2020, Talenta Juara Beri Keterampilan Digital kepada Milenial di 124 Kabupaten/Kota
Logo BeritaSatu

2020, Talenta Juara Beri Keterampilan Digital kepada Milenial di 124 Kabupaten/Kota

Selasa, 29 Desember 2020 | 11:05 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Program beasiswa Talenta Juara resmi “tutup buku” untuk tahun 2020. MilenialFest selaku penyelenggara program ini mengadakan Inaugurasi Talenta Juara yang diadakan secara virtual pada Kamis (24/12/2020) sore.

Selain alumni Talenta Juara dari seluruh Indonesia, acara ini turut dihadiri oleh CXO Trans Corp yang juga Stafsus Presiden Putri Tanjung, CEO Digital Amoeba Fauzan Feisal, dan Talent Acquisition Lead Codex Telkom Rian Hidayat.

Pada pembukaan acara, CEO MilenialFest Danial Iskandar mengungkapkan, sejak Agustus hingga Desember, pendaftar program Talenta Juara mencapai 2.495 orang. Dari pendaftar ini, diadakanlah penyaringan dari skoring kelas virtual yang difasilitasi oleh Pijar Mahir. Hingga program berakhir, Talenta Juara yang terseleksi adalah 358 orang.

“Visi kami lewat program Talenta Juara adalah membantu menjembatani digital gap. Kami ingin pengetahuan dan keterampilan di bidang digital dapat dirasakan tak hanya oleh milenial di Jawa tetapi juga hingga ke pelosok Nusantara. Alhamdulillah, sampai program ini selesai, kami telah menjangkau milenial yang tersebar di 124 kabupaten/kota se-Indonesia”, ungkap Danial dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Selasa (29/12/2020).

Inaugurasi juga diisi oleh testimoni dari alumni dan mentor Talenta Juara. Rima, peserta yang berdomisili di Banjarmasin mengungkapkan, kurikulum dan mentor yang diterima sangat membantu dalam menjalankan bisnis yang dirintisnya. Selain itu, networking yang didapatkan juga sangat bermanfaat untuk jadi modal sosial.

“Saya satu tim dengan rekan di Sulawesi Selatan. Saya merasa kolaborasi ini adalah hal yang penting. Dan tak lupa, ilmu yang sudah kita dapat ini perlu sekali dibagi juga ke orang lain. Yang juga paling berkesan bagi saya, perjumpaan virtual saja berhasil membuahkan kerja sama dan ide bisnis, jadi pandemi bukan halangan,” ungkap Rima.

Salah satu mentor Talenta Juara yang juga Head of Startup Google Launchpad mengungkapkan, Talenta Juara merupakan program yang menarik, karena para alumninya bisa mendapatkan konteks dan menerapkan wawasan dan keterampilan teknis yang didapat.

“Saya ikut menjadi mentor program ini dari bootcamp di Sumatera hingga Papua. Semua antusias dan semangat, membuktikan pandemi ini bukan halangan. Saya lihat, peserta mampu memahami kebutuhan/problem di daerah tempat mereka tinggal. Juga lahir logika atau solusi untuk menyelesaikan masalah itu,” ungkap Aris.

Acara inaugurasi berlangsung hangat manakala CXO Trans Corp yang juga Stafsus Presiden Putri Tanjung hadir di tengah-tengah peserta. Dengan antusias, Putri mengaku senang dengan geliat anak muda di bidang digital. Putri bercerita, dirinya bekerja dengan MenkopUKM Teten Masduki untuk membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi.

Putri mengaku memikirkan dan bekerja untuk menemukan metode yang tepat agar UMKM bisa mengakses ekosistem digital sebagai solusi dari disrupsi karena pandemi.

Dalam perjalanannya, Putri mengaku banyak terinspirasi dengan solusi digital yang tak lain lahir dari kalangan milenial. Putri pun berkesimpulan, solusi-solusi pemberdayaan masyarakat memerlukan gebrakan dari inovator digital muda.

“Saya terinspirasi sekali dengan salah satu start-up di Yogya yang memberdayakan mbok-mbok di pasar agar terhubung dengan konsumen mereka. Jadi mbok-mbok yang merupakan pejuang ekonomi di akar rumput bisa tetap survive di pandemi ini,” ungkap Putri.

Inaugurasi Talenta Juara juga diisi oleh pemaparan mengenai industry insights dari CEO Digital Amoeba Fauzan Feizal.

Fauzan banyak memberikan gambaran mengenai aktivitas akselerasi start-up di Amoeba, innovation lab yang dikelola oleh Telkom Indonesia. Fauzan mengundang seluruh alumni Talenta Juara untuk mengikuti program-program dan literasi digital yang dibagikan oleh Amobea.

Acara virtual ini ditutup dengan informasi mengenai talent hiring Telkom yang menyasar insan digital untuk diserap di Telkom DXB (Digital and Next Business) Departement.

Talent Acquisition Lead Codex Telkom Rian Hidayat mengajak alumni Talenta Juara untuk mengikuti seleksi trainee program dan mengikuti storytelling dan informasi behind the scene mengenai suasana dan dinamika kerja di Telkom lewat akun @livingintelkom.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Polda Banten Lakukan Rapid Test Antigen kepada Calon Penumpang di Pelabuhan Merak

Kabid Dokkes Polda Banten Kombes Pol I Gusti Gede M Andika mengatakan pemeriksaan tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19.

NASIONAL | 29 Desember 2020

RSUD Cilegon Sudah Penuh Pasien Covid-19

Pemerintah Kota Cilegon sedang berkordinasi dengan pemerintah daerah lain di Banten agar dapat menampung pasien Covid-19 dari Cilegon.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Pemprov Sumut Pantau Varian Baru Covid-19

Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumatera Utara (Sumut) memantau perkembangan varian baru Covid-19.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Pemerintah Tegaskan Selalu Beri Prioritas Peningkatan Kesejahteraan ASN

Pemerintah selalu memberikan prioritas untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN).

NASIONAL | 29 Desember 2020

Sahroni: Mimpi Tidak Boleh Dikriminalisasi

Sekretaris Jenderal Habib Rizieq Syihab Center, Haikal Hassan telah diminta keterangan oleh polisi terkait ceramahnya soal mimpi bertemu Rasulullah.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Bareskrim Polri Tangkap Komplotan Sindikat Narkoba Jaringan Internasional di Medan

Narkoba itu dikemas dalam bentuk 30 bungkus teh berwarna hijau.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Percepat PEN, Kempupera Genjot Pembangunan 5 Juta Unit Rumah

Multiplier effect pembangunan perumahan yang menggerakkan ratusan industri lain dapat mengakselerasi pertumbuhan sektor lain.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Sengketa Lahan Ponpes Rizieq Syihab Disebut Sebaiknya Diselesaikan Secara Hukum

Sengketa lahan Ponpes Alam Agrokultural Markaz Syariah seluas 30,91 hektare di Desa Kuta, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, disarankan diselesaikan melalui jalur

NASIONAL | 29 Desember 2020

4.040 Personel Polisi Amankan Pergantian Tahun di Medan

Riko Sunarko mengatakan, pengamanan pergantian tahun ini untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi masyarakat, termasuk mengantisipasi aksi teror.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Ketua Golkar Sumut Bakal Panaskan Mesin Partai pada Awal 2021

DPD I Partai Golkar Sumatera Utara (Sumut) menginstruksikan seluruh pengurus maupun kader agar memantapkan konsolidasi.

NASIONAL | 29 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS