Lawan Covid-19, PMI Banten Optimalkan Plasma Konvalesen
Logo BeritaSatu

Lawan Covid-19, PMI Banten Optimalkan Plasma Konvalesen

Kamis, 28 Januari 2021 | 10:07 WIB
Oleh : Laurens Dami / JEM

Serang, Beritasatu.com - Palang Merah Indonesia (PMI) terus bergerak dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Bahkan tahun ini, salah satu fokus program kerja PMI Provinsi Banten adalah mengoptimalkan penggunaan plasma konvalesen untuk membantu pasien Covid-19 yang tengah menjalani perawatan.

Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah mengatakan, PMI Banten bersama delapan PMI kabupaten/kota di provinsi ini terus bekerja membantu pemerintah menangani Covid-19.

“Sekarang kami sedang pada pemanfaatan plasma konvalesen. Kita mendorong yang sudah sembuh dari Covid-19 untuk menjadi pendonor plasma konvalesen. Ini sesuai arahan PMI pusat,” kata Tatu di sela-sela Musyawarah Kerja (Muker) PMI Banten di Kota Serang, Rabu (27/1/2021).

Menurutnya, saat ini baru tiga unit donor darah (UDD) yang melaksanakan pelayanan plasma konvalesen, yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

“Kita sudah banyak berikan, dan yang menerima plasma dilihat penyembuhannya lebih cepat. Berarti ini kan sangat bermanfaat,” ujarnya.

PMI Banten terus memberikan dukungan terhadap PMI kabupaten/kota, termasuk pelayanan UDD. Tahun 2020, telah diberikan total bantuan anggaran untuk UDD PMI Kota Tangerang, Kabupaten Serang, dan Kota Tangsel sebesar Rp 547,89 juta. Saat ini, UDD PMI Kota Tangerang sudah mendapat sertifikasi Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari Badan POM.

Terkait Muker PMI Banten, Tatu menyampaikan, program prioritas yang yang direncanakan mengikuti rencana strategis yang ditetapkan PMI pusat.

“Kami PMI Banten dan PMI kabupaten/kota tunduk patuh terhadap apa yang diperintahkan oleh pusat. Bahkan mulai dari program, pelatihan, dan pelaporan, semua dinilai PMI pusat,” ujarnya.

Menurutnya, PMI pusat memberikan penilaian rutin terhadap PMI di daerah. Mulai dari kategori merah, kuning, dan hijau. “Alhamdulillah Provinsi Banten, berkat kinerja teman-teman PMI kabupaten/kota, masuk kategori hijau,” ujarnya.

Ketua Bidang Organisasi PMI pusat, Muhammad Muaz membenarkan, PMI Banten masuk kategori hijau dan mendapatkan apresiasi dari Ketua Umum PMI Jusuf Kalla.

“PMI Banten, berdasarkan catatan organisasi PMI pusat, termasuk yang baik, yang terbaik. PMI Banten di bawah kepemimpinan Ibu Tatu sudah berjalan sesuai aturan Munas PMI,” ujarnya.

Terkait plasma konvalesen, Muaz menilai penting dioptimalkan di tengah pandemi dengan kasus positif yang semakin banyak. “Karena ini salah satu cara untuk memberikan pengobatan kepada mereka yang kena covid-19. Donor plasma ini sudah dicanangkan oleh pemerintah bersama PMI. Jadi PMI diperintahkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan plasma konvalesen,” ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Wismoyo Guru bagi yang Mencintai Bangsa

Wismoyo mendidik anak buah dan juniornya untuk selalu bersemangat dengan bertepuk tangan, karena itu adalah tanda bahwa kita mempunyai semangat untuk hidup.

NASIONAL | 28 Januari 2021

Pakar: Pemberitaan Dugaan Tindak Pidana Tak Boleh Langgar Asas Praduga Tidak Bersalah

Berita yang belum dikonfirmasi sebelumnya menjadi akar dan biang penghakiman (trial by the press) dan merupakan pelanggaran terhadap hak tersangka.

NASIONAL | 28 Januari 2021

DPR Tegaskan Belum Bahas RUU Pemilu

Pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Pemilu sama sekali belum dimulai.

NASIONAL | 28 Januari 2021

Kapolri Listyo Sigit Berikan Harapan Baru Bagi Masyarakat Papua

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dianggap mampu memberikan harapan baru bagi masyarakat Papua.

NASIONAL | 28 Januari 2021

Bertemu KSP, Forum Guru Honorer Perjuangkan Status Sebagai PNS

Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer Non Kategori usia tigapuluh lima tahun ke atas berupaya agar mendapatkan Keppres sebagai PNS.

NASIONAL | 28 Januari 2021

Gerindra Salurkan Bantuan ke Lokasi Banjir Terparah di Kalimantan Selatan

Partai Gerindra menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Kalimantan Selatan.

NASIONAL | 28 Januari 2021

Pemuda Pancasila Gelar Doa Untuk Negeri

Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila bersama tokoh lintas agama menggelar acara Doa Untuk Negeri.

NASIONAL | 28 Januari 2021

Pemerintah Butuh Dukungan Polri untuk Pulihkan Ekonomi

Pemerintah saat ini membutuhkan dukungan seluruh elemen bangsa untuk memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.

NASIONAL | 28 Januari 2021

DPN Indonesia Perpanjang Pendaftaran Ujian Profesi Advokat

Ujian Profesi Advokat yang akan digelar Dewan Pengacara Nasional Indonesia menarik perhatian banyak calon peserta.

NASIONAL | 28 Januari 2021

Wismoyo Meninggal di Usia 80 Tahun karena Sakit

Jenazah Wismoyo Arismunandar akan disemayamkan di kediamannya Jl Gempol no 10 Raya Bambu Apus, Jakarta Timur.

NASIONAL | 28 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS