Kementerian Agama Berikan Harmony Award 2020 kepada Tokoh Sumut RE Nainggolan
Logo BeritaSatu

Kementerian Agama Berikan Harmony Award 2020 kepada Tokoh Sumut RE Nainggolan

Sabtu, 20 Juni 2020 | 09:34 WIB
Oleh : JEM

Medan, Beritasatu.com - Kementerian Agama memberikan penghargaan Harmony Award 2020 kepada sejumlah tokoh lintas agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Tokoh kharismatik asal Sumatera Utara (Sumut) yang menerima penghargaan itu adalah Rustam Effendy (RE) Nainggolan dan Kombes Pol (Purn) Maruli Siahaan.

Pemberian penghargaan Harmony Award 2020 Kementerian Agama ini diwakili oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumut Syahrul Wirda. Selain RE Nainggolan, Ketua FKUB Sumut Maratua Simanjuntak, Ketua FKUB Medan Ilyas Halim dan tokoh lintas agama Buya Amiruddin, juga menerima Harmony Award 2020.

Pemberian penghargaan ini dihadiri oleh Pelaksana tugas (Plt) Kabag Agama Kota Medan, Agus Maryono mewakili Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Ketua DPRD Kota Medan Hasyim SE, Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar. Penghargaan Harmony Award 2020 ini diserahkan di Hotel Madani, Jalan SM Raja, Jumat (15/01/2021) malam.

"Penghargaan Harmony Award 2020 dari Kementerian Agama ini sangat berarti dalam meningkatkan motivasi bagi kami bersama FKUB dan pemerintah untuk terus merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan serta kerukunan umat beragama," ujar RE Nainggolan melalui keterangan tertulisnya yang diterima Beritasatu.com, Sabtu (16/1/2021) sore.

Mantan Sekretaris Daerah Pemprov Sumut ini menyampaikan, setiap agama mengajarkan kedamaian yang bertujuan membawa kebaikan bagi seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, menjalin dan menjaga hubungan atarumat beragama oleh pemerintah bersama seluruh tokoh lintas agama maupun masyarakat, sangat penting.

"Keberagaman agama di Indonesia, termasuk di Provinsi Sumut dan Kota Medan, adalah kekayaan yang harus terus dijaga. "Saudara-sudara saya, mari kita secara bersama - sama untik terus merawat kerukunan antarumat, merawat kedamaian dan persaudaraan," katanya.

Plt Kabag Agama Kota Medan, Agus Maryono menyampaikan, Harmony Award merupakan bentuk apresiasi Kementerian Agama terhadap partisipasi dan kontribusi pemerintah daerah (Pemda) dan FKUB dalam merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan serta penguatan kerukunan umat beragama di Indonesia.

“Penghargaan ini tentunya sangat berarti dalam meningkatkan motivasi dan kinerja Pemda serta FKUB di tahun 2021 meskipun Pandemi Covid-19 masih terus ada dalam kehidupan kita. Oleh sebab itu, tugas kita ke depan, untuk terus melanjutkan perjuangan dalam menjaga harmoni antarumat beragama," jelasnya.

Ketua DPRD kota Medan Hasyim SE mengatakan, pencapaian penghargaan Harmony Award 2020 yang telah diberikan Kementerian Agama RI merupakan kolaborasi Pemda, DPRD dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama seluruh lapisan masyarakat.

"Kolaborasi dengan tujuan untuk merajut dan menguatkan kebersamaan antarumat beragama di Sumut, khususnya di Kota Medan. Tugas bersama kita adalah bersama-sama berjuang menjadikan daerah ini sebagai tempat yang harmoni bagi seluruh umat. Kerukunan ini harus tetap terjaga," sebutnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

TIM DVI Telah Identifikasi 24 Korban Sriwijaya Air

Dari 188 kantong jenazah tersebut, 162 di antaranya telah selesai diperiksa.

NASIONAL | 17 Januari 2021

Ketua KPU Sumsel Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana meninggal dunia di Rumah Sakit Charitas Palembang pukul 06.00 WIB akibat Covid-19.

NASIONAL | 17 Januari 2021

Pemprov Papua Sudah Latih 200 Petugas Vaksinasi Covid-19

Jumlah vaksin yang diterima oleh Provinsi Papua sebanyak 14.680 dosis vaksin dan akan diberikan sejak Januari hingga Maret 2021.

NASIONAL | 17 Januari 2021

Hari Keempat, Banjir Banjarmasin Belum Surut

Tinggi air tidak juga menurun, malah naik meski tidak ada turun hujan karena kondisi air laut masih pasang dan air kiriman dari hulu.

NASIONAL | 17 Januari 2021

3 Korban Jiwa Longsor di Sumedang Ditemukan, Total 28 Orang Meninggal Dunia

Pencarian korban terkendala dengan cuaca hujan dan perlu diwaspadai longsor susulan, karena masih ada retakan di beberapa tempat di lokasi longsor.

NASIONAL | 17 Januari 2021

Banjir dan Tanah Longsor di Kota Manado, 5 Orang Meninggal Dunia

Satu orang hilang dan masih dalam pencarian, serta 500 jiwa mengungsi yang masih dalam proses pendataan.

NASIONAL | 17 Januari 2021

BNPB: Korban Gempa Sulbar Bertambah Jadi 56 Orang

Sebanyak 47 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan sembilan orang di Kabupaten Majene

NASIONAL | 17 Januari 2021

Baznas Kirim Tim Medis ke Lokasi Gempa Sulawesi Barat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengirimkan tim medis dan tim tanggap bencana dari Jakarta untuk membantu proses evakuasi korban bencana gempa bumi di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat

NASIONAL | 16 Januari 2021

Bensin Eceran di Mamuju Melonjak Hingga Rp 30.000 Per Liter

Harga bensin yang dijual pedagang eceran di Mamuju setelah gempa berkekuatan 6,2 magnitudo naik menjadi Rp 30.000 per liter.

NASIONAL | 16 Januari 2021

Apresiasi Jokowi, Vox Point Berharap Fit and Proper Tes Komjen Sigit Berjalan Lancar

Pengusulan Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit ini menunjukkan profesionalisme Presiden Jokowi.

NASIONAL | 16 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS