Logo BeritaSatu

Lewat Teknologi PATS, Sanspower Alirkan 1,6 Juta Liter Air Per Hari

Rabu, 3 Februari 2021 | 17:31 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Kepedulian pada warga dan lingkungan ditunjukkan dengan semakin meningkatnya permintaan pemasangan pompa air tenaga surya PATS di Indonesia. PATS merupakan sistem yang dirancang memiliki keunggulan dan manfaat yang berkesinambungan.

Sebagai tenaga penggerak, PATS menggunakan energi sinar matahari yang memiliki keunggulan lebih yakni tidak adanya biaya harian maupun bulanan untuk membayar tagihan listrik dan perawatannya yang minim. Selain itu, fleksibilitas PATS yang tidak membutuhkan jaringan listrik konvensional memungkinkan pemasangan di mana pun selama masih ada sinar matahari.

Dalam waktu setahun terakhir 2020, PT Java Surya Teknik (Sanspower) sebagai provider PATS berhasil mendistribusikan 1,6 juta liter air per hari di seluruh penjuru Tanah Air. Tentunya untuk berbagai macam aplikasi kebutuhan seperti air minum, sanitasi, irigasi dan kebutuhan air bersih lainnya.

Desa Compang Ndejing, Kecamatan Borong, Manggatai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), merupakan salah satu daerah yang memanfaatkan PATS sebagai solusi air minum yang layak bagi warganya. Desa ini menjadi salah satu daerah yang masih kesulitan mendapatkan air bersih layak minum.

"Jangankan irigasi, minum aja susah," ujar Ahmad, Kepada Desa Compang Ndejing.

Padahal, desa dengan jumlah penduduk 2.336 jiwa ini mayoritas berprofesi sebagai petani. Hal tersebut yang selalu menjadi ancaman bagi desa setempat, terlebih saat musim kemarau.

Tak hanya cukup dengan pemasangan PATS saja, tim Sanspower juga memberikan pelatihan operasional alat, perawatan, hingga perbaikan sederhana pada sistem PATS. Warga diharapkan dapat mengoptimalkan dan memanfaatkan PATS dengan lebih baik, sehingga usia pemakaian PATS juga akan lebih panjang.

"Saya sangat berterima kasih pada Sanspower karena telah membantu merealisasikan inisiatif warga untuk membangun PATS. Selarang warga sudah bisa mendapatkan akses yang lebih mudah untuk kebutuhan air minum di rumah masing-masing," ujar Vincent Paul Nagor, CDP Manager YGNI-Borong.

Tak hanya warga Compang Ndejing, warga Desa Laborui, Kecamatan Sabu Liae, Kabupaten Raijua, juga telah mendapatkan angin segar atas keberadaan sistem PATS. Sebelumnya, warga harus naik turun bukit sejauh 2 km untuk mendapat air bersih dengan cara memanggul jerigen.

Bila tak ingin berjalan jauh, warga harus merogoh kantong sebesar Rp 250.000 satu tangki untuk memenuhi kebutuhan mereka. Desa yang dihuni oleh 730 orang ini selalu mengalami kekeringan ketika musim kemarau tiba.

Banyak manfaat yang telah diberikan Sanspower di seluruh penjuru Indonesia dengan sistem PATS andalan mereka. Cita-cita untuk mewujudkan energi yang berkeadilan juga semakin terlihat pencapaiannya.

Sistem ini telah membantu banyak daerah yang sebelumnya kesulitan untuk mendapatkan air, baik itu untuk kebutuhan minum, irigasi, ternak atau kebutuhan lainnya. Sanspower akan terus meningkatkan layanannya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera sesuai dengan cita-cita bangsa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

Polisi korban tragedi Kanjuruhan dimakamkan di Desa Sukosari, Trenggalek, Jawa Timur, Minggu, 2 Oktober 2022.

NEWS | 3 Oktober 2022

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

NEWS | 1 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings