Angka Positif Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit Alami Krisis
Logo BeritaSatu

Angka Positif Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit Alami Krisis

Kamis, 7 Januari 2021 | 18:22 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo mengatakan, krisis rumah sakit di Kawasan episentrum, termasuk DKI Jakarta disebabkan oleh lonjakan angka kasus yang mencapai dua kali lipat dari selama dua bulan terakhir. Pada November tercatat, kasus aktif sekitar 54.000 orang, kemudian pada Rabu (6/1/2021) sore angka kasus tercetak 120.000 orang.

"Konsekuensinya adalah penambahan pasien di hampir semua RS. Walaupun pemerintah telah menyiapkan sejumlah fasilitas milik pempus dan pemda dibantu fasilitas milik TNI dan Polri, ini tidak bisa menjamin kita melayani melonjaknya masyarakat kita yang terpapar Covid," kata Doni dalam jumpa pers Update Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Berbagai Daerah Jawa dan Bali di saluran YouTube BNPB, Kamis (7/1/2021).

Doni merinci, Jakarta memiliki 98 RS rujukan corona di mana tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) untuk ruang isolasi sudah mencapai 87% dan ICU sudah mencapai 84%. Padahal, lanjut Doni BOR rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta pada Mei 2020 berjumlah 600 bed. Sekarang sudah ditambah menjadi 962 bed.

"Ditambah terus (jumlah kasur). Seluruh RS sudah disuruh menambahkan kapasitas ICU dan Isolasi," kata Doni melanjutkan.

Doni memastikan beberapa rumah sakit sudah penuh dan tak lagi bisa menampung pasien, baik untuk perawatan OTG dan juga gejala sedang dan ringan. Sehingga harus dialihkan ke Wisma Atlet yang saat ini memiliki sekitar 10.000 tempat tidur.

Belum lagi terbatasnya jumlah SDM itu juga diperparah dengan banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 dan meninggal. Karena itu, dia meminta agar ada perlindungan bagi para tenaga kesehatan.

"Dampak dari jumlah masyarakat yang dirawat itu paralel dengan dokter nakes yang juga ikut terpapar yang dampaknya langsung meningkatnya kematian para dokter kita. Padahal jumlah dokter kita di tanah air juga sangat terbatas sehingga perlu ada perlindungan segera agar fasilitas-fasilitas kita tidak mengalami kepanikan. Fasilitas RS, tenaga dokter dan perawat harus mendapatkan perlindungan,” jelasnya.

Tokoh Masyarakat
Pada kesempatan ini pun ia mengajak kepada seluruh pihak pertama tokoh-tokoh non-formal di daerah, tokoh-tokoh yang punya pengaruh langsung pada masyarakat, agar bisa mengingatkan kembali bahwa Covid ini nyata dan bukan rekayasa.

“Hal ini tentunya harus kita lakukan berbagai upaya. Termasuk nantinya setelah ada ketentuan pembatasan kegiatan masyarakat yang mengacu kepada PSBB atau pembatasan sosial berskala besar sesuai dengan Undang-undang Kekarantinaan Nomor 6 tahun 2018 yang diikuti juga oleh Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2020,” ungkapnya.

Doni pun menekankan, walaupun di rumah masyarakat pun harus menaati protokol kesehatan. Terutama bagi anggota keluarga yang sering melakukan aktivotas di luar rumah.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Tambah 355, Kasus Harian Covid-19 di Yogyakarta Pecah Rekor

Dengan penambahan 355 kasus baru, maka total kasus positif di DIY saat ini menjadi 13.967.

NASIONAL | 7 Januari 2021

Kebijakan Pengetatan Terbatas Berlaku di Seluruh DIY

Kebijakan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat diseluruh DIY erlaku selama dua pekan, yakni mulai tanggal 11 Januari hingga 25 Januari

NASIONAL | 7 Januari 2021

Soal Calon Kapolri, Ini Jawaban Kompolnas

Sejumlah jenderal bintang tiga secara normatif punya peluang untuk bisa menjadi calon Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.

NASIONAL | 7 Januari 2021

Presiden Jokowi: Jadikan Hutan Sosial Bernilai Ekonomi Tinggi

Presiden mengajak masyarakat memanfaatkan hutan sosial, hutan adat, dan Tanah Objek Reforma Agraria sebagai lahan produktif.

NASIONAL | 7 Januari 2021

Presiden Jokowi Tegaskan Akan Pantau Penggunaan Lahan Hutan

Presiden Joko Widodo akan memantau penggunaan lahan hutan tersebut agar dapat digunakan untuk kegiatan produktif.

NASIONAL | 7 Januari 2021

Presiden Jokowi: Redistribusi Aset, Jawaban Sengketa Agraria

Redistribusi aset menjadi jawaban atas sengketa agraria di berbagai daerah di Tanah Air.

NASIONAL | 7 Januari 2021

Presiden Jokowi: Menanti Vaksin Covid-19? Sabar, Saya Juga

Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk bersabar untuk menjalani proses vaksinasi Covid-19.

NASIONAL | 7 Januari 2021

Pengetatan PSBB, Mendagri Keluarkan Instruksi untuk Pemda

Mendagri mengeluarkan instruksi kepada Pemerintah Daerah tentang pemberlakuan kembali PSBB guna mengendalikan penularan Covid-19.

NASIONAL | 7 Januari 2021

Ganjar: Pembatasan Kegiatan Masyarakat Bukan Hal yang Sulit

Gubernur Jawa Tengah mengatakan pembatasan kegiatan masyarakat bukan hal yang sulit.

NASIONAL | 7 Januari 2021

Jelang Pensiun, Kapolri Dianugerahi Wing Kehormatan dan Brevet

Kapolri menerima Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI Angkatan Udara dan Brevet Kapal Selam Hiu Kencana TNI Angkatan Laut.

NASIONAL | 7 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS