Penghitungan Sirekap KPU, Petahana dan Dinasti di Cilegon Tumbang
Logo BeritaSatu

Penghitungan Sirekap KPU, Petahana dan Dinasti di Cilegon Tumbang

Senin, 14 Desember 2020 | 22:17 WIB
Oleh : Laurens Dami / YUD

Cilegon, Beritasatu.com - Calon petahana (incumbent) sekaligus keluarga dinasti politik Tubagus Aat Syafaat di Pilkada Kota Cilegon yakni Ratu Ati Marliati dan Sokhidin tumbang berdasarkan perhitungan versi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ratu Ati Marliati yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Cilegon, merupakan putri dari almarhum Tubagus Aat Syafaat yang merupakan wali kota Cilegon dua periode. Almarhum Tubagus Aat Syafaat merupakan wali kota pertama di Kota Cilegon. Selanjutnya, kepemimpinan di Cilegon diganti oleh Iman Ariyadi yang merupakan putra dari almarhum Tubagus Syafaat.

Iman Ariyadi tersandung kasus suap pada tahun 2017 lalu, sehingga wakilnya Edi Aryadi diangkat menjadi Wali Kota Cilegon. Sementara kakak Iman Ariyadi yakni Ratu Ati Marliati, mendapat dukungan dari Partai Golkar diangkat menjadi Wakil Wali Kota Cilegon.

Berdasarkan Sirekap KPU di situs https://pilkada2020.kpu.go.id, Senin (14/12/2020) data penghitungan suara dari tempat pemungutan suara (TPS) sudah masuk 100 persen.

Mengacu pada Sirekap KPU, yang keluar sebagai pemenang Pilkada Kota Cilegon adalah pasangan nomor urut 4 yakni Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta yang didukung oleh Partai Berkarya dan PKS, dengan perolehan suara sebesar 34.4 persen.

Sedangkan calon petahana Ratu Ati Marliati-Sokhidin dengan nomor urut 2, hanya memperoleh sebesar 29,7 persen suara. Pasangan ini didukung oleh Parta Golkar, PKB, Partai Gerindra dan Nasdem.

Sementara dua pasangan calon lainnya yakni Ali Mujahidin-Firman Mutakin dengan nomor urut 1 dari jalur independen hanya memperoleh sebanyak 21,6 persen suara.

Kemudian, pasangan calon dengan nomor urut 3, yakni Iye Iman Rohiman-Awab yang didukung oleh PPP, PAN dan Partai Demokrat hanya memperoleh sebesar 14,3 persen suara.

Jika dibandingkan dengan tiga daerah lain di Banten yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2020, seperti Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kota Tangerang Selatan, pasangan calon petahana semuanya unggul.

Komisioner KPU Banten Eka Setya Laksmana mengatakan, hasil tersebut pasti sama dengan hasil rekapitulasi secara manual yang dilakukan oleh KPU.

“Rekap manual sudah selesai di semua kecamatan, cuma upload-nya belum selesai. Hasilnya mah pasti sama,” kata Eka, Senin (14/12/2020)

Untuk Pilkada Kabupaten Serang calon petahana Ratu Tatu Chadanah dan Pandji Tirtayasa unggul sementara 63,4 persen. Sementara calon penantangnya Nasrul Ulum dan Eki Baehaki mendapatkan 36,6 persen.

Hasil ini berdasarkan data sementara yang dikumpulkan dari 2.994 TPS dari total sebanyak 3.065 TPS di Kabupaten Serang atau sudah mencapai 97,68 persen.

Sementara, Pilakada Pandeglang calon petahana Irna Narulita dan Tanto Warsono Arban unggul dengan perolehan suara 63,6 persen. Calon penantang Thoni Fatoni Mukson-Miftahul Tamamy mendapatkan 36,4 persen.

Hasil ini berdasarkan data sementara yang dikumpulkan dari 2.210 TPS dari total keseluruhan di Pandeglang sebanyak 2.243 TPS atau sudah mencapai 98,53 persen.

Lalu di Pilkada Tangerang Selatan calon petahana Benyamin Davnie-Pilar Saga unggul dengan perolehan suara 41,1 persen, posisi kedua pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati mendapatkan 35,3 persen dan terakhir Siti Nurazizah-Ruhamaben mendapatkan 23,6 persen.

Hasil ini berdasarkan data sementara yang dikumpulkan dari 2.777 TPS dari total keseluruhan di Tangerang Selatan sebanyak 2.963 TPS atau sudah mencapai 93,72 persen.

Data yang ditampilkan dalam menu hitung suara ini adalah data hasil foto formulir model C hasil K-KWK yang dikirim oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melalui Sirekap.

Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

Apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C hasil-KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap websiten tingkat kecamatan.

Data yang ditampilkan pada menu hitung suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Selasa, Bupati Bogor Jalani Pemeriksaan Kerumunan Megamendung

Bupati Bogor akan menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Barat, terkait kerumunan FPI di Megamendung, Bogor, November silam.

NASIONAL | 14 Desember 2020

Pemerintah Larang Kerumunan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Hal ini untuk mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19 pasca libur Natal dan Tahun Baru 2021.

NASIONAL | 14 Desember 2020

PVK Award 2020 Berikan Penghargaan Insan Pariwisata

PVK menggelar event pemberian penghargaan kepada seluruh instansi yang berkecimpung di bidang industri pariwisata lewat ajang PVK Award 2020.

NASIONAL | 14 Desember 2020

Bobby Pemimpin Semua Golongan, MUI Kawal Program Keumatan

Bobby juga mendapatkan nasihat saat bersilaturahmi dengan Ketua MUI Kota Medan, HM Hatta.

NASIONAL | 14 Desember 2020

32 Perusahaan Terima Anugerah Proper Emas dari Kementerian LHK

Prinsip untuk membangun kepedulian untuk berbagi menjadi penting terutama di masa pandemi.

NASIONAL | 14 Desember 2020

Polisi Masih Kejar Empat Laskar FPI

Polisi masih mengejar empat laskar Front Pembela Islam (FPI) yang melarikan diri usai insiden bentrok di kawasan Cikampek, Karawang, Jawa Barat.

NASIONAL | 14 Desember 2020

Risma: Belum Ada yang Menawari Saya Jadi Menteri Sosial

Risma menambahkan, tidak langsung begitu saja menyatakan kesanggupannya, jika ada tawaran jabatan. Yang bisa mengukur kemampuannya adalah dia sendiri.

NASIONAL | 14 Desember 2020

Komnas HAM Hormati Rekonstruksi Polri

Komnas HAM menyatakan menghormati proses rekonstruksi yang dilakukan kepolisian terkait bentrokan antara anggota kepolisian dengan Laskar FPI.

NASIONAL | 14 Desember 2020

Hari Pencoblosan, Sirekap Bisa Tampilkan 52,8 Persen Perhitungan di TPS

KPU menyebut pada hari pencoblosan Pilkada Serentak tanggal 9 Desember 2020 lalu, ada 52,8 persen hasil perhitungan di TPS bisa tampil di aplikasi Sirekap.

NASIONAL | 14 Desember 2020

Dubes RI untuk Kenya Kunjungi Pabrik Indomie di Kota Mombasa

Dubes RI untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin didampingi Ibu Zulfah Nahdliyati Saripudin beserta staf KBRI Nairobi mengunjungi pabrik Indomie di Kenya.

NASIONAL | 14 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS