Dualisme Berakhir, Dekopin Siap Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional
Logo BeritaSatu

Dualisme Berakhir, Dekopin Siap Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Minggu, 17 Januari 2021 | 12:40 WIB
Oleh : Kunradus Aliandu / KUN

Jakarta, Beritasatu.com - Pakar hukum tatanegara Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie meminta Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid segera menjalin komunikasi dan kerja sama yang baik dengan pemerintah terkait putusan PTUN Jakarta. Dengan komunikasi yang baik, mantan Ketua Mahkamah Kontitusi RI itu berharap Presiden Joko Widodo akan mendapat informasi yang benar sehingga bisa segera mengakhiri dualisme Dekopin yang sudah berlangsung setahun. Berakhirnya dualisme akan meningkatkan kinerja Dekopin dalam mendukung pemerintah memulihkan perekonomian nasional.

Hal itu dikatakan Jimly menanggapi kemenangan Nurdin Halid atas gugatannya kepada Dirjen Peraturan Perundang-undangan RI Kementerian Hukum dan HAM yang dikabulkan majelis Hakim di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, Selasa (12/1/2021). Dalam putusannya, hakim menyatakan tidak sah surat tergugat Nomor PPE.PP.06.03-1017 tanggal 12 Juli 2020 tentang Pendapat Hukum yang diterbitkan Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM RI kepada Sri Untari Bisowarno.

“Putusan hakim PTUN ini kiranya menjadi momentum bagi pemerintahan Jokowi untuk segera mengakhiri masalah yang membelit Dekopin selama setahun ini. Masih banyak persoalan yang harus dikerjakan pemerintah bersama koperasi di masa sulit akibat pandemi Covid-19 ini. Jadi, misi besar Dekopin sebagai wadah Gerakan Koperasi Indonesia jangan tergerus oleh kisruh yang tidak produktif ini,” ujar Jimly Asshiddiqie.

Kuasa Hukum Dekopin Muslim Jaya ButarButar mengatakan, surat Dirjen tersebut selama ini dijadikan ‘alat legalitas’ oleh Sri Untari Bisowarno yang mengaku-ngaku sebagai ketua umum Dekopin. Pertimbangan hukum dari hakim, tergugat Dirjen Peraturan Perundang-undangan RI tidak berwenang menerbitkan Surat Nomor : PPE.PP.06.03-1017 tanggal 2 Juli 2020 tentang Pendapat Hukum yang ditujukan kepada Ketua Umum Dekopin (Sri Untari Bisowarno).

“Berdasarkan putusan PTUN Jakarta tersebut, maka Dr. Sri Untari Bisowarno secara hukum dalam bentuk apa pun tidak berhak menyebut dirinya selaku Ketua Umum Dekopin. Dengan adanya putusan PTUN itu pula, maka jelas dan terang Ketua Umum Dekopin adalah H.A.M. Nurdin Halid yang terpilih secara aklamasi dalam forum Munas Dekopin di Makassar pada 11-14 November 2019. Karena itu, kami berharap Presiden RI Joko Widodo segera menerbitkan Surat Keputusan Presiden tentang Perubahan Anggaran Dasar Dekopin yang diputuskan dan disahkan dalam Munas tersebut,” demikian Muslim ButarButar dalam keterangan tertulis (12/1/2021).

Di sisi lain, Prof Jimly juga meminta Nurdin Halid untuk merangkul kembali kubu Sri Untari. Putusan hakim PTUN dijadikan momentum untuk melakukan dialog lanjutan yang sempat macet karena adanya gugatan di PTUN. Inilah saatnya, kata Jimly, Dekopin melakukan konsolidasi nasional.“Saya berharap, dengan putusan PTUN ini tidak ada yang merasa dikalahkan. Mari bermusyawarah. Ajak Sri Untari untuk dialog lanjutan yang sudah dibangun sebelum gugatan PTUN. Itulah filosofi Pancasila. Saya mengajak semua aktivis koperasi untuk bersatu membangun dan membantu koperasi-koperasi kita yang menghadapi kesulitan di masa pandemi Covid-19 ini,” kata Jimly.

Menanggapi permintaan Prof Jimly, Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid mengatakan siap melakukan komunikasi dan kerja sama dengan pemerintah, khususnya melalui Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, dan Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto. Dengan keluarnya putusan PTUN ini, kata Nurdin Halid, pihaknya akan segera berkomunikasi intensif lagi dengan Menkop dan UKM Teten Masduki.

“Saya sesungguhnya sering berkomunikasi dengan Menteri, Pak Teten. Sebelum saya mau menggugat surat berisi Pendapat Hukum Dirjen Perundang-undangan, saya pun melaporkan kepada Pak Teten. Beliau mendukung rencana tersebut agar persoalannya menjadi terang-benderang sehingga masalah dualisme ini bisa diakhiri. Dengan adanya putusan PTUN ini, maka dalam waktu dekat saya pasti menghadap Menkop lagi,” ujar Nurdin Halid.



Sumber: PR


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Jokowi Terbitkan Perpres Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme

Perpres 7/2021 ditandatangani Presiden Jokowi pada 6 Januari 2021 dan telah diundangkan pada 7 Januari 2021.

NASIONAL | 17 Januari 2021

2 Tahun Berturut, Jateng Juara Inklusif Keuangan Nasional

Selain keuangan yang inklusif, Ganjar juga mendorong kebiasaan cashless dalam kehidupan masyarakat.

NASIONAL | 17 Januari 2021

Ahmad Sahroni Apresiasi Langkah Polri Bantu Korban Bencana

Bencana banjir yang melanda Kalimantan Selatan dan gempa bumi di Sulawesi Barat mengundang keprihatinan para pihak.

NASIONAL | 17 Januari 2021

Listrik RSUD Mamuju dan RS Regional Sulbar Kembali Menyala

Korban tewas gempa Sulbar yang meliputi Mamuju dan Majene bertambah menjadi 56 orang.

NASIONAL | 17 Januari 2021

Anggaran Pengadaan Vaksin Sinovac Rp 20,9 Triliun, Sahroni: KPK Harus Awasi

Anggaran pengadaan vaksin Sinovac mencapai 20,9 triliun. Ahmad Sahroni berharap KPK dapat mengawasi dan mengawal proses pengadaan vaksin tersebut.

NASIONAL | 17 Januari 2021

KPK Dalami Arahan Eks Mensos Juliari ke Bawahan Terkait Pengadaan Bansos

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi telah memeriksa mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Sosial, Adi Wahyono.

NASIONAL | 17 Januari 2021

BNPB dan BMKG Minta Warga Mamaju Tak Percaya Hoax Gempa Susulan

Beredar isu yang mengharuskan masyarakat keluar dari Mamuju setelah sebelumnya didahului informasi hoax gempa susulan yang lebih jauh besar.

NASIONAL | 17 Januari 2021

Bukan Sengketa Hasil, Praktisi Hukum: MK Bakal Tolak Gugatan Pilwakot Manado

Mahkamah Konstitusi kemungkinan akan menolak permohonan gugatan Pilwakot Manado.

NASIONAL | 17 Januari 2021

Balita 0-3 Tahun Korban Gempa Sulbar Sangat Membutuhkan Popok dan Minyak Telon

Anhar mengatakan, para balita tersebut saat ini mengungsi bersama orang tua mereka di tenda-tenda pengungsian baik di Mamuju maupun Majene, Sulbar.

NASIONAL | 17 Januari 2021

PLN Pulihkan 426 Gardu Terdampak Banjir di Kalsel

Petugas PLN akan terus melakukan patroli pemantauan kondisi debit air di titik lokasi terdampak banjir.

NASIONAL | 17 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS