Komjen Listyo Harus Berkomitmen Berantas Korupsi dan Pungli
Logo BeritaSatu

Komjen Listyo Harus Berkomitmen Berantas Korupsi dan Pungli

Sabtu, 16 Januari 2021 | 14:35 WIB
Oleh : Fana F Suparman / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengajukan nama Kepala Bareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR pada Rabu, 13 Januari 2021. Listyo akan menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021.

Pakar Hukum Pidana dari Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar menyatakan, Komjen Listyo Sigit harus memiliki komitmen tinggi memberantas korupsi dan pungutan liar (pungli), terutama di tubuh Korps Bhayangkara.

“Ini harus jadi perhatian utama memberantas sifat koruptif di kepolisian yang cenderung menggunakan kewenangannya secara komersial, sehingga banyak polisi gendut. Jadi, harus ada komitmen tinggi dari Kapolri baru untuk memberantas korupsi dan pungli ditubuh Polri,” kata Fickar saat dihubungi awak media, Sabtu (16/1/2021).

Selain komitmen memberantas korupsi dan pungutan liar. Abdul Fickar juga meminta Kapolri baru untuk membuat aturan disiplin yang ketat di internal Kepolisian. Dikatakan, penegakan disipilin yang ketati Polri akan menjadi teladan bagi kepatuhan hukum masyarakat.

“Yang kesemuanya harus dilakukan secara terbuka sebagai bagian dari akuntabilitas kepolisian yang digaji oleh uang rakyat,” katanya.

Lebih jauh, Abdul Fickar menyatakan, seorang Kapolri selalu menghadapi tantangan yang beragam sebagai penanggungjawab keamanan dalam negeri dan penegak hukum. Untuk itu, Abdul Fickar mengingatkan agar polisi atau Kapolri jangan sampai terjebak menjadi alat kekuasaan.

“Karena dengan kewenangannya, tidak mustahil bisa dimanfaatkan untuk memukul lawan politik dengan mengkriminalisasi pihak lawan politik,” tegasnya.

Apalagi, kata Abdul Fickar, penunjukan Komjen Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri lantaran dinilai sebagai sosok berpengalaman dan dekat dengan Presiden Jokowi. Hal ini mengingat, Listyo merupakan mantan Ajudan Presiden Jokowi tahun 2014. Selain itu, Abdul Fickar juga menyoroti pencalonan Komjen Listyo Sigit sebagai calon Kapolri yang melewati beberapa angkatan. Hal ini mirip dengan pencalonan Tito Karnavian beberapa tahun lalu.

“Saya kira ini kecenderungan yang wajar sepanjang didukung oleh profesionalisme sang calon, karena Presiden pasti akan memilih yang lebih muda darinya dan dekat untuk memudahkan komunikasi. Karena itu, ini tidak boleh disalahgunakan polisi menjadi alat kekuasaan politik,” kata Abdul Fickar.

Diketahui, Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) telah menyerahkan Surat Presiden mengenai penunjukkan Listyo sebagai calon tunggal Kapolri pengganti Idham Azis kepada DPR, Rabu (13/1/2021). Surpres itu diterima oleh Ketua DPR, Puan Maharani di Gedung Parlemen.

Selanjutnya, Komjen Listyo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan yang rencananya digelar Komisi III DPR pada pekan depan.



Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

IIPG Ajak Terus Gotong Royong di Masa Pandemi

Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar terus kerja sama dan gotong-royong di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

NASIONAL | 15 Januari 2021

Geledah Rumah Dirjen Linjamsos, KPK Sita Dokumen Bansos

KPK mengamankan sejumlah dokumen terkait kasus dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) Covid-19

NASIONAL | 14 Januari 2021

Optimalkan Singkong untuk Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Bisa membuat harga singkong menjadi lebih stabil

NASIONAL | 16 Januari 2021

Tahun Ini, Seleksi Masuk Prodi Sarjana Terapan Lewat Jalur LTMPT

Mulai 2021, tes masuk pendidikan vokasi, khusus jenjang sarjana terapan atau D-IV di Politeknik maupun di perguruan tinggi yang dimiliki Diksi dikelola LTMPT.

NASIONAL | 16 Januari 2021

Dengan Garam, Gelap Jadi Terang

Letak rumah jabatan gubernur yang berada di dataran tinggi, membuat masyarakat berbondong-bondong mengungsi ke kawasan sekitarnya.

NASIONAL | 16 Januari 2021

Ini 3 Ciri Kelompok Penolak Listyo Sigit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengajukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri baru.

NASIONAL | 16 Januari 2021

Edhy Prabowo Diduga Gunakan Uang Suap Ekspor Benur untuk Bagi-bagi Mobil

Dugaan pembelian mobil dan dibagi-bagikan kepada sejumlah pihak itu dikonfirmasi penyidik saat memeriksa Edhy sebagai tersangka dugaan suap izin ekspor benur.

NASIONAL | 16 Januari 2021

BMKG: Sulbar Diguncang Gempa 31 Kali

Gempa susulan bisa terjadi karena energi gelombang yang dilepaskan kemungkinan masih akan muncul.

NASIONAL | 16 Januari 2021

Waketum DMI Ajak Pemuda Islam Santun dalam Bersosmed

Syafruddin juga berpesan kepada para pemuda Islam untuk menunjukkan kebesaran Islam yang santun dan cinta damai.

NASIONAL | 16 Januari 2021

Taiwan Beri Bantuan Teknis Pertanian di Karawang dan Bandung

TTM mendukung petani Indonesia dalam menjaga produksi serta membantu kelompok miskin dan tertinggal di pedesaan pada masa pandemi ini.

NASIONAL | 16 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS