Jambi Kerahkan Mobil Damkar Membubarkan Kerumunan Malam Tahun Baru
Logo BeritaSatu

Jambi Kerahkan Mobil Damkar Membubarkan Kerumunan Malam Tahun Baru

Selasa, 29 Desember 2020 | 11:12 WIB
Oleh : Radesman Saragih / JEM

Jambi, Beritasatu.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 se-Provinsi Jambi siap menindak tegas setiap orang berkerumun pada perayaan malam pergantian tahun. Tindakan tegas tersebut antara lain dilakukan dengan mengerahkan mobil pemadam kebakaran untuk membubarkan kerumunan. Kemudian warga Jambi yang tidak memakai masker di tempat umum pada perayaan malam tahun baru nanti juga akan didenda Rp 50.000/orang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi, Saleh Ridho selaku anggta Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jambi di Jambi, Selasa (29/12/2020) mengatakan, pihaknya mengerahkan beberapa mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk membubarkan kerumunan pada malam pergantian tahun 2020 – 2021.

“Potensi adanya kerumunan orang cukup besar pada malam pergantian tahun nanti. Kerumunan tersebut tidak boleh dibiarkan agar kasus Covid-19 tidak bertambah. Kamiakan membubarkan setiap kerumunan menggunakan semprotan air mobil pemadam kebakaran,”katanya.

Dijelaskan, mencegah terjadinya kerumunan pada malam Tahun Baru 2021 di tempat-tempat rekreasi di Kota Jambi, Satgas Covid-19, Polresta Jambi dan Dinas Perhubungan Kota Jambi menutup jalan masuk ke tempat- tempat rekreasi tersebut. Kemudian setiap tempat wisata juga akan dijaga ketat agar tidak ada orang yang berkerumun merayakan Tahun Baru 2021, Kamis (31/12) malam hingga Jumat (1/1/2021) dini hari.

Saleh Ridho lebih lanjut mengatakan, jumlah personil gabungan pengamanan malam tahun baru yang diterjunkan di Kota Jambi mencapai 400 orang. Pasukan pengamanan tersebut menutup pintu-pintu masuk ke objek wisata atau tempat rekreasi. Setiap pintu masuk tempat rekreasi dijaga sebanyak 30 orang petugas.

“Tempat rekreasi yang dijaga ketat, yakni Taman Tugu Keris Siginjei di depan kantor WaliKota Jambi, lapangan kantor Gubernur Jambi, Taman Remaja Kota Jambi, Taman Tanggo Rajo dan Jembatan Gentala Arasy di tepi Sungai Batanghari dan tempat rekreasi lainnya,”katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, Johansyah di Jambi, Senin (28/12) mengatakan, Gubernur Jambi, Fachrori Umar sudah menginstruksikan seluruh Satgas Penanganan Covid-19 kota dan kabupaten di Provinsi Jambi bertindak tegas terhadap orang-orang berkerumun pada malam Tahun Baru 2021.

Johansyah yang juga menjabat Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19Provinsi Jambi mengatakan, melalui Surat Edaran Nomor 658/SE/ST.COV-19/XII/2020 tentang Antisipasi Penyebaran Covid-19 selama libur hari raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Fachrori Umar benar-benar berupaya mencegah kerumunan selama liburan natal dan tahun baru.

Berdasarkan SE Gubernur Jambi mengenai penanganan Covid-19 selama libur natal dan tahun baru tersebut, lanjut Johansyah, seluruh tempat usaha dan tempat wisata di Provinsi Jambi diminta tidak memfasilitasi kegitan yang mengakibatkan kerumunan massa selama libur natal dan tahun baru. Pencegahan penularan Covid-19 di daerah itu juga dilakukan dengan membatasi jam opresional restoran, kafe, tempat hiburan dan pusat perbelanjaan hingga pukul 21.00 WIB.

“Selain itu tempat-tempat hiburan harus ditutup khusus tanggal 31 Desember 2020 - 1 Januari 2021. Pintu masuk antar wilayah perlu diperketat melalui transportasi darat, udara dan laut. Supaya protokol kesehatan tersebut jangan sampai dilanggar, operasi Yustisi dan patroli pengawasan protokol kesehatan harus dilakukan hingga ke tingkat kecamatan,”katanya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

2020, Talenta Juara Beri Keterampilan Digital kepada Milenial di 124 Kabupaten/Kota

Sejak Agustus hingga Desember, pendaftar program Talenta Juara mencapai 2.495 orang.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Polda Banten Lakukan Rapid Test Antigen kepada Calon Penumpang di Pelabuhan Merak

Kabid Dokkes Polda Banten Kombes Pol I Gusti Gede M Andika mengatakan pemeriksaan tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19.

NASIONAL | 29 Desember 2020

RSUD Cilegon Sudah Penuh Pasien Covid-19

Pemerintah Kota Cilegon sedang berkordinasi dengan pemerintah daerah lain di Banten agar dapat menampung pasien Covid-19 dari Cilegon.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Pemprov Sumut Pantau Varian Baru Covid-19

Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumatera Utara (Sumut) memantau perkembangan varian baru Covid-19.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Pemerintah Tegaskan Selalu Beri Prioritas Peningkatan Kesejahteraan ASN

Pemerintah selalu memberikan prioritas untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN).

NASIONAL | 29 Desember 2020

Sahroni: Mimpi Tidak Boleh Dikriminalisasi

Sekretaris Jenderal Habib Rizieq Syihab Center, Haikal Hassan telah diminta keterangan oleh polisi terkait ceramahnya soal mimpi bertemu Rasulullah.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Bareskrim Polri Tangkap Komplotan Sindikat Narkoba Jaringan Internasional di Medan

Narkoba itu dikemas dalam bentuk 30 bungkus teh berwarna hijau.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Percepat PEN, Kempupera Genjot Pembangunan 5 Juta Unit Rumah

Multiplier effect pembangunan perumahan yang menggerakkan ratusan industri lain dapat mengakselerasi pertumbuhan sektor lain.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Sengketa Lahan Ponpes Rizieq Syihab Disebut Sebaiknya Diselesaikan Secara Hukum

Sengketa lahan Ponpes Alam Agrokultural Markaz Syariah seluas 30,91 hektare di Desa Kuta, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, disarankan diselesaikan melalui jalur

NASIONAL | 29 Desember 2020

4.040 Personel Polisi Amankan Pergantian Tahun di Medan

Riko Sunarko mengatakan, pengamanan pergantian tahun ini untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi masyarakat, termasuk mengantisipasi aksi teror.

NASIONAL | 29 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS