Logo BeritaSatu

Jokowi Sampaikan Belasungkawa Atas Bencana di Sulawesi Barat dan Jawa Barat

Jumat, 15 Januari 2021 | 14:45 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / JAI

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa atas korban meninggal dunia akibat bencana alam gempa bumi yang melanda wilayah Provinsi Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) dini hari.

“Saya atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia menyampaikan duka yang mendalam atas korban yang meninggal dunia,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/1/2021).

Presiden mengungkapkan, telah memerintahkan jajarannya untuk bertindak cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat, terkait gempa bumi yang melanda Provinsi Sulawesi Barat tersebut berkekuatan 6,2 magnitudo yang terjadi sekitar pukul 01.28 WITA, Jumat (15/1/2021).

“Tadi pagi saya juga bertelepon kepada Gubernur Sulawesi Barat dan saya juga telah memerintahkan kepada Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), kepada Menteri Sosial, kepada Kepala Basarnas (Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan), dan Panglima TNI dan Kapolri beserta jajarannya, untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, serta melakukan perawatan kepada korban yang luka-luka,” ujar Jokowi.

Kepala Negara juga meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti petunjuk-petunjuk yang disampaikan oleh petugas di lapangan.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menyampaikan dukacita yang mendalam atas korban meninggal dunia akibat tanah longsor di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Untuk penanganan longsor di Kabupaten Sumedang, Presiden juga telah memerintahkan Kepala BNPB, Menteri Sosial, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera melakukan relokasi warga terdampak bencana.

“Terakhir, saya mengimbau agar kita semuanya untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem baik berupa hujan lebat dan yang lainnya dan selalu memperhatikan peringatan dini mengenai cuaca dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika),” kata Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Update Covid-19: Kasus Positif Hari Ini Bertambah 1.344

Update Covid-19 pada hari ini, Senin (26/9/2022), kasus positif mengalami kenaikan sebanyak 1.344.  Total kasus konfirmasi positif 6.423.873.

NEWS | 26 September 2022

Ledakan di Asrama Polisi, Pengirim Paket Berstatus Saksi

Pria di Kabupaten Indramayu pengirim paket yang menjadi sumber ledakan di Asrama Polisi (Aspol), Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, berstatus sebagai saksi.

NEWS | 26 September 2022

Polres Subang Selidiki Terkait Temuan Tengkorak Manusia

Polres Subang masih menyelidiki terkait dengan temuan kerangka dan tengkorak manusia utuh di perkebunan tebu, Desa Gembor, Kecamatan Pagaden.

NEWS | 26 September 2022

Komandan Komite Wajib Militer Rusia Ditembak Seorang Pria

Seorang komandan komite wajib militer di sebuah kota di Siberia ditembak seorang pria sembari mengatakan 'tidak ada yang akan pergi ke mana pun'.

NEWS | 26 September 2022

Terkait Kelengkapan Berkas Perkara Ferdy Sambo Cs, Ini Kata Kejagung

Kejagung angkat bicara terkait kelengkapan berkas perkara Ferdy Sambo dan tersangka lainnya.  

NEWS | 26 September 2022

Kuasa Hukum Klaim Lukas Enembe Tidak Biayai Demo di Jayapura

Stefanus Roy Rening, kuasa hukum Gubernur Papua, Lukas Enembe mengeklaim kliennya tidak membiayai demonstrasi "Save Lukas Enembe" di Jayapura.

NEWS | 26 September 2022

Amanah Baru untuk Suharso Monoarfa dari Presiden Jokowi

Presiden Jokowi menunjuk Suharso Monoarfa sebagai koordinator pelaksana pada Dewan Pengarah Nasional untuk pencapaian sasaran Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

NEWS | 26 September 2022

Raffi Ahmad Jelaskan Kondisi Mami Popon yang Masih Drop

Artis Raffi Ahmad tiba di Indonesia dari Amerika Serikat, dan langsung menjelaskan kondisi neneknya, Mami Popon yang masih drop di rumah sakit.

NEWS | 26 September 2022

Korupsi Proyek IPDN, Eks Pejabat Waskita Karya Dituntut 4,5 Tahun Penjara

JPU KPK agar 4,5 tahun Adi Wibowo selaku Kepala Divisi I (Gedung) PT Waskita Karya dihukum 4,5 tahun penjara atas perkara korupsi proyek IPDN di Gowa, Sulsel.

NEWS | 26 September 2022

Sakit, AKBP Arif Rachman Sempat Hadir di Sidang Etik Ipda Arsyad Daiva

Sidang etik terhadap Ipda Arsyad Daiva Gunawan saat ini tengah berlangsung. Sidang etik itu sempat dihadiri saksi AKBP Arif Rachman Arifin

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kinerja Anies Baswedan Jadi Promosi Para Relawan di Daerah

Kinerja Anies Baswedan Jadi Promosi Para Relawan di Daerah

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings