MAKI Sarankan Jaksa Pinangki Ajukan JC ke KPK
Logo BeritaSatu

MAKI Sarankan Jaksa Pinangki Ajukan JC ke KPK

Selasa, 9 Februari 2021 | 10:11 WIB
Oleh : Fana Suparman / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman menyarankan mantan Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejaksaan Agung (Kejagung), Pinangki Sirna Malasari untuk mengajukan diri sebagai Justice Collaborator (JC) ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

Saran ini disampaikan Boyamin menanggapi putusan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta yang menjatuhkan hukuman 10 tahun pidana penjara terhadap Pinangki atas perkara dugaan suap, pencucian uang dan pemufakatan jahat permintaan fatwa ke MA melalui Kejagung agar terpidana perkara korupsi cessie Bank Bali Joko Soegiarto Tjandra tidak dieksekusi.

"Atas putusan Hakim terhadap Pinangki, saya menyarankan kepada Pinangki untuk segera mengajukan JC ke KPK," kata Boyamin saat dikonfirmasi, Selasa (9/2/2021).

Boyamin mengatakan, KPK saat ini sedang menyelidiki dan mendalami keterlibatan pihak-pihak lain terkait skandal Joko Tjandra yang belum diproses oleh Bareskrim maupun Kejaksaan Agung, salah satunya mengenai sosok King Maker.

Dalam pertimbangan putusan terhadap Pinangki, Majelis Hakim membenarkan adanya sosok King Maker dan terbukti dalam percakapan Pinangki Sirna Malasari, advokat Anita Kolopaking dan saksi Rahmat.

Untuk itu, Boyamin menyatakan, semestinya Pinangki mengajukan JC untuk membantu KPK membongkar sosok tersebut. Apalagi, dengan perkara korupsi yang menjeratnya, Pinangki dipastikan tidak mendapat remisi atas hukuman 10 tahun penjara yang dijatuhinya berdasarkan PP Nomor 99 Tahun 2012.

"Semestinya Pinangki mengajukan sebagai JC. Setidaknya mengungkap peran atau setidaknya siapa King Maker, juga istilah 'Bapakku' 'Bapakmu' dan juga beberapa inisial yang pernah terungkap ke KPK," kata Boyamin.

Menurut Boyamin, permohonan JC dapat menjadi sarana bagi Pinangki untuk membuktikan dirinya telah menyesal terlibat dalam skandal Joko Tjandra. Selain itu, sebagai Jaksa yang merupakan aparat penegak hukum, Pinangki sudah sepatutnya membantu aparat penegak hukum untuk menegakkan keadilan.

"Dan itu tadi disebut pihak lain ditutupi oleh Pinangki, yang salah satu alasan memberatkan. Jadi, saya sarankan untuk Pinangki mengajukan JC dengan begitu dia sebagai Jaksa juga memberi teladan untuk menegakkan keadilan siapa-siapa yang terlibat diungkap. Kedua, dia akan mendapat suatu keringanan untuk menjalani hukumannya. Kalau JC dia bisa dapat remisi, bebas bersyarat, asimilasi atau cuti menjelang berakhir masa hukuman. Sehingga dia tidak perlu menjalani hukuman 10 tahun," katanya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

TNI Turunkan Tenaga Personel Vaksinator dan Tracing di 23.000 Desa

Vaksinator juga sudah melakukan pelatihan dan dari 10.000 vaksinator TNI akan diperbantukan ke Kementerian Kesehatan.

NASIONAL | 9 Februari 2021

ICW Nilai Hukuman 10 Tahun Penjara Jaksa Pinangki Belum Berikan Efek Jera

ICW meyakini putusan yang pantas dijatuhkan kepada Pinangki adalah 20 tahun penjara," kata Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana.

NASIONAL | 9 Februari 2021

Kunjungan ke Indramayu, Risma Pantau Penanganan Banjir

Hujan deras pada Minggu (7/2/2021) menyebabkan, air Sungai Cimanuk dan Sungai Cipanas meluap dan membanjiri 18 kecamatan di Kabupaten Indramayu.

NASIONAL | 9 Februari 2021

KPK Cecar Operator Ihsan Yunus Soal Pengadaan Bansos Covid-19

Yogas diduga merupakan operator Ihsan Yunus terkait proyek bansos.

NASIONAL | 9 Februari 2021

Langkah Pemerintah Alokasikan Rp 20 Triliun untuk BPUI Tak Tepat

Sangat tidak adil memberikan PMN dari uang rakyat, kepada perusahaan yang dirampok oleh sekelompok orang atau kejahatan terorganisir.

NASIONAL | 9 Februari 2021

Pemburu Burung di Lombok Tengah Tewas Tenggelam di Sungai

"Saat itu korban hendak mengambil hasil buruannya yang jatuh ke sungai, korban terpeleset kemudian terjatuh dan tenggelam di sungai tersebut," ungkap Herry.

NASIONAL | 9 Februari 2021

Korban Penembakan KKB Dievakuasi ke Timika Hari Ini

RNR (32) sudah dalam keadaan sadar dan telah dirawat di Puskesmas Bilogai. Selasa ini, dia akan dievakuasi ke Kabupaten Mimika.

NASIONAL | 9 Februari 2021

Irwandi Yusuf Rekomendasikan Adik Kandungnya Sebagai Wagub Aceh

Ketua Umum DPP Partai Nanggroe Aceh (PNA) Irwandi Yusuf merekomendasikan adik kandungnya, M Zaini Yusuf sebagai salah satu calon wakil gubernur.

NASIONAL | 8 Februari 2021

13.518 SDM Kesehatan di Sulut Sudah Divaksinasi

Satgas Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara (Sulut) menyebut 13.518 sumber daya manusia (SDM) di sektor kesehatan sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

NASIONAL | 8 Februari 2021

Banjir Genangi Kompleks Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang, Pasien Aman

Banjir masih menggenangi kompleks Rumah Sakit (RS) Islam Sultan Agung di Jalan Kaligawe, Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

NASIONAL | 8 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS