Wajib Lapor, Gisel dan Michael Yukinobu Kooperatif
Logo BeritaSatu

Wajib Lapor, Gisel dan Michael Yukinobu Kooperatif

Rabu, 27 Januari 2021 | 17:26 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Polda Metro Jaya menyampaikan, tersangka Gisella Anastasia alias Gisel dan Michael Yukinobu de Fretes alias MYD kooperatif melakukan wajib lapor seminggu dua kali. Seperti diketahui keduanya wajib lapor terkait kasus video syur Gisel.

"Masih kooperatif ya," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, Rabu (27/1/2021).

Dikatakan Yusri, penyidik saat ini masih menyusun berkas perkara keduanya dengan melengkapi keterangan saksi ahli, dan rencananya juga akan melakukan olah tempat kejadian perkara, di Medan, Sumatera Utara.

"Ada beberapa saksi ahli yang kami lengkapi. Sehingga nanti pas kita serahkan ke JPU ke tahap satu bisa lengkap, tidak ada pengembalian. Makanya kami lengkapi semuanya dulu," ungkapnya.

Sementara itu, Yusri menyampaikan, berkas perkara untuk dua tersangka M dan PP -pelaku penyebar masif- sudah dikirim kembali ke kejaksaan.

"Kasus tetap berjalan, termasuk dua tersangka yang masif (mengedarkan) kami sudah menyerahkan. Menunggu jaksa penuntut umum apakah sudah lengkap apa belum karena kemarin yang pertama sudah kami serahkan. Sekarang ini sudah kami serahkan sesuai permintaan JPU, kita menunggu mudah-mudahan bisa P-21 untuk dua tersangka yang masif menyebarkan," katanya.

Sebelumnya, jagat maya digegerkan dengan beredarnya video syur berdurasi 19 detik yang pemeran perempuannya disebut mirip dengan Gisel.

Merespon beredarnya video itu, seorang pengacara bernama Febriyanto Dunggio, membuat laporan ke Polda Metro Jaya. Aduannya tercatat dalam nomor laporan polisi, LP/6608/XI/Yan.2.5/2020/SPKT PMJ Tertanggal 07 November 2020. Dia melaporkan ada lima akun media sosial yang diduga menyebarkan video syur itu.

Setelah melakukan serangkaian penyelidikan dan penyidikan dengan memeriksa saksi-saksi serta mengumpulkan alat bukti, polisi kemudian menangkap dan menetapkan dua tersangka berinisial M dan PP. Keduanya merupakan orang yang berperan menyebarkan video itu secara masif di dunia maya, dengan motif untuk meningkatkan followers atau pengikut akun media sosialnya.

Tersangka PP ditangkap di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan, pada Rabu (11/11/2020). Sedangkan MN ditangkap di daerah Sawangan, Depok, Jawa Barat, pada Kamis (12/11/2020). Keduanya pun telah ditahan.

Tak berhenti, penyidik kemudian meminta saksi ahli digital forensik untuk menganalisa siapa pemeran pria dan perempuan dalam video syur itu. Belakangan diketahui, ternyata pemeran perempuannya benar Gisel dan pemeran prianya Michael Yukinobu. Keduanya, kemudian ditetapkan sebagai tersangka.

Penyidik telah memeriksa Gisel dan Michael Yukinobu sebagai tersangka. Seusai pemeriksaan keduanya tidak ditahan, namun wajib lapor seminggu dua kali pada hari Senin dan Kamis.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Panji Tribrata Resmi Diserahkan Ke Jenderal Sigit

Upacara serah terima jabatan Kapolri ditandai dengan penyerahan Panji Tribrata dari Jenderal Idham Azis kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

NASIONAL | 27 Januari 2021

Vaksinasi di Jateng Capai 52,4 Persen

Sebanyak 86.570 tenaga kesehatan di Jawa Tengah telah disuntik vaksin Covid-19 produksi Sinovac Life Science dan PT Bio Farma.

NASIONAL | 27 Januari 2021

Polisi Masih Buru Penyebar Pertama Video Syur Gisel

Penyidik masih terus menyelidiki dan mencari siapa orang yang pertama kali menyebarkan video syur Gisella Anastasia alias Gisel.

NASIONAL | 27 Januari 2021

Ganjar Bersiap Terima Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua Besok

Ganjar mengaku tidak memiliki persiapan khusus jelang vaksinasi tahap kedua itu. Sebab, vaksinasi bukan hal yang pertama ia lakukan.

NASIONAL | 27 Januari 2021

Komisi III DPR RI Uji Kelayakan Calon Hakim Hakim Agung

Rapat digelar secara fisik dan virtual Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Demond Junaidi Mahesa.

NASIONAL | 27 Januari 2021

Ganjar: Banyak Persoalan Harus Diselesaikan jika Lockdown

Ada yang sudah pernah lockdown, gitu kan, tapi (kasus Covid-19) muncul lagi.

NASIONAL | 27 Januari 2021

Kapolri Baru, Ganjar Berharap Ada Reformasi Besar

“Saya menyampaikan selamat kepada Pak Kapolri yang baru, Pak Sigit Listyo, mudah-mudahan bisa membawa amanah ini dengan sangat baik,” ujar Ganjar.

NASIONAL | 27 Januari 2021

Akhyar Bakal Dilantik Sebagai Wali Kota dengan Masa Jabatan Tercepat di Indonesia

Gubernur Sumut tidak mempersoalkan pelantikan Akhyar Nasution sebagai Wali Kota Medan meski sisa jabatan yang diemban hanya tinggal tiga pekan.

NASIONAL | 27 Januari 2021

Mendagri: Tata Kelola Jadi Sumber Masalah Dana Otsus Papua

Persoalan tata kelola dana Otsus Papua dimulai sejak perencanaan, eksekusi hingga pengawasan keuangan.

NASIONAL | 27 Januari 2021

Penangkapan 2 Tanker Asing, Aksi Bakamla Diapresiasi

Bakamla adalah institusi strategis yang handal menjaga kedaulatan maritim Indonesia.

NASIONAL | 27 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS