Libur Tahun Baru, Objek Wisata Bengkulu Tetap Buka dengan Protokol Kesehatan yang Ketat
Logo BeritaSatu

Libur Tahun Baru, Objek Wisata Bengkulu Tetap Buka dengan Protokol Kesehatan yang Ketat

Selasa, 29 Desember 2020 | 11:56 WIB
Oleh : Usmin / JEM

Bengkulu, Beritasatu.com - Objek wisata di Kota Bengkulu tetap buka pada libur Tahun Baru 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan ketat keapda setiap pengunjung guna mencegah penyebaran Covid-19 di tempat wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Iksan Setiawan, di Bengkulu, Selasa (29/12/2020) membenarkan seluruh objek wisata di daerah ini tetap buka pada libur Tahun Baru 2021 mendatang.

"Semua objek wisata yang ada di Kota Bengkulu tetap buka pada libur Tahun Baru 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan ketat kepada setiap wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata guna mencegah penularan Civid-19 di klaster pariwisata," ujarnya.

Ia mengatakan, setiap wisatawan baik lokal .maupun dari luar daerah yang berkunjung ke tempat wisata di daerah ini wajib memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di aor mengalir dan menjaga jarak.

Wisatawan juga dilarang berkerumun di tempat wisata, dan jika ditemukan ada kerumunan di tempat wisata akan dibubarkan oleh petugas Satpol PP Pemprov Bengkulu.

Untuk itu, Iksan meminta para pengelola tempat-tempat wisata di Bengkulu untuk menerapkan protkol kesehatan ketat kepada setiap pemgunjung yang datang tanpa terkecuali.

"Bagi wisatawan yang tidak memakai masker sebaiknya tidak diizinkan masuk kel okasi wisata demi mencegah penularan virus corona di tempat wisata yang ada di Kota Bengkulu," ujarnya.

Iksan menambahkan bagi pengelola tempat wisata tidak melaksanakan imbauan Dispar terhadap pengunjung pihaknya tidak segan-segan memberikan saksi tegas berupa pencabutan izin usaha

Hal yang sama juga diberlakukan terhadap pemilik restoran dan kafe di tempat wisata yang tidak menerapkan protokol kesehatan kepada pengunjungnya pada Tahun Baru akan diberikan sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku.

"Jadi, kita minta benar kepada pengelola tempat wisata dan kafe serta restoran untuk menerapkan protokol kesehatan kepada setiap tamu guna mencegah penyebaran virus corona di sektor pariwisata," ujarnya.

Kadis Pariwisata juga mengimbau masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan bila keiuar rumah dengan menerapkan 3M, yakni mrmakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.

Sekarang ini, katanya salah satu cara yang paling tepat agar tidak terpapar virus corana menerapam 3M bila berada di luar rumah. "Jika hal ini dapat diterapkan masyarakat dengan baik maka insya allah terhindari ancaman terpapar Covid-19," ujarnya.

Tindak Tegas

Sementara itu, Kepala Satpol PP Bengkulu, Murlin Hamizar mengatakan, pihaknya akan menindak tegas warga tidak memakai masker saat berada di tempat umum, salah satunya di tempat wisata.

Selain tu, jika ditemukan kurumunan di tempat wisata langsung dibubarkan karena sebelumnya masyarakat dilarang berkerumun sebab dapat menimbulkan penyebaran virus corona

Untuk itu, pihaknya telah mengerahkan belasan anggota Satpol PP Pemprov Bengkulu guna mengawasi penerapan protokol kesehatan di tempat wisata dan tempat umum lainya selama libur Natal dan cuti bersama di Bengkulu.

"Ini kita lakukan untuk mencegah jangan sampai kasus Covid-19 di Bengkulu meningkat setelah libur Natal dan cuti bersama serta muncul klaster baru penyebaran Covid-19 di daerah ini," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Cegah Covid-19, Pintu Masuk ke Wilayah Sulteng Diperketat Jelang Tahun Baru

pelaku perjalanan harus memiliki dokumen kesehatan lengkap jika hendak melakukan perjalanan.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Gubernur Sumut Kembali Ingatkan WarganyaTak Rayakan Penyambutan Tahun Baru

"Jangan salahkan petugas gabungan kita jika melakukan pembubaran," tegas Edy Rahmayadi.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Jambi Kerahkan Mobil Damkar Membubarkan Kerumunan Malam Tahun Baru

Fachrori Umar sudah menginstruksikan seluruh Satgas Penanganan Covid-19 kota dan kabupaten di Provinsi Jambi bertindak tegas terhadap orang-orang berkerumun.

NASIONAL | 29 Desember 2020

2020, Talenta Juara Beri Keterampilan Digital kepada Milenial di 124 Kabupaten/Kota

Sejak Agustus hingga Desember, pendaftar program Talenta Juara mencapai 2.495 orang.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Polda Banten Lakukan Rapid Test Antigen kepada Calon Penumpang di Pelabuhan Merak

Kabid Dokkes Polda Banten Kombes Pol I Gusti Gede M Andika mengatakan pemeriksaan tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19.

NASIONAL | 29 Desember 2020

RSUD Cilegon Sudah Penuh Pasien Covid-19

Pemerintah Kota Cilegon sedang berkordinasi dengan pemerintah daerah lain di Banten agar dapat menampung pasien Covid-19 dari Cilegon.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Pemprov Sumut Pantau Varian Baru Covid-19

Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumatera Utara (Sumut) memantau perkembangan varian baru Covid-19.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Pemerintah Tegaskan Selalu Beri Prioritas Peningkatan Kesejahteraan ASN

Pemerintah selalu memberikan prioritas untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN).

NASIONAL | 29 Desember 2020

Sahroni: Mimpi Tidak Boleh Dikriminalisasi

Sekretaris Jenderal Habib Rizieq Syihab Center, Haikal Hassan telah diminta keterangan oleh polisi terkait ceramahnya soal mimpi bertemu Rasulullah.

NASIONAL | 29 Desember 2020

Bareskrim Polri Tangkap Komplotan Sindikat Narkoba Jaringan Internasional di Medan

Narkoba itu dikemas dalam bentuk 30 bungkus teh berwarna hijau.

NASIONAL | 29 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS