Pemerintah Tegaskan Selalu Beri Prioritas Peningkatan Kesejahteraan ASN
Logo BeritaSatu

Pemerintah Tegaskan Selalu Beri Prioritas Peningkatan Kesejahteraan ASN

Selasa, 29 Desember 2020 | 10:28 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah selalu memberikan prioritas untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN). Mulai dari gaji pokok, peningkatan tunjangan kinerja (tunkir) dan tunjangan penghasilan lain, gaji ke 13 hingga dukungan terhadap jaminan kesehatan, perumahan dan pensiun.

Demikian disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Selasa (29/12/2020). “Meliputi gaji pokok, tunjangan kinerja dan lain-lain seperti penerimaan penugasan lembur, maka setiap bulan minimal rata-rata Rp9 juta. Hal tersebut tergantung jabatan/kepangkatan (eselon I, eselon II, dan pejabat fungsional),” ujar Tjahjo.

Menurut Tjahjo, awalnya sebelum ada pandemi Covid-19, Kementerian Keuangan (Kemkeu) sudah memikirkan kenaikan subsidi pensiun dan peningkatan bertahap tunkir ASN di kementerian/lembaga. “Tergantung dari penilaian akuntabilitas kinerja. Namun, karena pandemi Covid-19 mewajibkan adanya prioritas keuangan untuk kebutuhan-kebutuhan terkait subsidi kesehatan dan sosial,” ucapnya.

Tjahjo berharap peningkatan bertahap kesejahteraan ASN yang tertunda ini, kiranya dapat dipahami. Hal yang terpenting, lanjutnya, ASN harus sehat, harus produktif, harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. “ASN perlu menjadi teladan bagi masyarakat. Sebab tugas utama ASN yakni melayani masyarakat. Sebuah amanah mulia dari negara,” kata Tjahjo.

Tjahjo juga menyatakan pemerintah sangat menyadari profesi ASN apalagi di daerah terluar, membutuhkan insentif dan motivasi. ASN di perbatasan memiliki bidang pekerjaan yang kompleks, dan berisiko tinggi. Perbaikan sistem kesejahteraan ASN, selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo yaitu perlunya reformasi dalam sistem remunerasi dan sistem pensiun ASN yang lebih adil kompetitif.

“Kebijakan peningkatan kesejahteraan ASN juga memperhatikan peraturan perundang-undangan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, Pasal 79, 80, dan 81. Berdasarkan ketentuan itu, gaji dan tunjangan fasilitas harus memperhatikan tunjangan yang berbasis kinerja,” demikian mantan menteri dalam negeri tersebut.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Sahroni: Mimpi Tidak Boleh Dikriminalisasi

Sekretaris Jenderal Habib Rizieq Syihab Center, Haikal Hassan telah diminta keterangan oleh polisi terkait ceramahnya soal mimpi bertemu Rasulullah.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Bareskrim Polri Tangkap Komplotan Sindikat Narkoba Jaringan Internasional di Medan

Narkoba itu dikemas dalam bentuk 30 bungkus teh berwarna hijau.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Percepat PEN, Kempupera Genjot Pembangunan 5 Juta Unit Rumah

Multiplier effect pembangunan perumahan yang menggerakkan ratusan industri lain dapat mengakselerasi pertumbuhan sektor lain.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Sengketa Lahan Ponpes Rizieq Syihab Disebut Sebaiknya Diselesaikan Secara Hukum

Sengketa lahan Ponpes Alam Agrokultural Markaz Syariah seluas 30,91 hektare di Desa Kuta, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, disarankan diselesaikan melalui jalur

NASIONAL | 29 Desember 2020

4.040 Personel Polisi Amankan Pergantian Tahun di Medan

Riko Sunarko mengatakan, pengamanan pergantian tahun ini untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi masyarakat, termasuk mengantisipasi aksi teror.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Ketua Golkar Sumut Bakal Panaskan Mesin Partai pada Awal 2021

DPD I Partai Golkar Sumatera Utara (Sumut) menginstruksikan seluruh pengurus maupun kader agar memantapkan konsolidasi.

NASIONAL | 29 Desember 2020

2020, Tahun Kelam bagi Jurnalis Indonesia

AJI mencatat setidaknya ada 84 kasus kekerasan terhadap jurnalis dari 1 Januari - 25 Desember 2020.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Surabaya Bakal Gencarkan Razia Pedagang Terompet

Razia tidak hanya di tempat-tempat berpotensi kerumunan, tapi juga di pasar, toko, pusat perbelanjaan hingga pintu masuk ke Surabaya.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Jenuh, 78,17% Siswa Setuju Sekolah Dibuka Januari 2021

Hal ini terutama untuk praktikum dan pembahasan materi-materi yang sangat sulit yang tidak bisa diberikan melalui PJJ.

NASIONAL | 28 Desember 2020

BPPTKG: Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi Masih Tinggi

Aktivitas vulkanik Gunung Merapi berdasarkan pengamatan sepekan sehingga belum ada perubahan status masih dalam tingkat siaga.

NASIONAL | 28 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS