Ikatan Dokter Anak: Kesehatan Lebih Mahal dari Liburan
Logo BeritaSatu

Ikatan Dokter Anak: Kesehatan Lebih Mahal dari Liburan

Senin, 28 Desember 2020 | 21:42 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Memasuki libur Natal dan Tahun Baru 2021, tidak sedikit keluarga yang telah merencanakan liburan lengkap dengan membawa buah hati. Namun, tahukah Anda? Dibalik kesenangan singkat saat liburan, risiko terinfeksi Covid-19 pun turut menanti. Mengingat, Covid-19 tidak memandang kondisi ataupun usia untuk mendapatkan inang.

Dengan demikian, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) terus konsisten untuk merekomendasikan orang tua untuk menjaga anak-anaknya tidak keluar rumah selama pandemi. Terlebih pada masa ini, dimana angka penyebaran Covid-19 di Indonesia semakin menanjak.

Anggota Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Anggraini Alam mengatakan, kesehatan itu nilainya lebih berharga dan mahal daripada liburan. Jika kesehatan sudah terbekuk oleh virus SARS-CoV-2 dan menjalani perawatan, maka haruslah juga bersiap untuk merelakan waktu berharga bersama orang terkasih.

“Jangan ada kata bosan, karena virus Covid ini tidak pernah bosan untuk menginfeksi seseorang. Risiko melakukan liburan itu jauh lebih besar daripada keuntungannya. Sabarlah, karena jika banyak yang tertular maka semakin tidak terkendali pandemi ini,” ungkap Anggraini kepada SP, Senin (28/12/2020).

Ia pun melanjutkan, dengan berdiam di rumah, keluarga dapat melindungi kesehatan dan masa depan anak tercintanya. Mengingat, berdasarkan data yang dihimpun dari BNPB, 11,3% pasien Covid-19 di Indonesia adalah anak-anak. Atau, 1 dari 9 atau 10 orang yang terinfeksi itu adalah anak atau seorang berusia di bawah 18 tahun.

Tingkat kematian anak di Indonesia pun tinggi. Dengan tingkat kematian sekitar 11 ribu anak dan pernah mencapai 2,5%, Indonesia memegang rekor buruk tertinggi di Asia Pasifik. Penyebab mortalitas pada anak Indonesia adalah pneumonia atau infeksi pernapasan akut, yang lebih tinggi dibandingkan India, Myanmar, dan Pakistan.

“Risiko tertular dan menularkan antara anak-anak dan orang dewasa itu sama. Bahkan terdapat laporan, mutasi virus korona VUI-202012/01 yang ditemukan di Inggris dapat menularkan kepada anak lebih tinggi lagi. Meski masih diselidiki, tetapi kita harus tetap hati-hati,” jelasnya.

Belum lagi, terdapat fakta yang tidak lupa ia sampaikan bahwa, anak-anak berpotensi menjadi superspreader. Bagi orang tua yang belum paham, superspreader yaitu pembawa virus dan bisa menularkan ke banyak anggota keluarga lainnya tanpa dia tahu dirinya sedang terinfeksi virus Covid-19.

“Salah satu faktornya adalah karena orang tua dan anggota keluarga selalu menganggap bahwa anak-anak mereka tidak membawa virus Covid-19. Maka berkumpul bersama keluarga, bisa menjadi jalan virus untuk menginfeksi anggota yang lainnya,” tuturnya.

Kuncinya Bahagia
Lantas, bagaimana upaya yang harus dilakukan orang tua untuk menghilangkan penat, tetapi tetap aman di masa pandemi ini? Anggraini menyebut, bahagia adalah kuncinya. Jika orang tua bahagia, maka suasana rumah yang hangat pun akan tercipta.

Melakukan bounding atau menjalin ikatan dengan anak sangat banyak caranya, bahkan bisa diciptakan tanpa mengeluarkan biaya. Orang tua bisa membuat dan menceritakan dongeng untuk anak dengan tema Covid-19, melakukan aktivitas yang disenangi anak bersama, membuat permainan untuk mengedukasi anak akan pentingnya menjaga protokol kesehatan juga bisa menjadi inspirasi.

“Bermain dengan masker, cuci tangan, belajar jaga jarak seperti apa. Ini dilakukan untuk mempersiapkan mereka agar ketika sudah diperbolehkan ke luar rumah usai pandemi mereda, mereka sudah bisa menjadi anak Indonesia yang disiplin,” pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Okupansi RS di Jabar 78%, Doni: Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Penggunaan pusat pendidikan milik TNI, wisma haji, dan hotel perlu dipertimbangkan sebagai antisipasi lonjakan pasien.

NASIONAL | 28 Desember 2020

Kebutuhan Vaksin Covid-19 di Jabar Minimal 67 Juta Dosis

Kami bangga ada produk daam negeri buatan Unpad yang jadi andalan (rapid test) menggeser dari antibodi ke antigen.

NASIONAL | 28 Desember 2020

Polisi Disebut Sedang Usut Pencucian Uang Irjen Napoleon

Terungkap adanya penyelidikan dugaan tindak pidana pencucian uang Irjen Napoleon pada sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (29/12/2020).

NASIONAL | 28 Desember 2020

Perantara Suap Djoko Tjandra ke Pinangki Dituntut 2,5 Tahun Penjara

JPU menuntut mantan politikus Nasdem Andi Irfan Jaya dijatuhi hukuman 2 tahun 6 bulan pidana penjara dan denda Rp 100 juta subsider 4 bulan kurungan.

NASIONAL | 28 Desember 2020

Kasad Pimpin Acara Penyerahan Tugas dan Jabatan Wakasad

Rangkaian acara dimulai dengan pemutaran video profil pejabat yang melakukan sertijab dan pejabat yang menyerahkan jabatan kepada Kasad di Videotron Mabesad.

NASIONAL | 28 Desember 2020

Temuan Komnas HAM Bisa Perkuat Penyelidikan Polri

Komnas HAM mendapatkan barang bukti yang diyakini bisa membuat kasus ini terang benderang, di antaranya tujuh proyektil peluru dan empat selongsong peluru.

NASIONAL | 28 Desember 2020

LAN Terima BKN Award Tahun 2020

LAN menerima BKN Award Tahun 2020 tingkat Kementerian dan Lembaga Negara/Lembaga Tinggi Negara/LPNK kategori III Penilaian Kompetensi

NASIONAL | 18 Desember 2020

KPK Cecar Eksportir Benur soal Setoran ke Edhy Prabowo

Selain itu tim penyidik KPK juga mencecar Edhy Prabowo soal aliran dana yang diterima dan dikelola oleh staf khususnya Amiril Mukminin.

NASIONAL | 28 Desember 2020

Ini Tekad Pengda JMSI Sulsel

perusahaan media siber memiliki tanggung jawab yang besar.

NASIONAL | 28 Desember 2020

Kasus Pelecehan Lagu Indonesia Raya Harus Dituntaskan

Unggahan video parodi lagu kebangsaan Indonesia Raya, merupakan tindakan yang menghina simbol negara Indonesia

NASIONAL | 28 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS