Satgas Covid-19 Ungkap 64 Kabupaten dan Kota Berisiko Tinggi
Logo BeritaSatu

Satgas Covid-19 Ungkap 64 Kabupaten dan Kota Berisiko Tinggi

Senin, 21 Desember 2020 | 18:47 WIB
Oleh : YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Terdapat 64 kabupaten dan kota di Indonesia yang tergolong risiko tinggi atau penyebaran virus yang tidak terkendali. Hal itu berdasarkan data dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per 13 Desember 2020,

Mengutip data Satgas Penanganan Covid-19 yang diterima di Jakarta, Senin, 64 kabupaten dan kota tersebut di antaranya Kabupaten Gianyar, Serang, Tangerang Selatan, Bengkulu, Sleman, Yogyakarta, Kerinci, Bandung, Depok, Garut, Tegal dan Wonosobo.

Bentuk implementasi sektor yang dilakukan pemerintah yakni secara intensif melakukan testing, penelusuran kontak agresif pada kasus terkonfirmasi dan suspek, kontak erat hingga probable.

Khusus daerah dengan risiko tinggi, pertemuan publik tidak diperbolehkan dan tempat umum ditutup. Kemudian, aktivitas bisnis ditutup kecuali untuk keperluan esensial misalnya farmasi, supermarket yang menjual kebutuhan pokok, klinik dan stasiun bahan bakar.

Selain itu, Satgas Penanganan Covid-19 juga memastikan aktivitas belajar mengajar tatap muka belum diperkenankan atau masih menerapkan pembelajaran jarak jauh. Kemudian, Satgas Penanganan Covid-19 juga melaporkan terdapat 380 kabupaten dan kota per 13 Desember dengan risiko sedang. Artinya, risiko tertular Covid-19 masih tinggi dan potensi penyebaran virus juga tidak terkendali.

Untuk daerah dengan risiko rendah, terdapat 59 kabupaten dan kota. Meskipun termasuk kategori risiko rendah, kemungkinan transmisi tetap masih ada namun penyebaran virus masih dapat dikendalikan.

Daerah tersebut di antaranya Merangin, Bogor, Subang, Indramayu, Melawi, Mesuji, Lombok Utara, Flores Timur, Kota Pariaman, Ogan Ilir, Nias, Simalungun dan beberapa daerah lainnya.

Satgas juga melaporkan terdapat 11 kabupaten dan kota yang tidak terdampak Covid-19 atau tidak ada kasus baru. Meskipun demikian, risiko penyebaran virus tetap masih ada.

Satgas Penanganan Covid-19 juga membagi dua kategori yakni daerah tidak terdampak Covid-19 meliputi Dogiyai, Intan Jaya, Puncak dan Pegunungan Arfak. Sementara daerah yang tidak ada kasus yakni Seram bagian Timur, Waropen, Tolikara, Yalimo, Merauke, Nias Utara dan Nias Selatan.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

KPK Tahan Dirut PT Kings Property Tersangka Pemberi Suap Eks Bupati Cirebon

Sutikno ditahan di Rutan Gedung ACLC KPK untuk 20 hari pertama.

NASIONAL | 21 Desember 2020

Perkumpulan Honorer Usulkan Ketua Umum GTKHNK 35+ Jadi Mendikbud

Kornas Jokowi mendesak presiden untuk melakukan evaluasi dan reshuffle kabinet Indonesia Maju.

NASIONAL | 22 Desember 2020

Komnas HAM Siap Telusuri Bukti dari Keluarga dan Kuasa Hukum 6 Laskar FPI

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan pihaknya akan lebih detail dan lebih teliti terkait bukti dan dokumen yang diserahkan pihak keluarga.

NASIONAL | 21 Desember 2020

2024, Kempupera Tuntaskan Jalan Lintas Selatan Jawa

Kempupera akan fokus menyelesaikan pembangunan Jalan Lintas Selatan Jawa dari Malingping Banten hingga Banyuwangi Jawa Timur pada tahun 2024.

NASIONAL | 21 Desember 2020

MTI Ungkap Potensi Penggunaan Angkutan Pelat Hitam saat Mudik Natal

Kendaraan berpelat hitam berpotensi digunakan sebagai angkutan mudik guna menghindari persyaratan wajib rapid test maupun rapid test antigen.

NASIONAL | 21 Desember 2020

Pemkot Bengkulu Putuskan Tunda KBM Tatap Muka

Pemkot Bengkulu menunda pelaksanaan KBM tatap muka tingkat SD dan SMP untuk mencegah munculnya klaster baru Covid-19 di sekolah.

NASIONAL | 21 Desember 2020

Mardani Ali Sera Temani Keluarga 6 Korban FPI Serahkan Bukti ke Komnas HAM

Selain menyerakan bukti dokumen yang terkait bentrok tersebut, pihak keluarga juga sekaligus memberikan keterangan tentang keseharian para korban laskar FPI.

NASIONAL | 21 Desember 2020

Kasus Penembakan Laskar FPI, Polri Siap Lakukan Autopsi Ulang

Polri siap membantu apapun yang diperlukan Komnas HAM termasuk melakukan autopsi ulang

NASIONAL | 21 Desember 2020

PSBB di Banten Kembali Diperpanjang Hingga 18 Januari 2021

PSBB untuk seluruh daerah di wilayah Provinsi Banten kembali diperpanjang untuk keempat kalinya hingga 18 Januari 2021 mendatang.

NASIONAL | 21 Desember 2020

Kemhub Terbitkan Juklak Perjalanan Libur Natal dan Tahun Baru

Anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak diwajibkan untuk tes RT-PCR maupun rapid test antigen sebagai syarat perjalanan.

NASIONAL | 21 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS