Logo BeritaSatu

PKL di Klaten Menentang Pembatasan Waktu Berdagang sampai Pukul 19.00

Rabu, 13 Januari 2021 | 19:23 WIB
Oleh : Budi Kusuma / AB

Klaten, Beritasatu.com - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali 11-25 Januari 2021 mendapat tentangan sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kebijakan pembatasan waktu berdagang hingga pukul 19.00 WIB dinilai merugikan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), khususnya pedagang kuliner yang beroperasi pada malam hari. Mereka kini menganggur.

Surat edaran Bupati Klaten Nomor 360/ 016/ 32 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19, antara lain menyebutkan pembatasan jam operasional toko modern hingga angkringan sampai pukul 19.00 WIB.

Salah satu PKL penjual sop ayam, Jamaludin (36), warga Kalurahan Bareng, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Rabu (13/1/2021), mengaku tidak keberatan atas kebijakan PPKM di Klaten. Namun, ia keberatan jika jam operasional PKL dibatasi sampai pukul 19.00 WIB. Ia berharap ada revisi atas kebijakan tersebut.

"Kami resah dengan adanya aturan harus tutup pukul 19.00 WIB. Sekarang tidak bisa jualan lagi karena warung saya biasa buka malam. Jika diteruskan bisa gulung tikar, padahal di daerah lain diperbolehkan PKL berjualan malam hari," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Indri (42). Pedagang angkringan di alun-alun Klaten ini terpaksa membuka usahanya pada pagi hari selama PPKM. Sebelumnya, ia menggelar angkringan pada sore sampai malam hari.

"Saya nekat jualan pagi di sini (alun-alun, Red). Saya bingung sejak adanya PPKM tak bisa berjualan malam hari. Saya tahu jika ini melanggar, karena disini kalau pagi tidak boleh untuk berjualan," tuturnya.

Anggota DPRD Klaten dari Fraksi PKS, Widodo, mengatakan pihaknya mendapat banyak keluhan dari PKL terkait pembatasan jam operasional PKL sampai pukul 19.00 WIB. Pihaknya mendesak Pemerintah Kabupaten Klaten merevisi kebijakan tersebut.

"Adanya PPKM saya setuju karena untuk pengendalian Covid-19. Hanya saja, ada banyak keluhan, khususnya dari PKL yang biasanya buka usaha pada malam hari. Mereka tidak bisa lagi berjualan. Saya minta ada revisi salah satu aturan yang melarang PKL jualan malam hari. Di Solo, PKL diperbolehkan jualan malam hari selama menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan kebijakan PPKM di Kabupaten Klaten sudah melalui kajian. Untuk itu, masyarakat diminta menaati aturan tersebut.

"Solo ya Solo, Klaten ya Klaten. Kepadatan penduduk sangat berbeda antara Klaten dengan Solo. Saya minta masyarakat (Klaten) untuk menaati PPKM," tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 
BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Malaysia Akan Cabut Aturan Wajib Masker di Penerbangan

Malaysia akan mencabut aturan wajib masker di dalam penerbangan yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Satgas Covid-19: Kebijakan Wajib Masker Masih Berlaku

Satgas Covid-19 menyatakan, pemerintah belum berencana mencabut kebijakan wajib masker seperti yang dilakukan negara lain.

NEWS | 29 September 2022

Tiongkok Tolak Keras Perbandingan Ukraina dengan Taiwan

Tiongkok bereaksi terhadap perbandingan antara Ukraina dengan Taiwan. Hal itu ditegaskan juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin.

NEWS | 29 September 2022

Kebanjiran Pengungsi Rusia, Latvia Nyatakan Negara Darurat

Latvia mengumumkan keadaan darurat di dekat perbatasannya dengan Rusia pada Rabu (28/9/2022) setelah kebanjiran pengungsi Rusia.

NEWS | 29 September 2022

TNI AU Selidiki Penemuan Granat Asap dan Peluru di Bekasi

TNI AU masih mendalami penemuan granat asap dan peluru yang ditemukan di sebuah rumah, di Pondokgede, Kota Bekasi, Selasa, 27 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Hari Ini, Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

BMKG DKI Jakarta menerangkan, potensi hujan disertai petir terjadi di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hingga menjelang malam hari.

NEWS | 29 September 2022

Pabrik Keramik di Bekasi Diberi Waktu Perbaiki Pengolahan Limbah

Pabrik keramik PT Sarana Griya Lestari Keramik diberi batas waktu untuk memperbaiki manajemen pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). 

NEWS | 29 September 2022

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Ferdy Sambo dan 11 tersangka lain kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dan obstruction of justice segera diserahkan ke jaksa.

NEWS | 29 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 28 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 di Jakarta sampai tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Jumlah Penerima Vaksin Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Malaysia Akan Cabut Aturan Wajib Masker di Penerbangan

Malaysia Akan Cabut Aturan Wajib Masker di Penerbangan

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings