Soal Calon Kapolri, Michael Umbas: Pak Jokowi Selalu Lihat Rekam Jejak
Logo BeritaSatu

Soal Calon Kapolri, Michael Umbas: Pak Jokowi Selalu Lihat Rekam Jejak

Sabtu, 9 Januari 2021 | 19:53 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ), Michael Umbas menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentu akan melihat rekam jejak terkait calon Kapolri. Menurut Umbas, 5 nama calon Kapolri yang diusulkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), semua telah memenuhi kriteria untuk menjadi Kapolri.

Secara teknis dan syarat administratif, lanjut Umbas, telah melalui proses yang akuntabel sesuai ketentuan UU 2/2002 tentang Polri.

“Nama yang dikirim nanti adalah sosok yang sebetulnya sudah lama dipilih Jokowi. Jadi beliau sudah menimbang-nimbang nama Kapolri ini sejak Pak Tito diangkat Mendagri. Dengan kata lain calon yang sekarang sudah sreg dan merebut impresi beliau,” ujar Umbas di Jakarta, Sabtu (9/1/2021).

Diketahui, dari lima nama yang diterima Presiden, hanya ada satu nama yang akan dikirim ke DPR untuk mengikuti fit and proper test. Sosok tersebut, menurut Umbas, memiliki kedekatan emosional dengan Presiden, bertangan dingin dan profesional dalam bekerja.

“Pak Jokowi kan selalu lihat rekam jejak. Beliau butuh figur yang memiliki kemampuan dan pengalaman serta teruji dalam menangani berbagai masalah. Lebih dari itu tentu loyalitas yang tinggi. Sosok ini pernah mendapatkan tugas khusus beliau dan mampu memenuhi harapan,” ujar Umbas.

Lalu siapa calon yang dimaksud? Umbas mengaku tidak memiliki kapasitas untuk menyebutkan. “Proses normatif harus dihormati. Namun, sebagai pendukung Pak Jokowi, kami tetap akan dukung penuh siapa pun yang beliau pilih, apalagi ada banyak tantangan dan pekerjaan rumah yang harus dituntaskan oleh Kapolri baru,” ujar Umbas.

Sebelumnya, Menko Polhukam yang juga Ketua Kompolnas Mahfud MD memaparkan kelima calon penerus kepemimpinan Jenderal Pol Idham Azis, seluruhnya menyandang bintang tiga.

“Ini lima nama komjen pol (bintang tiga) yang diajukan kepada Presiden oleh Kompolnas untuk dipilih sebagai calon Kapolri,” ujar Mahfud, Jumat (8/1/2021).

Kelimanya adalah Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafly Amar. Kemudian Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo; Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol, Arief Sulistyanto; dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

Mahfud menyebut nama-nama yang sudah dikirimkan ke Istana sudah memenuhi syarat sebagai Kapolri selanjutnya. “Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang,” ujar Mahfud.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Polres Tanjung Priok Buka Posko Sriwijaya Air di JICT II

Polres Pelabuhan Tanjung Priok membuka posko kemanusiaan di JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara.

NASIONAL | 9 Januari 2021

Sriwijaya Hilang Kontak, Polda Metro Jaya Siapkan Tim SAR

Polisi telah menyiapkan tim bantuan SAR.

NASIONAL | 9 Januari 2021

Mantan Ketua HMI Bersama Istri Diduga Jadi Korban Sriwijaya Air

Adapun nama Mulyadi bersama istri ada dalam daftar penumpang Sriwijaya Air yang diperkirakan jatuh di perairan Kepulauan Seribu tersebut.

NASIONAL | 9 Januari 2021

FlightRadar24: Ketinggian Sriwijaya Air Berkurang 10.000 Kaki dalam 1 Menit

Akun Twitter FlightRadar24 menyebutkan pesawat Sriwijaya SJ-182 yang hilang kontak mengalami kehilangan ketinggian lebih dari 10.000 kaki dalam 1 menit.

NASIONAL | 9 Januari 2021

Basarnas Mencari di Titik Duga Hilangnya Kontak Pesawat Sriwijaya

Hilang kontak setelah melewati ketinggian 11.000 kaki

NASIONAL | 9 Januari 2021

Ini Daftar Pesawat Komersial Alami Kecelakaan di Indonesia

Berdasarkan data yang dikumpulkan dari berbagai sumber, sudah ada 27 kecelakaan pesawat komersil yang terjadi di Tanah Air sejak tahun 1987.

NASIONAL | 9 Januari 2021

Polisi Diminta Usut Kepemilikan Senjata Api Laskar FPI

Kepolisian diminta menyelidiki kepemilikan senjata api Laskar FPI.

NASIONAL | 9 Januari 2021

Khofifah Tetapkan 11 Daerah di Jatim Berlakukan PPKM

11 daerah tersebut yaitu, Kota Surabaya, Malang, Madiun, Kota Batu, Kabupaten Sidoarjo, Gresik, Kabupaten Malang, Madiun, Lamongan, Ngawi dan Kabupaten Blitar.

NASIONAL | 9 Januari 2021

Sriwijaya Air Hilang Kontak, Polisi Cek Info Suara Ledakan di Kepulauan Seribu

Info dari nelayan sekitar pukul 15.00 mendengar suara ledakan di sekitar Pulau Laki, Kepulauan Seribu.

NASIONAL | 9 Januari 2021

Sriwijaya Air Rute Hilang Kontak, DPR: Buka Posko Informasi dan Lakukan Pencarian

Kementerian Perhubungan dan pihak maskapai Sriwijaya Air diminta segera menyampaikan informasi terkini hilang kontak Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak.

NASIONAL | 9 Januari 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS