Bayi Kembar Siam Adam dan Aris Berhasil Dipisahkan
Logo BeritaSatu

Bayi Kembar Siam Adam dan Aris Berhasil Dipisahkan

Kamis, 21 Januari 2021 | 20:49 WIB
Oleh : Arnold H Sianturi / JAS

Medan, Beritasatu.com - Kondisi bayi kembar siam Adam dan Aris setelah menjalani operasi pemisahan di Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Sumatera Utara (Sumut), pada Rabu (20/1/2021) kemarin, sampai Kamis (21/1/2021) sore, masih dalam keadaan stabil.

Direktur RSUP Haji Adam Malik Medan, Zainal Safri menyampaikan, saat ini bayi Adam dan Aris masih dalam perhatian khusus dari tenaga medis. Adam dan Aris dirawat di tempat tidur yang berbeda dan alat bantu yang berbeda. Seriap saat, kondisi kesehatan kedua bayi ini dikontrol.

"Operasi yang kita lakukan kemarin, dari mulai pukul 8 pagi dan berhasil dipisahkan pukul 17.40 WIB. Kemudian kita pindahkan ke ruang ICU pukul 21.00 malam. Nah itu semua prosesnya mulai dari awal hingga pagi ini belum memiliki kendali cukup berarti, relatif stabil," ujar Zainal Safri.

Zainal menyampaikan, total biaya untuk operasi pemisahan Adam dan Aris memakan biaya sekitar Rp 800 juta. Namun, biaya operasi pemisahan bayi dempet perut dan dada ini, tidak dibebankan kepada orangtua bayi, Nur Rahmawati (26) dan Supono (32). Biaya operasi ini ditanggung pemerintah.

"Operasi pemisahan berlangsung lama karena memang luas operasi yang cukup besar. Karena seluruh abdomen dan sebagian bagian dada bagian yang sempet dari dinding jantung dan bagian hatinya. Alhamdulillah, kedua bayi sekarang dirawat di ruang ICU dan kondisinya stabil," katanya.

Sementara itu, orangtua dari kembar siam Adam dan Aris, Nur Rahmawati (26) dan Supono (32), mengharapkan, kondisi kesehatan kedua bayinya semakin membaik setelah menjalani proses operasi pemisahan. Supono bersama istrinya mengaku sudah sepenuhnya menyerahkan penanganan kesehatan anaknya kepada tenaga medis.

"Kami berdoa agar kedua anak kami ini tetap dalam kondisi baik dan sehat untuk ke depannya. Kami sudah sangat ingin melihat langsung bahkan menggendong kedua anak kami ini. Semoga tidak ada kendala menyangkut kesehatan anak kami," sebutnya.

Seperti diketahui, bayi kembar siam bernama Adam dan Aris, yang berasal dari Dusun Sei Kelapa II, Desa Tanjung Haloban, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhan Batu, menjalani operasi pemisahan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (20/1/2021).

Sekretaris Tim Penanganan Bayi Kembar Siam RSUP Haji Adam Malik Medan, Rizky Adriansyah mengatakan, kondisi bayi kembar siam Adam dan Aris, yang kini berusia 1 tahun 9 bulan 10 hari, dan lahir di RSUP Haji Adam Malik pada tanggal 9 Desember 2019 lalu, dalam keadaan sehat. Berat bayi kembar siam ini sekitar 16 kilogram.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

10 Februari, KRL Solo-Yogyakarta Mulai Beroperasi

KRL Solo-Yogyakarta akan mulai beroperasi pada 10 Februari 2021 mendatang setelah selesai masa uji coba yang direncanakan berlangsung hingga 7 Februari 2021.

NASIONAL | 21 Januari 2021

Seluruh Jateng Siap Menerapkan Perpanjangan PPKM

Ganjar menegaskan, dukungan dari Kabupaten/Kota terkait penerapan PPKM juga sangat positif.

NASIONAL | 21 Januari 2021

9 Hari PPKM, Polda Jatim Jaring 1,2 Juta Pelanggar Protokol Kesehatan

Nilai denda yang dikenakan tercatat mencapai Rp 299,6 juta.

NASIONAL | 21 Januari 2021

PMI Banten Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

PMI Banten memiliki tiga unit donor darah (UDD) yang bisa melakukan pelayanan donor plasma konvalesen.

NASIONAL | 21 Januari 2021

Mengintip Calon Kabareskrim, Soal Angkatan atau Kompetensi?

Listyo Sigit akan naik menjadi jenderal bintang empat dan meninggalkan kursi Kabareskrim yang harus segera dicarikan penggantinya.

NASIONAL | 21 Januari 2021

Dua Wanita Diciduk Selundupkan Narkoba di Rutan Mapolrestabes Medan

MI bersama temannya mengaku bahwa narkoba jenis sabu-sabu tersebut, merupakan pesanan dari suaminya berinisial HS yang ditahan di rutan Polrestabes Medan.

NASIONAL | 21 Januari 2021

BMKG: Gempa 7,1 M Guncang Sulut

Gempa bumi dengan magnitudo 7,1 mengguncang kawasan Melonguane, Sulawesi Utara, Kamis (21/1./2021).

NASIONAL | 21 Januari 2021

KPU Sumut Tetapkan 12 Pasangan Pemenang Pilkada Serentak

Penetapan pasangan calon kepala daerah ini diumumkan karena tidak ada sengketa dari pihak dirugikan pada 12 daerah yang menggelar pilkada.

NASIONAL | 21 Januari 2021

KPK Diminta Terbitkan Red Notice untuk Harun Masiku

Penerbitan red notice diyakini dapat membatasi ruang gerak Harun Masiku, termasuk jika kabur ke luar negeri dengan cara menyelundup melalui perbatasan.

NASIONAL | 21 Januari 2021

PPKM di Jawa-Bali Belum Efektif Tekan Kasus Positif Covid-19

Hampir setengah zona merah di Indonesia berasal dari kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali.

NASIONAL | 21 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS