MWA Tolak Permintaan Kemdikbud Lantik Rektor USU
Logo BeritaSatu

MWA Tolak Permintaan Kemdikbud Lantik Rektor USU

Senin, 25 Januari 2021 | 16:53 WIB
Oleh : Arnold H Sianturi / JAS

Medan, Beritasatu.com - Meski ada permintaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Majelis Wali Amanat Universitas Sumatera Utara (MWA USU) memastikan menolak untuk melantik Muryanto Amin sebagai Rektor USU menggantikan Runtung Sitepu di Jakarta, 28 Januari 2021.

Sekretaris MWA USU, Guslihan Dasatjipta mengatakan, MWA USU menolak melantik Muryanto Amin sebagaimana permintaan dari Kemdikbud, karena Rektor USU sudah membuat keputusan memberikan sanksi berupa penundaan kenaikan pangkat dan golongan selama 1 tahun terhadap Muryanto Amin yang dinyatakan terbukti melakukan plagiarisme.

"Kita pastikan tidak akan terjadi kekosongan jabatan Rektor USU. MWA USU tidak akan membiarkan terjadinya kekosongan jabatan rektor. MWA USU akan menempatkan salah satu dari wakil rektor untuk menjadi pelaksana tugas rektor. Nanti akan ditunjuk pelaksana tugas yang tepat," ujar Guslihan Dasatjipta, Senin (25/1/2021).

Guslihan menyebutkan, MWA USU menolak melantik Muryanto Amin sebagai Rektor USU karena akan membawa dampak besar terhadap anak didik. Pasalnya, Muryanto Amin dipastikan akan mengeluarkan produk hukum ketika dilantik menjadi Rektor USU. Sebagai contoh adalah penandatanganan ijazah mahasiswa.

"Plagiat tak boleh menandatangani ijazah, berani menandatangani akan dituntut oleh masyarakat. Dampaknya sangat besar jika dilantik, karena ada produk hukum yang akan ditandatangani rektor yang bisa cacat demi hukum, salah satu contoh ijazah, yang paling besar ijazah," tegasnya.

Sebelumnya, Rektor USU Runtung Sitepu melalui keputusan dengan Nomor: 82/UN5 1 R/SK/KPM/2021 menyatakan, bahwa Dr Muryanto Amin SSos MSi telah terbukti secara sah dan meyakinkan dengan sengaja dan berulang melakukan perbuatan plagiarisme dalam bentuk self-plagiarism atau autoplagiasi (plagiasi diri sendiri).

Kemudian, Muryanto Amin disebutkan telah terbukti melanggar etika keilmuan dan moral Sivitas Akademika. Selain itu, Rektor USU Runtung Sitepu juga mengeluarkan sanksi hukuman kepada Muryanto Amin berupa penundaan kenaikan pangkat dan golongan.

Muryanto Amin juga diminta untuk mengembalikan insentif yang telah diterimanya atas terbitnya artikel berjudul A New Patronage Network of Pemuda Pancasila in Governor Election of North Sumatera yang dipublikasikan pada jurnal Man in India terbit September 2017, ke kas USU.

Wakil Rektor 3 USU Mahyuddin KM Nasution menyebutkan, keputusan Rektor USU Nomor: 82/UN5.1.R/SK/KPM/2021 Tentang Penetapan Sanksi Pelanggaran Norma Etika Akademik/Etika Keilmuan dan Moral Sivitas Akademika Atas Nama Dr Muryanto Amin SSos MSi dalam Kasus Plagiarisme, tertanggal 14 Januari 2021.

"Keputusan Rektor USU tersebut dibuat berdasarkan keputusan Komite Etik USU tentang dugaan pelanggaran Etika Keilmuan dan Moralitas Sivitas Akademika dalam bentuk Plagiarisme oleh Dr Muryanto Amin S Sos MSi Nomor 55/UN5.1.KE/SK/TPM/2021, pada tanggal 12 Januari 2021," sebut Mahyuddin KM Nasution.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Danone Aqua Turut Bantu Korban Bencana Alam di Jawa Barat

Danone Aqua memberikan bantuan air minum untuk para korban bencana banjir bandang yang terjadi di Gunung Mas, Puncak, Bogor.

NASIONAL | 25 Januari 2021

Eks Petinggi Garuda Didakwa Terima Suap Lebih dari Rp 80 Miliar

Hadinoto Soedigno didakwa telah menerima suap dari 4 produsen pesawat dan mesin pesawat sejumlah lebih dari Rp 80 miliar.

NASIONAL | 25 Januari 2021

Sumut Tetap Ikuti Petunjuk Pusat untuk Penanganan Covid-19

Pemprov Sumut masih menunggu surat edaran resmi dari kementerian kesehatan. Petunjuk dari pusat itu wajib untuk dilaksanakan.

NASIONAL | 25 Januari 2021

Tenaga Kesehaan di 8 Kabupaten Jambi Belum Lakukan Vaksinasi

Jumlah nakes yang belum divaksinasi di delapan kabupaten dan satu kota itu mencapai 8.411 orang.

NASIONAL | 25 Januari 2021

Jajaran ASN Kanwil Kemkumham Kalbar Diminta Jaga Integritas dan Disiplin

Hal ini disampaikan Fery Monang saat menggelar apel pagi bersama seluruh unit pelaksana uTeknis secara serentak via daring Senin (25/01/2021).

NASIONAL | 25 Januari 2021

Sumut Kembali Menerima 40.000 Vial Vaksin Sinovac

Vaksin yang diterima itu akan disimpan sementara di gudang penyimpanan khusus milik Dinas Kesehatan Sumut.

NASIONAL | 25 Januari 2021

Jateng Targetkan Vaksinasi Tenaga Kesehatan Tuntas Pertengahan Februari

Untuk vaksinasi tahap satu termin kedua ini, Jateng sudah mendapat jatah vaksin sebanyak 248.600 vial,

NASIONAL | 25 Januari 2021

Ganjar: PPKM Tahap I, Jateng Memiliki Skor Bagus

Angka keterpakaian tempat tidur di rumah sakit rujukan, Jateng itu di angka 66,67% dan Bali 60,32%.

NASIONAL | 25 Januari 2021

KPK Fokus Pembuktian Suap Juliari dan Tersangka Lain Kasus Bansos

KPK memastikan pengusutan kasus ini tidak akan terpengaruh dengan pemberitaan terkait isu yang mengarah pada keterlibatan pihak-pihak lain dalam kasus tersebut.

NASIONAL | 25 Januari 2021

Bayi Kembar Siam Adam dan Aris Kembali Jalani Operasi

Operasi terhadap bayi Adam dan Aris berupa operasi debridement, tidak akan membahayakan kedua bayi.

NASIONAL | 25 Januari 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS