Logo BeritaSatu

Hadiah Satu Juta untuk Pembuat Video Buang Sampah Sembarangan di Bengkulu

Rabu, 27 Januari 2021 | 15:19 WIB
Oleh : Usmin / JEM

Bengkulu, Beritasatu.com - Camat Selebar, Kota Bengkulu, Sehmi akan memberikan bonus sebesar Rp 1 juta kepada siapa saja yang berani membuat video warga membuang sampah secara sembarangan di wilayah kecamatan setempat.

Hal ini dilakukan Camat Selebar Sehmi sebagai dukungan terhadap wali kota dan wakil wali kota Bengkulu, dalam meningkatkan kebersihan di daerah ini.

"Silakan siapa saja yang berani memvideokan warga membuang sampah secara sembarangan akan saya berikan hadiah Rp 1 juta kontan. Saya tidak main-main jika ada videonya silakan datang ke Kantor Camat Selebar kita selesaikan," kata Camat Selebar, Sehmi, di Bengkulu, Rabu (26/1/2020).

Hal tersebut disampaikan Camat Selebar Sehmi terkait oknum masyarakat membuat sampah sembarangan, sehingga menyebabkan terjadi tumpukan sampah ditempat tertentu dan merusak pemandangan.

Sehmi mengatakan, jika ada video warga membuang sampah sembarangan akan diviralkan untuk memberikan pelajaran kepada yang bersangkutan. Dengan demikian, warga lain tidak berani lagi membuang sampah rumah tangga secara sembarangan.

Sehmi mengakui pihaknya sering menemukan sampah rumah tangga yang sembangan saja ditempatkan warga. Akibatnya, lokasi yang bukan menjadi tempat menampungan sampah berubah menjadi timbunan sampah produk rumah tangga.

Menyikapi masalah tersebut, Camat Selebar telah membentuk tim untuk mengangkut sampah rumah tangga yang dibuang warga secara sembarangan. "Tim pengendali sampah ini akan kita bentuk di setiap RT di wilayah Kecamatan Selebar, sehingga tim ini akan mengawasi sampah yang ada di wilayah tersebut," ujarnya.

Tim juga sekaligus mengawasi warga yang membuang sampah secara sembarang dan jika menumkan hal ini di lapangan, maka warga yang membuang sampah sembarang diberikan teguran keras agar tidak mengulangi perbutanya lagi ke depan.

Camat Selebar mengakui warga juga masih banyak membuang sampah ke sungai yang ada di sekitarnya. Akibatnya, sungai menjadi dangkal karena dipunuhi tumpakan sampah. Hal nii menyebabkan jika hujan lebat berlangsung lama sungai meluap dan mengenangi permukiman warga.

Hal ini terjadi karena sungai tidak mampu menampung air hujan akibat dangkal karena timbunan sampah rumah tangga. Karena itu, tim tersebut juga diberikan tanggungjawab mengawasi warga membuang sampah ke sungai sembarangan.

Banjir yang sering melanda wilayah Kecamatan Selebar juga disebabkan warga membuang sampah secara sembarangan di sungai di sekitar tempat tinggalnya. "Warga yang membuang sampah ke sungai ini akan kita terrtibkan, sehingga sungai di daerah ini tidak terus mendangkal," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Resolusi PBB Bela Ukraina Langsung Diveto Rusia

Meskipun hanya Rusia yang menentang, tetapi dia adalah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan yang punya hak veto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Zelensky Minta Jalur Prioritas Jadi Anggota NATO

Jika Ukraina menjadi anggota NATO, maka negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat bisa membelanya dalam perang melawan Rusia saat ini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Dalam pidatonya Putin menegaskan bahwa pencaplokan itu sudah permanen dan tidak bisa dinegosiasikan.

NEWS | 1 Oktober 2022

PKB dan Gerindra Tunggu Hari Baik Umumkan Capres-Cawapres

PKB dan Gerindra tinggal menunggu hari baik untuk mengumumkan capres dan cawapres yang akan mereka usung di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Salurkan Paket Sembako

Sahabat Ganjar, relawan Ganjar Pranowo, menggelar Jumat Berkah dengan menyalurkan bantuan di Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Soppeng.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022

Alasan Bawaslu Hentikan Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Anies Baswedan

Anggota Bawaslu Puadi mengungkapkan alasan pihaknya menghentikan laporan dugaan pelanggaran kampanye Anies Baswedan terkait tabloid KBA Newspaper.

NEWS | 30 September 2022

KPK Ungkap Ada Pihak yang Bangun Opini agar Lukas Enembe Hindari Pemeriksaan

KPK mengungkapkan adanya pihak yang membangun opini agar Gubernur Papua, Lukas Enembe menghindari pemeriksaan sebagai tersangka. 

NEWS | 30 September 2022

Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

Wakil Ketua MPR dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad akhirnya melaporkan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalliti ke BK DPD.

NEWS | 30 September 2022

TPDI Minta KPK Tidak Intimidasi Pengacara Lukas Enembe

Koordinator TPDI Petrus Selestinus meminta KPK tidak mengintimidasi pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Roy Rening dkk saat menyampaikan pembelaan terhadap kliennya.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rizky Billar Makan Omongannya Sendiri tentang Selingkuh

Rizky Billar Makan Omongannya Sendiri tentang Selingkuh

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings