Logo BeritaSatu

PDIP Gagal Sapu Bersih Kemenangan Pilkada di Bali

Kamis, 17 Desember 2020 | 12:30 WIB
Oleh : I Nyoman Mardika / JEM

Denpasar, Beritasatu.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) gagal menyapu bersih kemenangan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di Bali. Dari enam kabupaten yang menggelar pilkada, PDIP unggul di lima pilkada, sedangkan satu pilkada yakni pemilihan bupati dan wakil bupati Jembaran, PDIP gagal meraih kemenangan.

Lima pilkada yang berhasil diungguli PDIP adalah pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Tabanan, Badung, Bangli, Karangasem, serta pemilihan wali kota dan wakil wali kota Denpasar.

Berdasarkan hasil penghitungan melalui aplikasi Sirekap Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dipantau hingga Rabu (16/12/2020), pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Jembarana nomor urut 2 yang diusung partai Golkar, Gerindra, Demokrat, PKB, dan PPP yakni I Nengah Tamba dan I Gede Ngurah Patriana Krisna unggul dengan presentase 52,1 persen. Sementara itu, paslon yang diusung PDIP dan Hanura yakni I Made Kembang Hartawan dan I Ketut Sugiasa memperoleh 47,9 persen suara dalam pilkada Jembrana 2020.

Jika di Jembrana paslon yang diusung PDIP kalah suara, berbeda dengan di lima kabupaten/kota lainnya. Paslon yang didukung PDIP di Kabupaten Tabanan, Badung, Bangli, Karangasem, dan Kota Denpasar terpantau unggul.

Di Tabanan, paslon nomor urut 1 I Komang Gede Sanjaya dan I Made Edi Wirawan unggul dengan perolehan 73,2 persen pada perhitungan Rabu (9/12/2020) pukul 16.30 Wita. Sementara itu, paslon urut 2 Anak Agung Ngurah Panji Astika dan I Dewa Nyoman Budiasa yang diusung Golkar, Nasdem, Demokrat memperoleh 26,8 persen suara untuk sementara.

Di Badung, paslon besutan PDIP, Golkar, dan Demokrat yakni I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa unggul dengan perolehan suara 94,1 persen melawan kotak kosong. Paslon PDIP untuk Pilkada Bangli yakni Sang Nyoman Sedana Arta dan I Wayan Diar juga unggul 53,3 persen melawan I Made Subrata dan Ngakan Made Kutha Parwata yang diusung Golkar dengan 46,7 persen suara.

Paslon nomor 1 di Pilkada Karangasem yakni I Gede Dana dan I Wayan Artha Dipa (PDIP) unggul 59,7 persen suara. Sementara I Gusti Ayu Mas Sumatri dan I Made Sukarena yang diusung Nasdem, Golkar, Gerindra, Demokrat, Perindo dan PKS memperoleh 40,3 persen suara.

Di Denpasar, paslon yang diusung PDIP, Gerindra, PSI, dan Hanura yakni I Gusti Ngurah Jaya Negara dan I Kadek Agus Arya Wibawa juga unggul 79,8 persen suara. Sedangkan paslon Gede Ngurah Ambara Putra dan Made Bagus Kertha Negara yang diusung Golkar, Nasdem, dan Demokrat memperoleh 20,2 persen suara.

Ada pun data yang ditampilkan pada laman kpu.go.id tersebut, merupakan data hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) ke aplikasi Sirekap KPU. Proses penghitungan akhir saat ini masih tengah berlangsung dan memasuki jadwal Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi KPU kabupaten/kota untuk menentukan siapa pemenang akhir pilkada.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden juga menjamin bahwa Amerika tidak akan pernah mengakui wilayah pencaplokan di Ukraina sebagai bagian dari Rusia.

NEWS | 1 Oktober 2022

Resolusi PBB Bela Ukraina Langsung Diveto Rusia

Meskipun hanya Rusia yang menentang, tetapi dia adalah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan yang punya hak veto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Zelensky Minta Jalur Prioritas Jadi Anggota NATO

Jika Ukraina menjadi anggota NATO, maka negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat bisa membelanya dalam perang melawan Rusia saat ini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Dalam pidatonya Putin menegaskan bahwa pencaplokan itu sudah permanen dan tidak bisa dinegosiasikan.

NEWS | 1 Oktober 2022

PKB dan Gerindra Tunggu Hari Baik Umumkan Capres-Cawapres

PKB dan Gerindra tinggal menunggu hari baik untuk mengumumkan capres dan cawapres yang akan mereka usung di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Salurkan Paket Sembako

Sahabat Ganjar, relawan Ganjar Pranowo, menggelar Jumat Berkah dengan menyalurkan bantuan di Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Soppeng.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022

Alasan Bawaslu Hentikan Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Anies Baswedan

Anggota Bawaslu Puadi mengungkapkan alasan pihaknya menghentikan laporan dugaan pelanggaran kampanye Anies Baswedan terkait tabloid KBA Newspaper.

NEWS | 30 September 2022

KPK Ungkap Ada Pihak yang Bangun Opini agar Lukas Enembe Hindari Pemeriksaan

KPK mengungkapkan adanya pihak yang membangun opini agar Gubernur Papua, Lukas Enembe menghindari pemeriksaan sebagai tersangka. 

NEWS | 30 September 2022

Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

Wakil Ketua MPR dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad akhirnya melaporkan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalliti ke BK DPD.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

NEWS | 56 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings