Bupati Terpilih Radiapoh Sinaga: Kerusakan Jalan Tantangan Terberat Pembangunan di Simalungun
Logo BeritaSatu

Bupati Terpilih Radiapoh Sinaga: Kerusakan Jalan Tantangan Terberat Pembangunan di Simalungun

Senin, 25 Januari 2021 | 10:19 WIB
Oleh : Radesman Saragih / JEM

Jambi, Beritasatu.com - Kerusakan jalan yang cukup parah menjadi salah satu tantangan berat pembangunan di Kabupaten Simalungun, Provinsi Jambi. Sulitnya mengatasi kerusakan jalan di daerah itu disebabkan kondisi kerusakan jalan yang semakin berat. Kemudian kerusakan jalan terjadi di sebagian besar wilayah Simalungun. Perbaikan kerusakan jalan tersebut tidak bisa dilakukan secara menyeluruh dan maksimal melalui peningkatan kualitas jalan karena anggaran pembangunan infratruktur yang terbatas.

“Kerusakan jalan memang menjadi salah satu tantangan berat di Kabupaten Simalungun ke depan. Masalahnya kondisi kerusakan jalan di sebagian besar wilayah Simalungun sudah cukup berat. Kerusakan jalan di Simalungun tidak bisa lagi dilakukan secara tambal sulam, tetapi harus secara menyeluruh dengan konsep peningkatan kualitas jalan,”kata pemenang Pemilihan Bupati (Pilbup) Simalungun 2020, Radiapoh Sinaga kepada Beritasatu.com di Kota Jambi, Senin (25/1/2020).

Radiapoh Sinaga yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) KabupatenSimalungun sebegai pemenang Pemilihan Kepala Dearah (Pilkada) Serentak 2020 di Kabupaten Simalungun, Rabu (20/1/2020) hadir di Jambi dalam lawatannya ke beberapa wilayah di Sumatera, yakni ke Provinsi Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Riau dan Kepulauan Riau (Kepri).

Menurut Radiapoh Sinaga yang selama ini menjadi pengusaha di Batam, Kepri, kerusakan jalan di Kabupaten Simalungun saat ini mencapai 1.100 kilometer (km). Kerusakan jalan tersebut tersebar di 32 kecamatan. Perbaikan kerusakan jalan tersebut perlu dipercepat mencegah lumpuhnya transportasi ke sentra-sentra produksi di Simalungun.

“Kalau perbaikan keruisakan tersebut hanya dilakukan secara bertahap dengan anggaran yang minim, waktu yang dibutuhkan cukup lama, mencapai tujuh tahun. Jika pola perbaikan jalan seperti itu ilakukan, risikonya jalan yang baru diperbaiki di suatu titik sudah rusak kembali ketika perbaikan kerusakan jalan di titik lain dilakukan tahun berikutnya. Jadi perbaikan kerusakan jalan di Simalungun harus dilakukan secara serentak, menyeluruh dan permanen,”katanya.

Menurut Radiapoh Sinaga, setelah dilantik menjadi Bupati Simalungun, 21 April 2021, Dia mengaku tidak bisa langsung melaksanakan perbaikan kerusakan jalan di Simalungun saat ini. Persoalannya Snggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 Kabupaten Simalungun sudah diketuk palu (disetujui) DPRD Simalungun.

“Namun buka berarti perbaikan kerusakan jalan tidak dilakukan tahun ini. Saya akan memanfaatkan anggaran dana yang tersedia untuk memperbaiki kerusakan jalan di Simalungun. Saya akan mencari peluang-peluang lain untuk mempercepat perbaikan kerusakan jalan di Simalungun,”katanya.

Dijelaskan, selama ini Pemkab Simalungun kurang mampu meningkatkan anggaran pembangunan dan perbaikan jalan akibat komunikasi yang kurang intensif dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Nah, peluang ini nanti yang akan saya lakukan. Komunikasi dengan Pemprov Sumut dan Kementerian PUPR akan kami tingkatkan untuk mengatasi kesulitan dana perbaikan kerusakan jalan di Simalungun. Komunikasi itu penting karena sebagian besar jalan rusak di Simalungun berstatus jalan provinsi dan jalan nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Meslan Saragi (56), warga Kota Jambi asal Kabupaten Simalungun di Jambi, Minggu (24/1/2020) mengatakan, kerusakan jalan di bebeapa daerah di Simalungun sangat parah. Kerusakan jalan tidak hanya terjadi di jalan berstatus jalan kabupaten yang menghubungkan satu kecamatan dengan kecamatan lain.

Menurut Meslan Saragih yang baru pulang dari Simalungun pada libur Tahun Baru 2021 awal Januari lalu, kerusakan jalan yang cukup parah di Simalungun juga banyak terjadi di ruas jalan berstatus jalan provinsi. Misalnya kerusakan ruas jalan Pematangraya – Seribudolok, Perdagangan – Kota Pematangsiantar.

“Jalan rusak di beberapa lokasi sepanjang Kota Pematangraya -Seribudolok sangat sulit dilalui di saat hujan karena berlumpur. Bahkan sebagian ruas jalan seperti di Desa Rayausang longsor dan tidak bisa dilalui kendaraan,” katanya.

Hal senada juga diakui, Risma Sinaga (67), warga Kota Jambi asal Simalungun. Menurut Risma, ruas jalan ke desa mereka di daerah Tigaras, Kabupaten Simalungun hingga saat ini rusak berat. Kerusakan di desa asalnya tersebut sudah lama tidak diperbaiki.

“Kami berharap Radiapoh Sinaga yang sudah terpilih menjadi Bupati Simalungun periode 2021-2024 bisa segera memperbaiki kerusakan jalan ke kampung halaman saya tersebu,”katanya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Bupati Sleman yang Terinfeksi Covid-19 Usai Divaksin Terus Dipantau Dokter

Sri Purnomo melakukan aktivitas olah raga seperti biasa di sekitar rumah dinas.

NASIONAL | 25 Januari 2021

Bocah Hanyut Banjir Manado Ditemukan Tewas

Korban bernama Timothy Bitty itu berhasil ditemukan saat melakukan penyisiran di sungai kecil, 1 kilometer dari perumahan lokasi korban terjatuh.

NASIONAL | 25 Januari 2021

Kasus SMKN 2 Padang Harus Dijadikan Momentum Penanganan Sikap Intoleransi

Insiden di Padang seharusnya dapat dijadikan momentum penanganan berkembangnya sikap-sikap intoleransi di Indonesia.

NASIONAL | 25 Januari 2021

Pekan Ini, Kemdikbud Matangkan Wacana Pembukaan Sekolah di Daerah 3T

Secara keseluruhan Indonesia memang belum siap untuk melakukan PJJ atau belajar dari rumah saat pandemi merebak pada Maret tahun lalu.

NASIONAL | 25 Januari 2021

KPAI Minta Sekolah di Jawa-Bali Tetap Lakukan PJJ Selama Pandemi

Sebab, hak hidup nomor 1, hak sehat nomor 2, dan hak atas pendidikan nomor 3.

NASIONAL | 24 Januari 2021

PJJ Kurang Efektif, PGRI Minta Kemdikbud Siapkan Strategi Baru

Solusi pendidikan masa pandemi bukanlah buru-buru membuka sekolah, tetapi mempersiapkan exit strategy atau strategi menghadapi pandemi.

NASIONAL | 24 Januari 2021

PLN Pulihkan Sistem Kelistrikan di Kota Manado

PLN telah menyalakan kembali seluruh gardu listrik terdampak banjir di Kota Manado.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Penurunan Kondisi Kesehatan Hambat Vaksinasi Covid-19 di Kota Jambi

Kendala darah tinggi yang dialami tenaga kesehatan, menyebabkan proses vaksinasi Covid-19 di Kota Jambi terpaksa harus ditunda.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Gubernur Sulbar Imbau Warga Mamuju Kembali ke Rumah

Gubernur juga meminta warga tidak termakan isu yang tidak jelas sumbernya, terkait bencana susulan.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Polda Banten Kawal Pengiriman Vaksin Covid-19 ke Pulau Sumatera

Personel Ditlantas Polda Banten melakukan pengawalan pengiriman vaksin Sinovac ke beberapa provinsi di Pulau Sumatera.

NASIONAL | 24 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS