Wapres Minta Pendataan Penyandang Disabilitas Disempurnakan
Logo BeritaSatu

Wujudkan Masyarakat Inklusi Indonesia

Wapres Minta Pendataan Penyandang Disabilitas Disempurnakan

Kamis, 14 Januari 2021 | 19:29 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Presiden (Wapres), KH Ma'ruf Amin, menyerukan upaya mewujudkan Masyarakat Inklusi Indonesia terus dilaksanakan, dengan membangun masyarakat yang terbuka, ramah, dan meniadakan hambatan, serta saling menghargai dan merangkul setiap perbedaan.

"Saya mendapat informasi dari masyarakat, tentang masih adanya kesulitan yang dirasakan penyandang disabilitas dalam mengakses dan menikmati haknya sebagai warga negara. Hal ini dapat menghambat perwujudan kesamaan hak dan kesempatan menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri, dan tanpa diskriminasi,” ujar Wapres, saat menghadiri acara Dialog Indonesia Inklusi sekaligus Penutupan Temu Inklusi Nasional Ke-4 Tahun 2020, Kamis (14/1/2021).

Wapres menegaskan pentingnya kolaborasi pemerintah, swasta dan masyarakat, untuk mendukung secara optimal program-program inklusi bagi penyandang disabilitas. Seperti pendidikan berbasis inklusi, penyediaan dan perluasan kesempatan kerja baik pada sektor formal maupun informal. Lalu aksesibilitas terhadap fasilitas umum, akses kesehatan, komunikasi dan informasi, persamaan hak sebagai konsumen, partisipasi di bidang hukum dan politik, serta bidang-bidang lainnya.

"Saya juga meminta agar kualitas sumber daya manusia penyandang disabilitas terus ditingkatkan, sehingga mampu berpartisipasi dan berkarya pada semua bidang, yang setara dengan seluruh warga negara Indonesia,” kata Wapres Ma'ruf Amin.

Secara khusus, Wapres meminta agar dilakukan penyesuaian dan penyempurnaan program pendidikan yang berbasis pendidikan inklusif, baik formal, non formal maupun vokasional. Sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia penyandang disabilitas.

Sebab, menurutnya, peningkatan kualitas sumber daya manusia penyandang disabilitas terkait erat dengan arah kebijakan pembangunan Indonesia yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

"Dalam mencapai tujuan tersebut, kebijakan pembangunan manusia salah satunya diarahkan untuk pemenuhan pelayanan dasar dan perlindungan sosial sepanjang hayat bagi semua, peningkatan produktivitas dan daya saing angkatan kerja dengan pendekatan siklus hidup dan bersifat inklusi, termasuk memperhatikan kebutuhan penduduk usia lanjut maupun penduduk penyandang disabilitas,” jelasnya.

Di samping itu, menurut Wapres, hal lain yang diperlukan untuk mendukung pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas adalah perbaikan data nasional penyandang disabilitas.

“Saat ini Indonesia masih memerlukan data yang terintegrasi, yang menjelaskan mengenai jumlah, sebaran dan karakteristik penyandang disabilitas," katanya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Mendes dan Bupati Kukar Bahas Ketahanan Pangan di Lahan Transmigrasi

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dan Bupati Kutai Kartanegara mematangkan rencana program ketahanan di lahan transmigrasi.

NASIONAL | 14 Januari 2021

Wajibkan Vaksinasi Covid-19, Negara Tak Langgar HAM

Negara memiliki tanggung jawab untuk melindungi setiap warga negara agar tidak tertular Covid-19.

NASIONAL | 14 Januari 2021

Usut Dugaan Gratifikasi, KPK Geledah Rumah Dinas Wali Kota Batu

Selain menggeledah rumah dinas Wali Kota, tim penyidik KPK juga menggeledah rumah staf pribadi mantan Wali Kota Batu.

NASIONAL | 14 Januari 2021

Polisi Tembak Mati Gembong Narkoba di Medan

Seorang di antara tersangka yang diketahui sebagai gembong narkoba, ditembak mati karena melakukan penyerangan saat ditangkap.

NASIONAL | 14 Januari 2021

KPK Bantah Batasi Hak Tahanan Bertemu Penasihat Hukum

KP membantah telah membatasi hak tahanan untuk bertemu dengan penasihat hukum.

NASIONAL | 14 Januari 2021

Hina SBY dan AHY di Media Sosial, Guru Besar USU Dilaporkan ke Polisi

Partai Demokrat yang merasa gerah dengan postingan Yusuf Leonard Henuk, membuat pengaduan atas penghinaan itu ke Markas Polda Sumatera Utara.

NASIONAL | 14 Januari 2021

Cuaca Kurang Baik, Pesawat Lion Air JT-684 Rute Jakarta-Pontianak Mendarat di Batam

Dalam penerbangan ini, Lion Air membawa tujuh awak pesawat, 132 penumpang dewasa, tiga anak-anak, dan dua balita.

NASIONAL | 14 Januari 2021

Kajari Jakarta Timur Sebut Kasus Korupsi Tanah di Cakung Bermula dari Fakta Persidangan

Penyidikan kasus ini bermula dari fakta persidangan kasus pidana umum berupa pemalsuan surat di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

NASIONAL | 14 Januari 2021

Kalimantan Selatan Dilanda Banjir, Polisi Gerak Cepat Bantu Evakuasi Warga

Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kalimantan Selatan, membuat debit air sungai meningkat dan meluap.

NASIONAL | 14 Januari 2021

Kasus Suap Izin Ekspor Benur, KPK Jadwalkan Periksa Dirjen Perikanan Budidaya

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi menjadwalkan memeriksa Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Slamet Soebjakto.

NASIONAL | 14 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS