Disnakertrans Malut Melepas Ekspor Kopra Putih Produksi Kelompok Tani
Logo BeritaSatu

Disnakertrans Malut Melepas Ekspor Kopra Putih Produksi Kelompok Tani

Sabtu, 16 Januari 2021 | 11:46 WIB
Oleh : Sahrudin Nurdin / JAI

Jakarta, Britasatu.com- Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Maluku Utara (Malut), Ridwan Hasan, bersama Komisi II DPRD Provinsi Malut, melepas secara simbolis ekspor Kopra Putih perdana hasil produksi kelompok tani binaan Disnakertrans, di Desa Rioribati, Halmahera Barat, Jumat (15/1/2021).

Petani kopra di bawah bimbingan PT Rumah Kelapa Mekarsari ini, memproduksi 10 ton kopra putih untuk diekspor melalui mitra eksportir di Surabaya, Jawa Timur. Pelepasan ini ditandai dengan pemecahan buah kelapa oleh Kadisnakertrans Ridwan Hasan.

Dalam sambutannya, Ridwan menyampaikan, kegiatan pengolahan kopra putih merupakan salah satu program prioritas Disnakertrans Malut, dalam upaya untuk memperluas kesempatan kerja sektor informal pedesaan.

Selain itu, upaya ekspor kopra putih juga menjadi jawaban atas permasalahan rendahnya harga kopra di Malut, yang hingga saat ini belum bisa diselesaikan, dan hanya mengikuti mekanisme pasar. Saat ini, harga kopra mulai merangkak naik, namun hal itu disebabkan mekanisme pasar, bukan upaya intervensi dari pemerintah daerah melalui dinas terkait.

"Kita harus melakukan terobosan untuk dapat mengawal dan mengantisipasi gejolak dan dinamika harga kopra yang cenderung tidak stabil ini, dan untuk itulah Kopra putih menjadi pilihan karena memiliki keunggulan dari sisi harga yang lebih Baik dan yang terpenting dapat menyerap tenaga kerja yang cukup banyak untuk setiap unit usaha," ujar Ridwan.

Terkait dengan itu, Ridwan berharap, pengiriman perdana kopra putih dari kelompok tani binaan, yang akan diekspor melalui mitra di Surabaya pada 2021. menjadi awal yang baik bagi pengembangan unit usaha kopra putih di Provinsi Malut.

"Kopra putih sebagai media penyedia tenaga kerja yang sangat baik bagi Maluku Utara di masa depan," ucap Ridwan.

Komisi II DPRD Malut dibawah Pimpinan Ishak Naser, merespon positif pengembangan kopra putih tersebut. Dia menilai, langkah itu akan mendorong peningkatan produksi kopra putih dari para petani di Malut.

Ke depan, Ishak berharap, kegiatan-kegiatan yang bersifat pemberdayaan ekonomi dengan teknologi tepat guna yang sederhana seperti ini dapat terus dikembangkan, mengingat potensi buah kelapa dan prospek penyerapan tenaga kerja maka masih sangat membutuhkan ratusan unit-unit seperti yang ada ini.

Selain aspek produksi, lanjutnya, yag harus diperhatikan adalah aspek tata niaga atau pemasarannya agar adaya kepastian pasar yang dapat menjamin keadilan bagi semua pihak.

"Petani mendapat hasil yang sepadan dengan jerih payahnya dan pedagang atau pembeli mendapat keuntungan yang wajar, sehingga tercipta iklim usaha yang sehat dan berkemanusiaan," kata Ishak Anggota DPRD Malut itu.

Sebagai informasi, kegiatan Pengolahan Kopra Putih Binaan Dinas Nakertrans ini sendiri tersebar di beberapa titik pengolahan, diantaranya di Tabanga, Desa Rioribati, Desa Tabadamai, Kecamatan Jailolo Selatan, kemudian di Desa Lovra dan Kao Barat, Halmahera Utara.

Abdurrahman Duwila, dari PT Rumah Kelapa Mekarsari yang menjadi pendamping kelompok tani kopra putih, mengatakan pihaknya siap bersinergi dalam memberikan alih teknologi yang tepat guna untuk produksi kopra putih optimal. PT Rumah Kelapa Mekarsari juga bertindak sebagai Pembina Proses Produksi sekaligus Oftaker yang menjamin Pasar bagi Hasil Produksi di seluruh unit binaan.

“Kami siap bersinergi dan menularkan alih teknologi tepat guna untuk managamen mutu dan system kerja Kopra putih yang baik agar hasilnya optimal dan hemat," kata Abdurrahman.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Terdampak Gempa, Kanwil BPN Sulbar Pastikan Dokumen Pertanahan Aman

Selain Kantor Pertanahan Mamuju, Kantor Pertanahan Majene juga mengalami kerusakan.

NASIONAL | 16 Januari 2021

Majene Kembali Diguncang Gempa Susulan M5,0

Gempa berpusat di darat 20 km Timur Laut Majene dan berkedalaman 10 km.

NASIONAL | 16 Januari 2021

Bantu Korban Banjir di Kalsel, Pesawat TNI AU Kirim Bantuan Logistik

Pesawat TNI AU yang dilibatkan adalah A-1327 dari Skadron Udara 31 dengan membawa personel, perahu karet, dan bantuan logistik.

NASIONAL | 16 Januari 2021

Jadi Calon Kapolri, Ini Tantangan Komjen Sigit 3 Tahun ke Depan

Komjen Listyo Sigit merupakan sosok yang tegas dan punya chemistri dengan Presiden Jokowi.

NASIONAL | 16 Januari 2021

189 Dirawat di Kabupaten Mamuju, dan 15.000 Orang di Majene Mengungsi

Total korban tewas hingga kini 42 orang.

NASIONAL | 16 Januari 2021

KPK Duga Adik Pimpinan Komisi VIII DPR Turut Garap Bansos

KPK memeriksa seorang pengusaha bernama Muhammad Rakyan Ikram sebagai saksi kasus dugaan suap pengadaan bantuan sosial Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek.

NASIONAL | 15 Januari 2021

Penunjukan Listyo Sigit sebagai Calon Kapolri Cerminkan Semangat Kebinekaan

Kami berharap dan percaya kapolri yang baru nanti mampu memimpin Polri dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sesuai amanat undang-undang.

NASIONAL | 15 Januari 2021

Mabes Polri Bantu Tangani Gempa Sulbar

Bantuan dari Mabes Polri tertuang dalam surat telegram nomor STR/27/I/Ops.2/2021 yang ditandatangani Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto.

NASIONAL | 15 Januari 2021

Tidak Asal-asalan, Inilah Kriteria Pemilihan Vaksin Covid-19

Pemerintah menerapkan asas kehati-hatian dalam memilih vaksin Covid-19.

NASIONAL | 15 Januari 2021

Keraton Kompak “Turun” dengan Tangki

Meskipun musim penghujan, sekitar 700-an Kepala Keluarga (KK) di Kaliurang, Kelurahan Hargobinangun, Kapanewonan Pakem, Sleman, mengalami kesulitan air

NASIONAL | 15 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS