Logo BeritaSatu

Penerapan Sistem Digital Ciptakan Pemerintahan Efektif dan Efisien

Rabu, 16 Desember 2020 | 16:39 WIB
Oleh : Yeremia Sukoyo / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Penerapan sistem teknologi digital membuat efektif dalam menjalankan sebuah roda pemerintahan. Namun demikian, secanggih apapun penerapan sistem teknologi tidak akan berjalan efektif jika tidak ditanamkan benih integritas kepada seluruh pelaksananya.

"Teknologi sangat penting untuk melakukan digitalisasi sebuah pemerintahan untuk efektivitas sebuah pekerjaan," kata Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, dalam zoom event Indonesia Digital Conference 2020 'Inovasi Beyond Pandemi', yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) secara virtual, Rabu (16/12/2020).

Menurut Andi, dalam menjalankan pemerintahan di daerah, pihaknya telah menjalankan pemerintahan by design, yaitu menerapkan kemajuan teknologi digital untuk mempermudah menjalankan pemerintahan.

"Kita melakukan sistem pemerintahan yang betul-betul menyentuh masyarakat. Kita menjalankan sistem pemerintahan by design. Kita hanya me-running sebuah sistem. Sistem yang bergerak di pemerintahan kita," ujarnya.

Penerapan sistem teknologi digital yang digunakan, salah satunya yaitu melalui aplikasi Baruga. Aplikasi tersebut merupakan sistem dimana masyarakat bisa menyampaikan laporan terkait apa yang terjadi di masyarakat.

"Pertama melalui Baruga. Baruga tempat orang menjalankan laporan-laporan masyarakat. Ini inovasi sistem teknologi yang terintegrasi dengan sistem lapor yang dimiliki pemerintahan," ungkapnya.

Di dalam sistem tersebut, kata Andi, juga dilengkapi dengan grafik penyelesaian masalah yang dilaporkan masyarakat. Selain itu, Baruga juga dilengkapi dengan live chat, verifikasi e-KTP hingga menjadi salah satu tempat untuk mensosialisasi even-event pemerintah daerah.

"Kami juga ada program Neni si Linca, ini adalah program yang keluar di masa pandemi. Di kami terlalu banyak orang mengantre untuk persoalan masalah untuk meminta rekomendasi penelitian mahasiswa yang ada. Ini tidak ada lagi," ujarnya.

Kemudian, dijelaskan Andi, ada lagi sistem informasi digital Panrita Optima yang berhubungan dengan pendidikan. Semua program tersebut tidak lain menggunakan pendekatan teknologi yang digunakan sesuai kebutuhan yang ada.

Di dalam reformasi birokrasi pembenahan sistem internal, di Sulsel juga menerapkan smart office. Sejak penerapan sistem smart office, tidak ada lagi penumpukan surat terkait persoalan yang ada di masyarakat.

"Sebelumnya menumpuk banyak sekali persoalan. Tetapi setelah kita buat namanya smart office bagaimana mendisposisi surat. Semuanya by system. Dengan smart office, sistem persuratan kami lebih teratur dan online," ujarnya.

Revitalisasi lainnya yang diterapkan Sulsel seperti eSakip, Simpeg, Peta Investasi Sumsel, eMonev TGUPP, Simap, e-Sertifikat. Semua adalah implementasi atau penerapan sistem informasi digital untuk melayani masyarakat secara efektif dan efisien.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Kumulatif dan Suspek Covid-19 sampai 29 September 2022

Infografik kasus positif kumulatif dan suspek Covid-19 sampai 29 September 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 29 September 2022

Data Kematian Covid-19 di Indonesia sampai 29 September 2022

Infografik kematian Covid-19 di Indonesia sampai 29 September 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 29 September 2022

Polri Sebut Isu Konsorsium 303 Sejauh Ini Belum Terbukti

Polri menyebut isu konsorsium 303 atau isu jaringan judi online yang terkait dengan Ferdy Sambo sejauh ini tidak terbukti.

NEWS | 29 September 2022

Perang Ukraina Masih Sengit, Putin Ngotot Deklarasi Kemenangan

Di Donetsk, wilayah timur Ukraina, hanya 60% wilayah yang dikuasai pasukan Rusia.

NEWS | 29 September 2022

Dicekik dan Dibanting, KDRT yang Dilakukan Rizky Billar Terhadap Lesti Kejora

Polisi membeberkan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan Rizky Billar terhadap Lesti Kejora.

NEWS | 29 September 2022

Ferdy Sambo dan Putri Bakal Buka-Bukaan di Persidangan, Kamaruddin: Terlambat

Kamaruddin Simanjuntak menilai sudah terlambat bagi Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi untuk buka-bukaan terkait tewasnya Brigadir J di persidangan.

NEWS | 29 September 2022

Kasus Brigadir J, Vera Minta Tersangka Pembunuh Kekasihnya Dihukum Adil

Vera Simanjuntak, kekasih Brigadir J, meminta agar tersangka pembunuhan berencana terhadap kekasihnya mendapat hukuman seadil-adilnya.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM: Hak Kesehatan Lukas Enembe Harus Diperhatikan

Komnas HAM menegaskan bahwa hak kesehatan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe harus tetap menjadi perhatian semua pihak.

NEWS | 29 September 2022

SMRC: Ganjar, Anies, dan Prabowo Beri Efek Positif pada Elektabilitas PDIP

Elektabilitas PDIP mengalami peningkatan signifikan apabila mengusung Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, termasuk Prabowo Subianto sebagai capres.

NEWS | 29 September 2022

Putin Besok Resmikan Bergabungnya 4 Wilayah Ukraina ke Rusia

Presiden Putin akan mengadakan upacara penandatanganan di Kremlin pada Jumat besok untuk menambahkan empat wilayah Ukraina ke Rusia.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Infrastruktur Era Jokowi Solusi Tingkatkan Daya Saing

Infrastruktur Era Jokowi Solusi Tingkatkan Daya Saing

EKONOMI | 16 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings