Bobby-Aulia Nilai Gugatan Akhyar-Salman ke MK Tidak Mendasar
Logo BeritaSatu

Bobby-Aulia Nilai Gugatan Akhyar-Salman ke MK Tidak Mendasar

Minggu, 20 Desember 2020 | 11:17 WIB
Oleh : Arnold H Sianturi / JEM

Medan, Beritasatu.com - Tim pemenangan pasangan Bobby Nasution - Aulia Racman menilai, gugatan pasangan Akhyar Nasution - Salman Alfarisi ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pemilihan wali kota dan dan wakil wali kota (Pilwalkot) Medan, kurang relevan dan tidak mendasar.

Ketua Tim Pemenangan Bobby-Aulia, HT Milwan mengatakan, seluruh saksi dari kedua belah pihak sudah menandangani hasil penghitungan suara di tingkat tempat pemungutan suara (TPS). Saat pilwakot, ada 4.303 TPS di Medan.

"Dalam pemilihan kepala daerah di Medan, justru pasangan Bobby - Aulia yang dirugikan atas pernyataan sikap dari pasangan calon Akhyar - Salman," ujar HT Milwan melalui keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Minggu (20/12/2020).

Didampingi Juru Bicara Tim Pemenangan Bobby - Aulia, Ikrimah Hamidi, Sugiat Santoso, Ustaz Nursyam dan Ketua Sekber Relawan Meryl Saragih, HT Milwan mengungkapkan, pasangan Bobby - Aulia dirugikan dengan adanya video hoaks bagi-bagi uang.

"Tim Akhyar - Salman mengklaim memperoleh 48 persen dari hasil pilkada, 9 Desember kemarin. Kenyataannya, hasil dari penghitungan Komisi Pemilihan Umum (Kota) Medan, rival Bobby - Aulia itu hanya meraih 43,5 persen suara," ungkapnya.

Juru Bicara Tim Pemenangan Bobby - Aulia, Ikrimah Hamidi menyampaikan, klaim perolehan suara 48 persen oleh tim pasangan Akhyar - Salman, tidak berdasar. Pasalnya, hasil penghitungan suara dari penyelenggara pemilu, pasangan Akhyar - Salman, hanya sebesar 43,5 persen.

"Mereka kembali menyebarkan informasi hoaks dari hasil penghitungan suara. Sebelumnya, kabar hoaks juga mereka sebarkan melalui jejaring media sosial, yang menyebutkan tim Bobby - Aulia, membagi - bagikan uang," sebutnya.

Menurut Ikrimah, ada framing Pilkada Medan ini curang, dan seolah pasangan Bobby - Aulia salah dan selalu berbuat tidak benar. "Padahal Pilkada Medan berjalan baik, partisipasi meningkat dan berlangsung damai. Kami sayangkan tuduhan-tuduhan itu yang tidak benar," sebut Ikrimah.

Sugiat Santoso menyampaikan, bahwa gugatan Akhyar-Salman soal proses Pilkada Medan ke MK adalah hal konyol.

"Menurut saya itu konyol dan memalukan. Mereka salah alamat menggugat. Gugatan ke MK itu untuk menangani selisih suara. Kalau proses Pilkada gugatnya ke Bawaslu, DKPP dan PTUN. Kalau menggugat hasil Pilkada baru ke MK dan itu ada syaratnya," kata Sugiat.

Menurut peraturan MK No 6 Tahun 2020 syarat mengajukan gugatan selisih suara ke MK adalah, hasil Pilkada menghasilkan selisih 0,5 persen suara. Itu dengan catatan kota besar berpenduduk di atas 1 juta jiwa.

"Untuk Pilkada Medan kemarin, selisih suara mencapai 7 persen. Artinya gugatan ke MK itu konyol dan salah alamat. Perlu diajari juga nampaknya tim hukumnya itu," koar Sugiat.

Sugiat juga mencatat beberapa 'dosa' Paslon Akhyar-Salman dalam proses Pilkada Medan lalu dan seluruhnya sudah dilaporkan ke pihak berwenang namun belum seluruhnya ditindaklanjuti maksimal.

"Akhyar-Salman pakai logo Pemko Medan untuk kampanye. Mereka juga gunakan video TNI Marinir untuk kampanye. Kami laporkan kampanye istri Akhyar di Masjid bagi-bagi kalender dan jilbab. Kami juga lihat kasus Akhyar ancam pukul komisioner Panwascam Medan Deli," pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

KPK Cecar Pejabat Kemsos soal Proses Kontrak Vendor Bansos Covid-19

Terdapat 272 kontrak pengadaan dengan nilai total Rp 5,9 triliun.

NASIONAL | 20 Desember 2020

Bandara Kualanamu Berlakukan Rapid Test terhadap Calon Penumpang

Rapid test antigen sudah diberlakukan sejak 18 Desember kemarin. Pihak Kualanamu menyediakan 500 stok antigen.

NASIONAL | 20 Desember 2020

7 Paslon Pilkada di Sumut Ajukan Gugatan ke MK

BPRK itu akan disampaikan MK dqlam Akta Registrasi Perkara Konstitusi (ARPK) pada 18-19 Januari 2021.

NASIONAL | 20 Desember 2020

Golkar Juara Umum Pilkada Serentak di Sumut

Dari 23 kabupaten/kota di Sumut yang menyelenggarakan pesta demokrasi, Golkar meraih kemenangan di 16 daerah.

NASIONAL | 20 Desember 2020

Presiden Jokowi Apresiasi Prestasi 2 Ilmuwan Indonesia di Pentas Internasional

Hasil penelitian Adi Utarini dan tim berhasil mengurangi kasus demam berdarah hingga 77% di beberapa kota besar di Indonesia.

NASIONAL | 20 Desember 2020

Gubernur Sulteng Minta Perayaan Natal 2020 Kedepankan Protokol Kesehatan

Perayaan dan Ibadah Natal 2020 hendaknya dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan sebagaimana pedoman yang sudah dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI.

NASIONAL | 20 Desember 2020

Jelang Natal dan Tahun Baru, Reservasi Hotel DIY Turun 25%

Kebijakan yang mewajibkan pelaku perjalanan dari luar daerah membawa rapid test antigen menjadi penyebab anjloknya reservasi hotel.

NASIONAL | 20 Desember 2020

Kopi Konservasi Menjaga Keberlanjutan Air dan Kesejahteraan Petani

Budidaya Kopi Tirto melibatkan lebih dari 120 petani yang tersebar di wilayah Jempanang Badung, Wonosobo, Pandaan dan Tanggamus.

NASIONAL | 20 Desember 2020

Presiden Jokowi: HKSN Momentum Lawan Pandemi Covid-19

Presiden Joko Widodo mengajak semua elemen masyarakat menjadikan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tahun 2020 sebagai momentum melawan pandemi Covid-19.

NASIONAL | 19 Desember 2020

Polisi: Pengaderan Jaringan Jamaah Islamiyah Sangat Rapi

Mabes Polri menyebutkan bahwa pengaderan paham terorisme oleh Jamaah Islamiyah sangat rapi di mana terindentifikasi 91 kader sudah siap tempur.

NASIONAL | 19 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS