Kapolri Baru, Sahabat Polisi: Kita Berharap Ada Paradigma Baru
Logo BeritaSatu

Kapolri Baru, Sahabat Polisi: Kita Berharap Ada Paradigma Baru

Selasa, 26 Januari 2021 | 21:06 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Mabes Polri memastikan pelantikan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan digelar di Istana Negara, pada Rabu (27/1/2021). Sigit juga akan naik pangkat menjadi jenderal bintang empat.

Berbagai harapan masyarakat mengiringi langkah Sigit dalam menduduki posisi tertinggi di institusi Polri. Salah satunya, organisasi Sahabat Polisi Indonesia (SPI).

"Kita berharap kepemimpinan Kapolri baru di tangan Jenderal Listyo Sigit Prabowo, ada paradigma baru yang akan dikembangkan Polri,” terang Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia, Fonda Tangguh, dalam webinar Sahabat Polisi Indonesia di Wisma Lumbini, Jakarta, Selasa (26/1/2021).

"Paradigma baru itu berorientasi kepada pemecahan masalah-masalah masyarakat, dengan berbasis pada potensi-potensi sumber daya lokal dan kedekatan dengan masyarakat yang lebih humanis dengan meraih simpati dari masyarakat,” tambahnya.

Fonda mengatakan, penegakan hukum merupakan salah satu upaya Polri demi terciptanya ketertiban dan keamanan di tengah kehidupan masyarakat. Dua puluh tahun lebih setelah berpisah dari TNI, kepolisian menghadapi tantangan agar penegakan hukum lebih profesional.

"Tentu masyarakat sejatinya adalah pihak yang akan menikmati profesionalisme kerja Polri. Pencapaian kepercayaan publik yang tinggi dapat diyakini merupakan suatu kepuasan segenap anggota Polri,” urainya.

Lebih dari itu, jelas Fonda, Sahabat Polisi Indonesia menyambut baik dan berharap Kapolri baru mampu membawa institusi kepolisian sesuai slogan Polri Presisi. "Bagaimana polisi humanis bisa tercipta? Tiada cara lain selain jajaran kepolisian harus terus menerus hadir, hidup, dan merasakan denyut nadi kehidupan masyarakat,” jelasnya.

Menurut Fonda, dengan adanya interaksi yang terus menerus itu polisi lebih bisa mengutamakan pencegahan kriminalitas atau crime prevention.

"Dengan adanya interaksi yang terus menerus tersebut polisi lebih bisa berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Kita berharap tugas utama aparat kepolisian tidak hanya untuk melawan kejahatan, lebih dari itu harus mampu mencari dan melenyapkan sumber kejahatan,” paparnya.

Sahabat Polisi Indonesia, tambah Fonda, siap menjadi jembatan yang akan menghubungkan aspirasi masyarakat terhadap pelayanan kepolisian, disamping itu menjadi fasilitator kepolisian dalam membangun kemitraan ditengah masyarakat dalam menciptakan keamanan dan ketertiban.

Sahabat polisi juga akan menjadi benteng masyarakat dari berita hoax terhadap pelayanan kepolisian dan sebaliknya akan membentengi kepolisian dari hoks yang memprovokasi kepolisian dengan masyarakat. "No body is perfect, tidak ada manusia yang sempurna, tidak ada institusi yang sempurna dimata publik," jelasnya.

"Tugas kita bersama adalah saling bekerja sama, saling bersinergi dengan semangat kritik konstruktif dari masyarakat, Pencegahan kriminalitas dari kepolisian yang dilakukan secara bersama antara masyarakat dengan kepolisian,” imbuhnya.

Fonda menambahkan, Sahabat Polisi mengingatkan kepolisian semakin mengedepankan community policing, yaitu proses pemolisian yang humanis dalam setiap tugas penegakan hukum kaitannya dengan selektifitas polsek yang tidak semua diberikan kewenangan penyidikan tetapi lebih pada proses restorative justice.

Selanjutnya, mendukung program reduksisasi POK1 radikalisme dan intoleransi, dan penataan kembali proses penegakkan hukum pelanggaran lalu lintas menggunakan sistem elektronik, dan mendukung kebijakan pemerintah dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi.

"Sekali lagi, mari bersama bahu membahu, saling bersinergi dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat,” pungkas Fonda.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

BMKG: 7 Wilayah Ini Berpotensi Terdampak Banjir Rob Dua Hari ke Depan

Aktivitas bulan purnama berpengaruh terhadap pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan rob di beberapa wilayah pesisir Utara pulau Jawa.

NASIONAL | 26 Januari 2021

Kerja KPK Setahun Terakhir Dinilai Layak Diapresiasi

Kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi setahun terakhir layak untuk mendapat apresiasi.

NASIONAL | 26 Januari 2021

Kader Muda Gerindra Bantu Korban Bencana

Kader Korps Gerindra Masa Depan terus bergerak membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

NASIONAL | 26 Januari 2021

55 Penumpang Sriwijaya Air Telah Teridentifikasi

Tim DVI kembali mengidentifikasi dua jenazah penumpang Sriwijaya Air SJ-183 yang mengalami kecelakaan di Kepulauan Seribu. Total 55 penumpang teridentifikasi.

NASIONAL | 26 Januari 2021

Besok, Presiden Jokowi Jalani Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menjalani vaksinasi Covid-19 untuk dosis kedua pada Rabu (27/1/2021).

NASIONAL | 26 Januari 2021

Penyidik Susun Berkas Perkara Video Syur Gisel

Penyidik Polda Metro Jaya masih menyusun berkas perkara video Gisel dan Michael Yukinobu.

NASIONAL | 26 Januari 2021

BNN Gagalkan Peredaran 171 Kilogram Sabu dan Puluhan Ribu Kapsul NPS

BNN menangkap tiga pemilik dan pengedar narkotika, serta menyita 171 kg sabu-sabu, puluhan ribu butir pil ekstasi dan puluhan ribu kapsul NPS.

NASIONAL | 26 Januari 2021

Aliran Dana Suap Banprov Indramayu, 7 Anggota DPRD Jabar Dicecar KPK

Mereka yang diperiksa adalah Eryani Sulam, Al Maida Rosa Putra, Dadang Kurniawan, Lina Ruslinawati, Hasbullah Rahmad, Ganiwati dan Siti Aisyah Tuti Handayani.

NASIONAL | 26 Januari 2021

KPK Dalami Aliran Dana Korupsi PT DI ke Setneg

KPK mendalami adanya aliran dana terkait kasus dugaan korupsi di PT Dirgantara Indonesia (PT DI) ke sejumlah pihak di Kementerian Sekretariat Negara.

NASIONAL | 26 Januari 2021

4 Peran HKTI Bakal Sejahterakan Petani

Ketua Umum HKTI Jenderal (Purn) Dr Moeldoko menegaskan pentingnya penguatan organisasi agar berperan besar dalam membangun ketahanan pangan, kemandirian pertanian, dan meningkatkan kesejahtetaan petani.

NASIONAL | 26 Januari 2021


TAG POPULER

# Penganiayaan Perawat


# Reshuffle Kabinet


# Vaksinasi Covid-19


# Larangan Mudik


# Vaksin Nusantara



TERKINI

Doni Monardo: Masyarakat Harus Pahami Maksud Larangan Mudik Agar Tidak Menyesal

NASIONAL | 8 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS