jokowi memperhatikan penggunaan gas air mata yang dilakukan personel kepolisian saat terjadinya Tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Baim Wong Mengeklaim Spontan Buat Konten Prank KDRT

Baim Wong mengeklaim spontan membuat konten prank KDRT bersama istrinya Paula Verhoeven. Konten prank KDRT itu membuat Baim Wong diperiksa polisi.

NEWS | 7 Oktober 2022

2 Jam Diguyur Hujan, Kota Bekasi Dikepung Banjir

Hujan yang mengguyur Kota Bekasi dan sekitarnya selama dua jam tadi menyebabkan sejumlah ruas jalan dan perumahan di Kota Bekasi terendam banjir.

NEWS | 7 Oktober 2022

Diperiksa soal Prank KDRT, Baim Wong Dicecar 25 Pertanyaan

Baim Wong dicecar dengan 25 pertanyaan oleh penyidik Polres Jakarta Selatan saat diperiksa terkait prank KDRT yang dilakukannya bersama Paula Verhoeven.

NEWS | 7 Oktober 2022

Disdik Jabar Bantah Ada Diskriminasi di SMAN 2 Depok

Disdik Jabar membantah adanya diskriminasi terhadap pelajar beragama Kristen di SMAN 2 Depok.

NEWS | 7 Oktober 2022

Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspadai 7 Penyakit Menular

Masyarakat diminta mewaspadai dampak yang timbul dari musim hujan seperti munculnya beberapa penyakit menular.

NEWS | 7 Oktober 2022

Penerbangan Langsung Rute Toraja-Balikpapan Dibuka

Penerbangan langsung atau direct flight Toraja menuju Balikpapan, maupun dari Balikpapan ke Toraja mulai beroperasi, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 7 Oktober 2022

Kapolri Dukung Penuh Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendukung sepenuhnya "Gerakan Bangga Buatan Indonesia". 

NEWS | 7 Oktober 2022

Jokowi Kaget Masyarakat Habiskan Rp 100 T Berobat ke Luar Negeri

Presiden Jokowi mengaku kaget masyarakat Indonesia menghabiskan dana US$ 6 miliar atau hampir Rp 100 triliun setiap tahunnya untuk berobat ke luar negeri.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Pilih Pj Gubernur Pengganti Anies dalam Waktu Singkat

Jokowi Pilih Pj Gubernur Pengganti Anies dalam Waktu Singkat

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings