8 Universitas di Selandia Baru Tawarkan Beasiswa Rp 2,9 Miliar
Logo BeritaSatu

8 Universitas di Selandia Baru Tawarkan Beasiswa Rp 2,9 Miliar

Senin, 14 Desember 2020 | 22:49 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Selandia Baru bersama dengan NCUK, the University Consortium dan delapan universitas di Selandia Baru, meluncurkan program kemitraan yang memungkinkan siswa di Indonesia untuk memulai program pra-kuliah (pathway qualifications) pada 2021.

Program tersebut juga menawarkan beasiswa sebesar lebih dari NZ$ 300.000 atau setara dengan Rp 2,9 miliar per tahun untuk program pra-kuliah dari delapan Universitas di Selandia Baru yang masuk dalam 3 persen teratas perguruan tinggi terbaik dunia oleh QS World University ranking.

Delapan universitas tersebut adalah Auckland University of Technology, The University of Auckland, University of Canterbury, Lincoln University, Massey University, University of Otago, Victoria University of Wellington, dan The University of Waikato.

Menteri Pendidikan Selandia Baru, Chris Hipkins mengatakan, inisiatif yang inovatif ini memberikan kesempatan bagi siswa di seluruh dunia untuk mendapatkan lebih banyak pilihan dan fleksibilitas dalam hal bagaimana dan kapan mereka memperoleh pendidikan yang berkualitas tinggi di Selandia Baru.

"Ini juga mencontohkan bahwa pendidikan di Selandia Baru berkualitas tinggi, gesit, berfokus pada masa depan, dan berfokus pada siswa,” ungkap Chris Hipkins dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Senin (14/12/2020).

Sistem pendidikan di Selandia Baru menempati peringkat pertama dunia di antara negara-negara berbahasa Inggris lainnya dan memberikan persiapan pendidikan yang paling baik bagi siswa untuk menyongsong masa depan, menurut Worldwide Educating for the Future Index dari Economist Intelligence Unit (EIU).

Program pra-kuliah di Indonesia akan diluncurkan melalui tiga pusat pendidikan, yaitu BPK Penabur Jakarta - SMAK Kelapa Gading Internasional, i3L School of Business, dan TM College. Siswa di Indonesia bisa mendaftar untuk memulai program pra kuliah secara langsung ke salah satu dari tiga pusat pendidikan tersebut mulai dari Desember 2020.

Kepala Eksekutif NCUK, Profesor John Brewer menjelaskan, program tersebut memberikan pilihan tambahan bagi siswa yang sedang mempertimbangkan lokasi studi dengan keadaan pembatasan perjalanan internasional di masa pandemi Covid-19.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan pemerintah Selandia Baru dan perguruan tinggi di Selandia Baru dalam inisiatif ini. Tentunya hal ini menambah rekam jejak lebih dari 30 tahun kami telah berhasil untuk menempatkan lebih dari 35.000 siswa di perguruan tinggi terkemuka dunia di seluruh dunia,” tutup Brewer.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Jawaban di Masa Pandemi

Konsep inklusi sosial dilakukan dengan melibatkan peran aktif masyarakat lewat bermacam aktivitas.

NASIONAL | 14 Desember 2020

Pengamat: Seorang Pendidik Tidak Boleh Berpikiran Sempit

Pengamat pendidikan Darmaningtyas mengatakan banyak guru-guru di Jakarta yang masih dirasuki pikiran sempit.

NASIONAL | 14 Desember 2020

Penghitungan Sirekap KPU, Petahana dan Dinasti di Cilegon Tumbang

Ratu Ati Marliati dan Sokhidin tumbang berdasarkan perhitungan versi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum.

NASIONAL | 14 Desember 2020

Selasa, Bupati Bogor Jalani Pemeriksaan Kerumunan Megamendung

Bupati Bogor akan menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Barat, terkait kerumunan FPI di Megamendung, Bogor, November silam.

NASIONAL | 14 Desember 2020

Pemerintah Larang Kerumunan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Hal ini untuk mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19 pasca libur Natal dan Tahun Baru 2021.

NASIONAL | 14 Desember 2020

PVK Award 2020 Berikan Penghargaan Insan Pariwisata

PVK menggelar event pemberian penghargaan kepada seluruh instansi yang berkecimpung di bidang industri pariwisata lewat ajang PVK Award 2020.

NASIONAL | 14 Desember 2020

Bobby Pemimpin Semua Golongan, MUI Kawal Program Keumatan

Bobby juga mendapatkan nasihat saat bersilaturahmi dengan Ketua MUI Kota Medan, HM Hatta.

NASIONAL | 14 Desember 2020

32 Perusahaan Terima Anugerah Proper Emas dari Kementerian LHK

Prinsip untuk membangun kepedulian untuk berbagi menjadi penting terutama di masa pandemi.

NASIONAL | 14 Desember 2020

Polisi Masih Kejar Empat Laskar FPI

Polisi masih mengejar empat laskar Front Pembela Islam (FPI) yang melarikan diri usai insiden bentrok di kawasan Cikampek, Karawang, Jawa Barat.

NASIONAL | 14 Desember 2020

Risma: Belum Ada yang Menawari Saya Jadi Menteri Sosial

Risma menambahkan, tidak langsung begitu saja menyatakan kesanggupannya, jika ada tawaran jabatan. Yang bisa mengukur kemampuannya adalah dia sendiri.

NASIONAL | 14 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS