Logo BeritaSatu

LAN Gandeng Kempan RB dan Pemprov Jatim Kerja Sama Penyelenggaraan Corporate University bagi ASN Jatim

Selasa, 29 Desember 2020 | 17:09 WIB
Oleh : Willy Masaharu / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam tataran praktik, pengembangan kompetensi tidak lagi dilihat hanya dalam bentuk pembelajaran dalam kelas secara klasikal, namun titik beratnya beralih ke experiental learning dalam bentuk program non klasikal seperti on job training , magang, self-learning, coaching, dan mentoring .

Advertisement

Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr Adi Suryanto, MSi, pada acara penandatanganan Nota Kesepakatan antara LAN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kempan RB), dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) tentang Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Corporate University (CorpU), yang dilangsungkan secara virtual, Selasa (29/12/2020).

“Pengembangan kompetensi secara terintegrasi melalui Corporate University dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan untuk mengakselerasi transformasi pengembangan kompetensi pegawai. Melalui pendekatan CorpU, pengembangan kompetensi bukan semata-mata hanya untuk peningkatan kapasitas individu, akan tetapi juga mendukung peningkatan kapasitas organisasi. Dukungan teknologi informasi menjadi hal yang krusial dalam pengembangan dan operasionalisasi CorpU", jelasnya.

Lebih lanjut, Adi Suryanto menyambut baik dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas sinergi dalam rangka pengembangan kompetensi Pegawai ASN di Jawa Timur melalui CorpU. "Harapan kami, tentunya dengan sinergi 3 (tiga) instansi ini menjadi salah satu gerbang bagi reformasi pengembangan kompetensi ASN, dan menjadi contoh pengembangan CorpU di instansi pemerintah", tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, SH dalam sambutannya menyampaikan apresiasi bahwa Nota Kesepakatan ini memiliki tujuan yang mulia yaitu meningkatkan kualitas ASN dalam rangka peningkatan kualitas birokrasi pemerintah dan pelayanan terhadap masyarakat. "Kita semua tahu bahwa Bapak Presiden Jokowi telah menempatkan pembangunan SDM sebagai salah satu prioritasnya dalam membangun bangsa ini. Oleh sebab itu, Nota Kesepakatan ini merupakan upaya yang tepat. Segera kita akan dorong instansi pemerintah daerah lainnya untuk membuat terobosan dan lompatan agar ASN kita mampu bersaing di segala bidang" tambah Menpan RB.

Selanjutnya, Gubernur Jawa Timur, Dra Khofifah Indar Parawansa, M.Si. menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung komitmen dan berikhtiar bersama untuk mewujudkan ASN yang unggul dan profesional, sehingga ke depan kinerja ASN menjadi penting agar dapat dirasakan oleh masyarakat luas. "Semoga CorpU dapat menjadi pintu gerbang tidak hanya bagi ASN Pemprov Jatim khususnya, namun juga Pemerintah kabupaten-kabupaten di Jawa Timur untuk menjadi semakin berkualitas dan profesional", tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatangan Nota Kesepakatan secara virtual dari tempat kedudukan masing-masing. Acara ini turut dihadiri oleh Pejabat Pimpinan Tinggi di lingkungan Kemenpan RB, LAN, Kepala BPSDM seluruh Indonesia, dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Jawa Timur.

Sedangkan, Kepala Biro Hukum dan Humas LAN, Tri Atmojo Sejati menambahkan bahwa sinergi penyelenggaraan CorpU seperti ini sebelumnya telah dilakukan juga dengan Pemprov Jawa Barat. "Diharapkan, ke depan akan lebih banyak instansi pemerintah pusat maupun daerah yang menginisiasi pengembangan CorpU" tutup Tri Atmojo.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 
LAN
BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Prakiraan Cuaca, Sebagian Jakarta Bakal Diguyur Hujan

Prakiraan Cuaca, Sebagian Jakarta Bakal Diguyur Hujan

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings