Pesan dari Vatikan: Kemajemukan Merupakan Kekuatan Bangsa Indonesia
Logo BeritaSatu

Pesan dari Vatikan: Kemajemukan Merupakan Kekuatan Bangsa Indonesia

Minggu, 24 Januari 2021 | 10:25 WIB
Oleh : L Gora Kunjana / AO

Jakarta, Beritasatu.com - Ikatan kebangsaan dan semangat keindonesiaan pada saat ini dirasakan kian melemah. Penyebab utamanya adalah telah terjadi polarisasi dalam tubuh bangsa Indonesia dan ini mengakibatkan kemajemukan bangsa, yang seharusnya menjadi kekuatan, justru menjadi kelemahan karena kurangnya kesadaran masyarakat akan anugerah tersebut.

Akibatnya, sejak merdeka Indonesia menghadapi berbagi krisis termasuk politik, relasi sosial budaya, relasi lintas agama, berbagai malapetaka hingga ancaman degradasi moral. Bahkan di saat Indonesia menghadapi pandemi, krisis tetap terjadi dengan kondisi masyarakat terbelah dalam berbagai posisi.

Demikian ditegaskan oleh Staf Dewan Kepausan Untuk Dialog AntarUmat Beragama yang berkedudukan di Vatikan RP Markus Solo Kewuta SVD, konselebrans utama dalam misa secara virtual "Buka Tahun Baru Bersama Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) ke-16 2021", Sabtu (23/1/2021).

Konselebrans lain dalam misa yang diadakan di Roma, Italia, itu adalah RP Agustinus Purnomo MSF (Superior General Kongregasi MSF) dan RP Paulus Laurentius Pitoy MSC (Assistant Superior General Kongregasi MSC). Ketiga konselebran itu berasal dari Indonesia.

Markus Solo menegaskan, krisis yang muncul di Indonesia pada saat ini terutama disebabkan ada sebagian masyarakat yang tidak mendukung serta bekerja sama secara jujur dan sekaligus sepenuh hati kepada presiden yang resmi dipilih secara demokratis. Hal ini menambah berbagai kompleksitas krisis yang menambah berbagai persoalan yang dulu belum terpecahkan.

“Saya mengimbau kepada wartawan Indonesia terutama wartawan Katolik untuk menjaga keutuhan dengan mempererat ikatan dan spirit keindonesiaan demi utuhnya NKRI dengan berpegang pada tiga hal yakni percaya pada penyertaan Tuhan, aktif menebarkan benih kasih dan kebenaran, serta terus mengabarkan warta gembira,” tegas Markus Solo yang berasal dari Nusa Tenggara Timur itu.

Markus Solo menggarisbawahi, dalam menunaikan tugasnya, PWKI menghadapi tantangan dunia Indonesia yang sebagian warganya berani berada dalam post truth era atau era pascakebenaran, yang lebih suka menyebar hoax dan fake news daripada kebenaran.

“Mengutip pernyataan Rasul Paulus, kelompok masyarakat post truth itu lebih suka memilih menjadi hamba-hamba huruf dan kalimat yang dapat menghancurkan nilai-nilai kehidupan bersama daripada menjadi hamba-hamba roh yang menyebarkan napas-napas kehidupan yang menyelamatkan. Tantangan inilah yang harus dihadapi para wartawan, terutama ketika berenang melawan arus, terjadi pertentangan nurani dan bahkan yang melukai integritas,” ujar Markus Solo.

Dalam konteks ini, wartawan seharusnya menjadi “nabi” (modern) yang hidup di zaman open society (masyarakat terbuka) seperti sekarang ini. Para wartawan harus siap menjadi ‘nabi” yang berani ditolak, dicemooh ketika harus memperjuangkan kebenaran.

“Wartawan harus menjadi garam dan terang. Para wartawan tidak boleh membiarkan diri dimanipulasi oleh orang lain agar misi serta jati dirinya menjadi garam yang melezatkan dan terang yang menerangi tidak kabur agar diperoleh kebenaran,” ujarnya.

Hanya saja, Pastor Markus mengingatkan, karena kebenaran cenderung memperhamba manusia atas nama hukum dan aturan, wartawan harus memiliki kasih untuk mengontrol kebenaran itu sendiri. Kasih adalah DNA, parameter kemuridan Kristus, dan akhirnya kebenaran berfungsi untuk memerdekakan kita.

Hadir dalam acara ini Menkominfo Johnny G Plate, Dubes Indonesia untuk Tahta Suci L Amrih Jinangkung, dan Dirjen Bimas Katolik Y Bayu Samodro.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Buka Tahun Baru Bersama PWKI kali ini juga memberi anugerah “Terima Kasihku Kepadamu" kepada Ketua KPK Komjen Firli Bahuri, Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Letjen Doni Monardo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan wanita inspiratif yang juga perancang busana Anne Avantie.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Sleman Pulangkan Pengungsi Merapi Setelah PPKM Selesai

Adapun potensi bahaya berupa lontaran material vulkanik bila terjadi letusan ekplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

NASIONAL | 24 Januari 2021

KPK Ungkap Sejumlah Saksi Kasus Suap Banprov Indramayu Diintimidasi

Ali masih enggan membeberkan pihak-pihak yang mengintimidasi para saksi. Pelaku bisa dijerat dengan pasal menghalangi proses penyidikan.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Teluk Jakarta, Minamata, dan Membenahi 13 DAS

Penelitian menunjukkan volume sampah yang masuk perairan Teluk Jakarta meningkat lima persen.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Pedihnya Nelayan Berjibaku dengan Pencemaran Teluk Jakarta

Kondisi perairan Jakarta sedang tercemar berat sehingga di bawah laut tidak terlihat apapun.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Anggota DPR Menduga Banjir Kalsel Akibat Eksplorasi Hutan

Akar dari permasalahan ini adalah perbuatan pribadi atau korporasi yang tidak bertanggung jawab dalam menjalankan kewajibannya.

NASIONAL | 24 Januari 2021

27 Orang Positif Covid-19, Guru Pesantren di Mukomuko Tolak Tes Usap

Terkonfirmasi 27 orang positif Covid-19 Pondok Pesantren Al Iman Kecamatan Air Manjuto.

NASIONAL | 24 Januari 2021

BNPB Catat 197 Bencana Terjadi Sejak Awal Tahun

Serangkaian bencana di awal tahun 2021 menyebabkan 184 orang meninggal dunia.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Positif Covid-19, 12 Pengungsi Sulbar Batal Dipulangkan

Dinsos Sulsel mencatat 12 orang korban gempa Sulawesi Barat yang mengungsi ke Sulawesi Selatan, gagal dipulangkan karena terkonfirmasi positif Covid-19.

NASIONAL | 23 Januari 2021

Dirut Batik Air Meninggal Dunia

Achmad Luthfie meninggal dunia di salah satu rumah sakit di Tangerang, Sabtu (23/1/2021).

NASIONAL | 23 Januari 2021

Dirjen PPKL, KLHK RM Karliansyah: Hanya 5,79% Luas IPPKH Tambang di Kalsel

Adanya polemik tentang analisis banjir Kalsel dapat dipahami, karena ada keinginan secara cepat mencari sebab dan untuk segera mengatasinya.

NASIONAL | 23 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS