Terkait Kasus Korupsi Dana BBM, Sekretaris DPRD Seluma Ditahan
Logo BeritaSatu

Terkait Kasus Korupsi Dana BBM, Sekretaris DPRD Seluma Ditahan

Kamis, 21 Januari 2021 | 12:18 WIB
Oleh : Usmin / JEM

Bengkulu, Beritasatu.com - Sekretaris (Sekwan) DPRD Kabupaten Seluma, Bengkulu, ES yang tersangka kasus dugaan korupsi anggaran pemeliharaan kendaraan dinas dan belanja bahan bakar minyak (BBM) tahun 2017 lalu, ditahan penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu.

Kepala Seksi Penkum Kejati Bengkulu, Marthin Luther, di Bengkulu, Kamis (21/1) mengatakan, tersangka ES ditahan setelah pihaknya menerima pelimpahan berkas perkara tahap kedua dari penyidik Polda Bengkulu.

"Tersangka dugaan korupsi dana pemeliharaan kendaraan dinas dan belanja BBM di DPRD Seluma, ES mulai hari ini kita tahan setelah menerima pelimpahan berkas perkara tahap kedua dari penyidik Polda Bengkulu. Tersangka kita tahan untuk kelancaran proses penyidikan selanjutnya," ujarnya.

Penyidik Kejati Bengkulu, selain menerima pelimpahan tersangka juga menerima barang bukti sebanyak 10 berkas dalam kasus dugaan korupsi dana pemeliharaan kendaraan dinas dan belanja BBM di Sekwan Seluma tahun 2017.

Tersangka ES saat ini ditahan sebagai tahanan titipan Kejati Bengkulu di Rutan Polda setempat. Sekwan DPRD Seluma ini akan ditahap selama 20 hari pertama. Namun, jika proses penyidilkan belum selesai maka penahanan tersangka bisa diperpanjang 20 hari kedua.

"Jadi, tersangka ES kita tahan untuk kelancaran proses penyidikan agar kasus ini dapat segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Tipikor untuk disidangkan. Penahanan ini juga dilakukan untuk mencegah tersangka melarikan diri dan menghilangkan barang bukti," ujarnya.

Seperti diketahui dugaan kasus korupsi belanja BBM dan pemeliharaan kendaraan dinas di Setwan Seluma, telah menyeret dua orang tersangka, yakni FL selaku PPTK dan SA selaku bendahara. Dua orang tersebut, sudah mendapatkan vonis dari majelis hakim Pengadilan Negeri Bengkulu, masing-masing 1 tahun penjara dan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan penjara.

Tersangka sempat dihadirkan sebagai saksi terhadap dua tersangka FL dan SA pada sidang di PN Bengkulu, Februari 2020 lalu. Dalam sidang tersebut, ES mengaku tidak tahu mekanisme keuangan, karena yang lebih tahu bagian keuangan.

ES juga mengaku dirinya hanya menandatangi laporan pertanggungjawaban tanpa melakukan pengecekan penggunaan anggaran. Tersangka juga mengakui tidak tahu pembayaran pencairan belanja BBM tidak sesuai struk dan menimbulkan kerugian sebanyak Rp 700 juta.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Sinabung Kembali Erupsi, Tanah Karo Diguyur Abu Vulkanik

Natanail menyampaiian, erupsi Sinabung membentuk kolom dengan ketinggian sekitar 500 meter dari atas puncak gunung.

NASIONAL | 21 Januari 2021

Pemprov Sulsel Pulangkan 102 Penyintas Gempa Sulbar ke Kampung Halaman di Jatim dan Jateng

Para penyintas nantinya akan dijemput oleh gubernur di daerahnya masing-masing.

NASIONAL | 21 Januari 2021

Fachrori Umar Pamit dan Minta Penggantinya Selamatkan Jambi dari Ketertinggalan Pendidikan

Empat daerah yang telah dikunjungi Fachrori Umar sepekan ini, yakni Kota Sungaipenuh, Kabupaten Kerinci, Merangin, Bungo dan Tebo.

NASIONAL | 21 Januari 2021

KPK Bentuk Satgas Khusus Buru Buronan, Termasuk Harun dan Sjamsul

Tim satgas ini khusus dibentuk untuk fokus mencari buronan tanpa disibukkan kegiatan penyidikan atau penyelidikan sehari-hari.

NASIONAL | 21 Januari 2021

Cuaca Ekstrem, Warga 16 Kecamatan di Banten Selatan Diminta Waspada

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian besar wilayah berpotensi terjadi cuaca ekstrem.

NASIONAL | 21 Januari 2021

Kehadiran Komponen Cadangan Akan Memperkuat TNI

Komcad tidak akan menjadi tentara bayaran, karena tunduk pada disiplin TNI dan ditempa memiliki disiplin tinggi TNI.

NASIONAL | 21 Januari 2021

Kebijakan Pembatasan di DIY, Kasus Covid-19 Turun 5%

kasus terkonfirmasi Covid-19 di DIY sebanyak 287 kasus pada Rabu, sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi 17.802 kasus.

NASIONAL | 20 Januari 2021

Hari Ini DPR Ambil Keputusan Pengangkatan Komjen Sigit

Komisi III DPR menyetujui penunjukan Komjen Sigit sebagai kapolri setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam rapat internal.

NASIONAL | 21 Januari 2021

BMKG Minta Masyarakat Waspadai Puncak Musim Hujan Januari-Februari

BMKG mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem puncak musim hujan yang diperkirakan terjadi pada Januari hingga Februari 2021.

NASIONAL | 20 Januari 2021

Pemprov Sulsel Tanggung Biaya Pulang Kampung Korban Gempa Sulbar

Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah menyatakan akan menanggung semua biaya pulang kampung korban gempa Sulawesi Barat asal Jateng dan Jatim.

NASIONAL | 20 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS