Logo BeritaSatu

363 Tenaga Medis Meninggal, IDI Sebut Salah Satu Dampak Pilkada

Selasa, 15 Desember 2020 | 16:27 WIB
Oleh : Dina Manafe / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Jumlah tenaga medis yang meninggal dunia terus bertambah. Menurut Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), aktivitas masyarakat yang berkerumun tidak hanya berdampak pada melonjaknya penderita Covid-19 tapi juga kematian tenaga medis dan kesehatan. Kerumunan tersebut salah satunya adalah agenda pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Tim Mitigasi IDI mengumumkan sejak Maret hingga 5 Desember 2020 pukul 16.20 WIB terdapat total 363 petugas medis dan kesehatan yang meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19. Mereka terdiri dari 202 dokter, 15 dokter gigi, dan 146 perawat.

Para dokter yang meninggal tersebut terdiri dari 107 dokter umum (4 guru besar), dan 92 dokter spesialis (7 guru besar), serta 2 residen, dan 1 dalam verifikasi yang keseluruhannya berasal dari 24 IDI wilayah (provinsi) dan 92 IDI cabang kota/kabupaten.

Berdasarkan data propinsi, Jawa Timur memiliki angka kematian tenaga medis tertinggi, yaitu 41 dokter, 2 dokter gigi, dan 40 perawat. Disusul DKI Jakarta sebanyak 32 dokter, 5 dokter gigi dan 21 perawat. Lalu Sumatra Utara 24 dokter dan 3 perawat. Jawa Barat 19 dokter, 4 dokter gigi, dan 19 perawat. Jawa Tengah 21 dokter dan 21 perawat. Sulawesi Selatan 7 dokter dan 3 perawat. Banten 7 dokter dan 2 perawat. Aceh 6 dokter dan 2 perawat. Kalimantan Timur 5 dokter dan 3 perawat serta disusul provinsi lainnya.

Ketua Tim Mitigasi PB IDI, Adib Khumaidi, mengatakan kenaikan jumlah kematian tenaga medis dan tenaga kesehatan ini merupakan salah satu dampak dari peningkatan jumlah penderita Covid-19 baik yang dirawat maupun yang orang tanpa gejala.

“Pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang baru saja selesai juga menjadi potensi fluktuasi naiknya angka penularan Covid-19,” kata Adib melalui keterangan pers, Selasa (15/12/2020).

Oleh karena itu, masyarakat, kepala daerah serta pendukungnya diimbau untuk menghindari proses aktifitas yang melibatkan berkerumunnya massa. Diimbau untuk memeriksakan kesehatannya apabila terdapat gejala, dan melakukan testing meskipun juga tanpa gejala. Juga mengimbau tenaga medis dan kesehatan agar tetap waspada dan tetap menggunakan alat pelindung diri (APD) dalam menjalankan tugas.

Tim Mitigasi IDI juga berharap para pemimpin daerah yang terpilih untuk memrioritaskan penanganan pandemi Covid dengan meningkatkan upaya preventif dan kemampuan layanan fasilitas kesehatan seraya melindungi para tenaga medis dan kesehatan.

Meskipun vaksin Covid-19 kini sudah tersedia vaksin, menurut Adib, untuk perlindungan maksimal setiap orang harus tetap menjalankan protokol kesehatan karena situasi penularan Covid-19 di Indonesia saat ini sudah tidak terkendali. Tingginya lonjakan pasien Covid-19 serta angka kematian tenaga medis dan tenaga kesehatan menjadi peringatan kepada kita semua untuk tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan (3M), yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun sesering mungkin.

“Dengan mengabaikan protokol kesehatan, maka Anda tidak hanya mengorbankan keselamatan diri sendiri namun juga keluarga dan orang terdekat termasuk orang di sekitar. Pandemi ini akan berlalu dengan kerjasama seluruh pihak,” ucap Adib.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) mengatakan, selain menjaga imunitas tubuh, juga harus memperhatikan kebersihan gigi dan mulut untuk menghindari penularan Covid-19. Kebersihan mulut dan gigi sangat penting, mengingat penularan utama Covid-19 adalah melalui droplet atau cairan dari mulut. Tetap gunakan masker baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, rajin mencuci tangan, dan jaga jarak.

Sementara Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Harif Fadhilah, mengingat risiko tinggi penularan Covid-19 di puskesmas. Menurut Harif, kebanyakan tenaga perawat yang meninggal adalah yang memberikan pelayanan di rumah sakit. Terbanyak kedua adalah perawat yang melayani di puskesmas.

“Hal ini menandakan bahwa Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama masih memiliki perlindungan yang kurang memadai bagi tenaga kesehatan,” kata Harif.

PPNI berharap pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan dinas kesehatan daerah setempat bertanggung jawab terhadap pelayanan puskesmas. Perlu ditingkatkan perlindungan di fasilitas kesehatan tersebut dengan menyediakan alat pelindung diri dengan jumlah yang memadai serta perlengkapan fasilitas lainnya untuk mengatasi jumlah lonjakan pasien Covid yang saat ini banyak terjadi di hampir semua wilayah di Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anggaran Shadow Team Bersumber dari Kemendikbudristek

Anggaran shadow team atau tim bayangan Menteri Nadiem Makarim bersumber dari anggaran Kemendikbudristek.

NEWS | 29 September 2022

Febri Diansyah Bela Sambo-Putri, ICW: Langkah yang Gegabah

ICW menyoroti langkah eks Jubir KPK Febri Diansyah yang bergabung dalam tim kuasa hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

NEWS | 29 September 2022

Solusi Dua Negara Israel dan Palestina Harus Terus Disuarakan

Solusi dua negara Israel dan Palestina dengan posisi yang setara harus terus disuarakan, demi terciptanya perdamaian di kawasan Timur Tengah.

NEWS | 29 September 2022

PGRI Dorong Penuntasan Tunjangan Profesi bagi 1,6 Juta Guru

PGRI mendorong pemerintah melalui Kemendikbudristek guna menuntaskan 1,6 juta guru yang belum mendapatkan tunjangan profesi.

NEWS | 29 September 2022

Satgas Berupaya Evakuasi Terduga Teroris DPO MIT Poso

Personel kepolisian berusaha mengevakuasi jasad terduga teroris Askara alias Pak Guru yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Mujahidin Indonesia Timur.

NEWS | 29 September 2022

Ibunda Brigadir J Harap Penegak Hukum Bekerja Jujur

Ibunda Brigadir J, Rosti Simanjuntak berharap penegak hukum bekerja dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya.

NEWS | 29 September 2022

Mbah Mijan Sebut Lesti Kejora dan Rizky Billar Jodoh Panjang, Warganet Bereaksi

"Lesti Kejora dan Rizky Billar berjodoh panjang, Mbah doakan yang terbaik," kata Mbah Mijan dalam akun Twitter pribadinya.

NEWS | 29 September 2022

HT Dikukuhkan Jadi Ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso

Ketua UmumPerindo Hary Tanoesoedibjo (HT) dikukuhkan sebagai ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso (Apmiso) Nusantara.

NEWS | 29 September 2022

PGRI Minta UU Guru dan Dosen Dikeluarkan dari RUU Sisdiknas

PB PGRI meminta pemerintah untuk mengeluarkan Undang-Undang Guru dan Dosen dari Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas).

NEWS | 29 September 2022

Pertemuan Airlangga dan Puan Akan Buka Peluang Koalisi PDIP-KIB

Pertemuan Airlangga-Puan akan membuka peluang koalisi PDIP dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KDRT Lesti Kejora, Kolom Komentar Instagram Rizky Billar Diserbu Netizen

KDRT Lesti Kejora, Kolom Komentar Instagram Rizky Billar Diserbu Netizen

LIFESTYLE | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings